Mengenal Jarak Cina, si Tanaman Penyembuh Luka

May 3, 2015

jarak cina

Sering dianggap sebagai semak liar, tanaman ini mulai jarang ditemukan di daerah pemukiman. Padahal selain memiliki bunga dengan warna yang menarik, tanaman berdaun menjari ini merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat sebagai pengobatan luka.

Tanaman Betadine

Tanaman jarak cina atau yang sering disebut sebagai ‘Coral Plant’ dalam bahasa Inggris ini merupakan salah satu tanaman semak berbunga merah yang dapat tumbuh sepanjang tahun, terutama di daerah dengan cuaca yang panas. Berasal dari Meksiko, tanaman yang juga populer dalam pembuatan lansekap di South Florida ini memiliki getah seperti air keruh dan bermanfaat sebagai penyembuh luka. Hasil studi ilmiah yang dilansir Eduscience, 2012 menyebutkan bahwa proses penyembuhan luka dari tanaman jarak cina sama efektif dengan obat luka, betadine. Hal inilah yang kemudian membuat jarak cina dikenal sebagai ‘Tanaman Betadine’ karena dapat menyembuhkan luka seperti obat tersebut.

Masih sekeluarga dengan tanaman singkong, membuat bentuk daun tanaman yang juga dikenal sebagai jarak tintir atau jarak gurita ini sangat menarik dan unik. Menurut Missouri Botanical Garden, bentuk daun inilah yang membuat tanaman bernama latin Jatropha multifida ini sering ditanam sebagai salah satu tanaman hias pembatas (border) dalam taman yang bertemakan tropis, taman kaktus atau taman sukulen (tanaman berbatang basah). Jarak cina mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh di berbagai tempat, mulai dari daerah dengan jenis tanah yang tidak terlalu subur, berbatu atau berpasir, hingga tanah kering dengan sinar matahari penuh atau hanya sedikit. Selain itu jarak cina tidak terlalu sering dihinggapi hama atau penyakit yang memberikan keuntungan bagi penanamnya karena tidak membutuhkan perawatan khusus dalam pemeliharaannya.

Hentikan Pendarahan Dengan Jarak Cina

Walau jarak cina telah digunakan sejak dulu sebagai tanaman dengan manfaat obat, namun tetap harus dilakukan penelitian secara menyeluruh mengenai bahan aktif serta kandungan yang terdapat di dalamnya. Salah satu penelitian yang dilakukan mengenai kandungan dalam tanaman jarak cina menyebutkan bahwa terdapat kandungan alkaioids, tannin, glikosida, saponin, dan fiavonoid dalam tanaman jarak cina. Jarak cina secara tradisional banyak digunakan dalam pengobatan masalah pencernaan dan kolik, selain sebagai tonik dan daunnya dapat mengobati luka, cacingan, sariawan serta infeksi pada kulit. Manfaat lain jarak cina juga disebutkan dalam Journal of Medical Science, 2008 bahwa tanaman tersebut dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan penyakit gonore (gonorrhea) yaitu salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri.

Getah jarak cina sering digunakan untuk menghentikan pendarahan luar karena memiliki senyawa alkaloid bernama jatrophine yang dapat mempercepat proses pembekuan darah. Penelitian yang dilakukan Agus Sundaryono yang dipublikasikan ejournal.undip.ac.id menyebutkan bahwa penggunaan batang tanaman betadine dapat meningkatkan jumlah keping darah yang berperan dalam proses penyembuhan luka (trombosit) pada mus muculus (tikus percobaan). Sudaryono menambahkan bahwa “semakin tinggi dosis yang diberikan, semakin tinggi kenaikan jumlah trombosit pada mus muculus.”

Sebuah studi dalam Journal of Alternative Medicine, 2007 menyebutkan bahwa jarak cina efektif dalam menyembuhkan penyakit jamur mulut, terutama pada anak-anak sehingga dapat menjadi alternatif pengobatan terutama di negara dunia ketiga dimana tanaman tersebut mudah ditanam dan dibudidayakan. Sebuah penelitian lain mengenai efek daun jarak cina terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Bacillus subtilis oleh Dina Yulia dalam Biomath: Jurnal Sains dan pendidikan MIPA (2001), menyebutkan bahwa pemberian ekstrak daun jarak cina dapat menghambat pertumbuhan bakteri sekitar 5 persen sehingga membuktikan bahwa daun jarak cina dapat dimanfaatkan sebagai anti mikroba serta anti bakteri.

Bijinya Beracun!

Sebagai tanaman semak yang biasa tumbuh liar, jarak cina memiliki biji yang bermanfaat jika digunakan dalam jumlah tertentu, namun mengandung racun bernama curcin yang dapat menyebabkan gejala keracunan seperti diare, mual, muntah, dehidrasi, denyut jantung tidak teratur, efek pendarahan hingga kematian jika digunakan secara berlebihan. Racun pada biji ini juga sering digunakan sebagai racun ikan agar mudah ditangkap. Jika terjadi keracunan dari biji atau getah tanaman ini menurut laman floridata, maka jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang disarankan untuk menawarkan racun tersebut. Getah tanaman jarak cina juga seharusnya diperlakukan secara hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Walau kita harus senantiasa berhati-hati dalam menggunakan jarak cina, namun berikut manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman yang satu ini.

• Bengkak karena terpukul atau terkilir. Ambil 7 helai daun jarak cina, cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air lalu oleskan pada bagian yang sakit.

• Luka berdarah. Ambil getah jarak cina dari batang, langsung oleskan pada bagian luka yang telah dicuci bersih.

• Mencegah dan mengobati sakit gigi. Ambil satu butir biji jarak cina, tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan segelas air panas. Gunakan untuk berkumur saat masih hangat selama 3 hingga 5 menit. Lakukan tiga kali sehari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: