Mengatasi Sakit Punggung Secara Mandiri

August 4, 2013

sakit punggung

Hampir semua orang pernah mengalami masalah punggung pada usia tertentu. Tonus dan kekuatan otot cenderung berkurang seiring bertambahnya umur, sehingga punggung lebih rentan terhadap cedera.

Bertambahnya umur yang membuat tulang punggung kaki kaku, cakram tulang punggung (intervertebral disk) menjadi aus, dan ruang-ruang tulang belakang menyempit, sehingga membuat tulang-tulang saling bergesekan. Kondisi ini umumnya terjadi tetapi tidak harus menyakitkan.

Sakit punggung yang biasa disebabkan oleh cedera, keseleo atau aktivitas berlebihan. Kadang sulit menentukan sebab pastinya, karena struktur bagian punggung yang kompleks.

Karena punggung bawah yang menahan sebagian besar beban tubuh, maka bagian ini yang kebanyakan mengalami masalah. Namun keseleo saja bisa mencederai semua bagian tubuh.

Ketika punggung Anda mulai terasa sakit, itu adalah tanda sudah waktunya beristirahat untuk mencegah cedera lebih lanjut.

Penyebab umum lain dari sakit punggung adalah:

  • Cara mengangkat barang yang salah.
  • Gerakan fisik yang tiba-tiba dan berat.
  • Trauma akibat kecelakaan, jatuh atau cedera olahraga. Kurangnya tonus dan kesehatan otot.
  • Berat badan yang berlebihan, terutama di bagian tengah tubuh.
  • Stres dan ketegangan sehari-hari.
  • Posisi tidur, terutama bila Anda tidur dengan perut di bawah.
  • Posisi duduk dan berdiri yang tidak benar.
  • Duduk dengan satu posisi yang sama dalam waktu lama atau dengan dompet tebal di saku belakang.
  • Membawa tas jinjing, tas bahu atau tas punggung yang berat.
  • Memegang benda dengan posisi membungkuk ke depan dalam waktu lama.
  • Relaksasi otot dan ligamen selama masa kehamilan.

Ketika terserang sakit punggung, bisa juga terjadi kejang otot yang parah yang bisa berlangsung 48-72 jam, diikuti dengan beberapa hari atau beberapa minggu rasa sakit yang semakin lama semakin berkurang. Kebanyakan sakit punggung hilang dalam beberapa minggu. Bahkan ketika Anda merasa sedikit lebih baik, penggunaan otot yang berat selama 3-6 minggu setelah cedera awal bisa menyebabkan rasa sakit berkelanjutan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Sakit Punggung?

● Terapi panas dapat membantu memperbaiki sirkulasi untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dengan merilekskan otot yang kaku atau nyeri dan membantu memulihkan pergerakan. Caranya: gunakan terapi panas setelah bengkak hilang, selama 20 menit setiap kali selama beberapa kali dalam sehari.

● Terapi dingin dapat mengurangi peradangan, dapat menarik pembuluh darah agar membatasi memar, dan mengurangi rasa sakit dengan berperan mirip seperti obat bius lokal. Gunakan terapi dingin selama 1 -3 hari setelah cedera. Gunakan terapi dingin selama 15 menit setiap 2-3 jam.

● Olahraga teratur untuk mempertahankan kelenturan dan kekuatan Anda dan untuk menjaga kekuatan otot perut adalah cara terbaik untuk menghindari masalah punggung.

● Penyembuhan semakin cepat jika Anda bisa terus menjalani rutinitas sehari-hari dengan berhati-hati dan menghindari gerakan yang bisa menyebabkan sakit punggung. Dengan penjagaan yang baik terhadap kemungkinan keseleo, Anda dapat pulih dalam 2 minggu pertama. Kebanyakan sakit punggung akut bisa pulih dalam 4-6 minggu. Sedangkan ligamen atau otot yang keseleo dengan parah baru bisa pulih setelah 12 minggu.

● Gunakan sekantung es untuk meredakan rasa sakit. Bungkus es dengan plastik atau kantung kain. Kompreskan pada tempat yang sakit selama 15 menit dan ulangi setiap 2-3 jam. Untuk mencegah frostbite atau radang dingin, jangan pernah menyentuhkan langsung pada kulit.

● Banyak-banyak mengistirahatkan punggung untuk mempercepat penyembuhan tetapi jangan dengan istirahat total di tempat tidur dalam waktu lama, karena berbaring di tempat tidur selama lebih dari 1-2 hari malah memperlambat pemulihan. Gerakan yang sedang saja bisa membantu mempertahankan kekuatan otot. Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan cedera. Hindari juga mengangkat, mendorong, menarik, berlutut berturut-turut dan melintir.

● Setelah 48 jam atau setelah bengkak hilang, gunakan terapi panas untuk merilekskan otot yang sakit. Anda bisa mandi dengan air hangat, menggunakan kantung air hangat, bantal pemanas atau lampu penghangat. Berhati-hatilah agar tidak membuat kulit Anda terbakar karena terkena panas yang terlalu tinggi. Jika Anda merasakan kalau terapi dingin lebih membantu mengurangi rasa sakit daripada terapi panas, teruskan menggunakan terapi dingin atau cobalah kombinasikan metode terapi panas dan terapi dingin.

● Lakukan latihan peregangan ringan. Hindari gerakan yang menyentak, melempar atau gerakan lain yang memperparah rasa sakit atau membutuhkan peregangan. Menghabiskan waktu 10-15 menit untuk berolahraga ringan juga dapat mencegah masalah punggung.

● Jika sakit punggung disebabkan kram otot yang tegang atau kelelahan, pijat bisa melemaskan otot yang tegang dan memberi relaksasi.

● Teknik relaksasi progresif merupakan cara sistematis peregangan dan melemaskan berbagai kelompok otot tubuh. Relaksasi progresif meningkatkan kemampuan Anda untuk mengenali dan menanggulangi ketegangan otot secepat mungkin.

● Yoga juga bisa membantu mengurangi sakit punggung dengan mengurangi gejala secara beriahap selama beberapa bulan.

● Lakukan gerakan dan postur tubuh yang baik. Berdiri dengan tegap, jangan berdiri dengan bahu dan punggung membungkuk. Duduk dengan tegak dengan punggung bawah menempel di kursi atau sandaran. Gunakan kursi yang bisa menopang punggung bawah. Ketika mengangkat barang, biarkan kaki yang menahan beban dengan berlutut atau menekuk lutut dan menjaga punggung tetap lurus.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Walaupun jarang, sakit punggung bisa merupakan akibat dari masalah serius, seperti kanker, radang sendi dan penyakit lain. Rasa sakit yang semakin parah atau terus-menerus selama sebulan atau lebih sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Segera cari pertolongan medis bila:

  • Sakit punggung parah, makin meningkat atau tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan.
  • Sakit punggung merupakan akibat dari cedera. Jadi jangan pindahkan seseorang yang mengalami sakit parah di punggung atau tidak bisa menggunakan tangan atau kakinya setelah kecelakaan.
  • Sakit punggung menyebabkan rasa lemah, sakit atau mati rasa di kaki atau tangan.
  • Sakit punggung baru muncul dan disertai dengan demam dan berkurangnya berat badan yang tidak bisa dijelaskan.
  • Sakit punggung konstan dan semakin parah di malam hari.
  • Sakit punggung disertai dengan tidak terkontrolnya tekanan darah, pembengkakan nadi di perut atau kanker.
  • Anda mengalami kesulitan mengendalikan buang air besar atau kandung kemih.
  • Anda mengalami demam, menggigil, berkeringat, atau tanda-tanda lain infeksi.
  • Terjadinya gejala lain yang tidak biasa.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: