Mengenal Cakar Ayam dan Berbagai Manfaatnya

September 16, 2014

cakar ayam

Nama lokal: Rumput solo, cemara kipas gunung, cakar ayam (Jawa); tai lantuan (Madura); paku rane (Sunda); menter (Jakarta); sikili batu, lingonai (Minangkabau)

Nama asing: Shi shang be (Cina); spike moss, doederlein spikemoss (Inggris)

Ikhtisar

Tumbuh di tempat lembab, dekat aliran air, hingga di bebatuan pada ketinggian 200-1.000 m dpl. Sinonimnya Lycopodioides doederleinii. Termasuk bangsa Selaginellales dan suku Selaginellaceae.

Kandungan kimia

Ekstrak etanol cakar ayam mengandung lima komponen lignan yaitu (-)-lirioresinol A, (-)-lirioresinol B, (+)-wikstromol, (-)-nortracheioside, dan (+)- matairesinol. Selain itu juga ditemukan 2 komponen fenilpropanon yaitu 3-hidroksi-1-(3-metoksi-4-hidroksifenil)-propan-1-on dan 3-hidroksi-1-(3,5-dimetoksi-4-hidroksifenil)-propan-1-on. Bahan aktif lain berupa 4 biflavonoid yaitu amentoflavone, 7,7”-di-0-metilamentoflavone,7,4′,7”,4”’-tetra ometilamentofiavone, dan heveaflavone. Belakangan ditemukan lagi biflavone baru berupa 2,2”,3,3”-tetrahydrorobustaflavone 7,4’,7”-trimethyl ether. Senyawa aktif ini bersama jenis biflavone lain, robustaflavone 7,4’,7”-trimethyl ether diketahui memiliki efek sitotoksik terhadap sel kanker HCT (kanker kolon), NCI-H358 (kanker paru-paru), dan K562 (leukemia).

Sosok

Tanaman: Tinggi 15-35 cm. Batang tegak atau serong. Warna seperti jerami.

Daun: Daun dikotipik, dua baris setiap sisi daun dan terdapat daun tengah. Sisi daun bersusun seperti atap pada percabangannya.

Bunga: Kadang dua tangkai bunga sporangium-tempat pembentukan bunga-bersatu di ujung dua ranting. Sporangium berbentuk subglobose-agak bulat.

Pemanfaatan Cakar Ayam

Ilmu pengobatan tradisional Cina (TCM) memanfaatkan seluruh bagian tanaman cakar ayam. Penggunaannya untuk mengatasi bengkak di tenggorokan, mastitis, penyakit kuning, arthalgia rematik. Di Indonesia para herbalis kerap meresepkannya dalam ramuan obat kanker. Biasanya disandingkan dengan benalu teh, daun kelor, sambiloto, pegagan, atau daun sendok agar khasiatnya makin kuat.

Aktivitas farmakologis

Antimutagenik: Aktivitas antimutagenik ekstrak 36 obat kasar antikanker yang berasal dari herbal Cina diteliti menggunakan Salmonella. Tujuannya untuk mengetahui keberadaan asam pikrolonik atau benzo[a]pyrene pada tes untuk membuktikan ekstrak mengandung antimutagen langsung atau tidak langsung. Proses ekstraksi dengan cara menggunakan air mendidih selama 2 jam. Itu merujuk pada metode yang biasa digunakan dalam TCM untuk mempersiapkan obat yang akan dikonsumsi secara oral. Dari hasil penelitian terbukti, beberapa tanaman memiliki efek antimutagenik tingkat moderat melawan benzo[a]pyrene, salah satunya cakar ayam.

Antikanker: Kerabat dekat cakar ayam yang masih berada dalam satu genus, yakni Selaginella plana juga diuji pada sel T47D (model sel kanker payudara yang sensitif terhadap agen kemoterapi). Hasilnya menunjukkan nilai IC50 sebesar 7,03 µg/ml. Semakin kecil nilai IC50 semakin baik karena itu berarti kemampuan bahan obat dalam membasmi sel kanker semakin kuat. Dengan dosis rendah sekalipun bahan obat tersebut sudah efektif bekerja mengatasi sel kanker payudara. Kemampuan mematikan sel kanker itu diduga karena adanya mekanisme apoptosis. Senyawa-senyawa aktif dalam daun memicu proses penghancuran diri sel kanker. Pada pengujian terhadap MCF-7, salah satu model sel kanker payudara, proses apoptosis akibat pemberian ekstrak daun cakar ayam mencapai angka 20,67% walaupun nilai IC50 masih lebih besar dibanding pada sel T47D.

Resep Sesak Napas

Bahan
– Herba cakar ayam 15 g
– Daun sembung 10 g
– Daun sidaguri 10 g
– Akar alang-alang 10 g

Cara membuat
Rebus seluruh bahan dengan 2 gelas air (400—500 cc) hingga mendidih. Didiamkan hingga dingin kemudian minum tanpa ampas 2—3 kali sehari sebelum makan.

Resep Kanker Payudara

Bahan
– Daun cakar ayam 30—50 g bahan kering
– Daun sendok 30—50 g bahan kering
– Daun sambiloto 30—50 g bahan kering
– Pegagan 30—50 g bahan kering

Cara membuat
Segenggam daun segar atau setara 30-50 g bahan kering direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Habiskan air rebusan dalam sehari dan minum secara teratur.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: