Mengatasi Sakit Gigi

June 6, 2014

sakit gigi

Sakit gigi sering kali membuat penderita tersiksa karena sangat menyakitkan. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh terjadinya masalah pada gigi dan rahang, seperti gigi berlubang, abses gigi, gigi membusuk, infeksi gigi, gingivitis atau penyakit rahang, kerusakan gigi, gigi retak atau patah, serta gigi tidak terawat dengan baik. Jangan pernah meremehkan sakit gigi karena penyakit ini juga dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Lakukan tindakan berikut ini untuk mengatasi sakit gigi.

Es Batu

Es batu dapat meringankan sakit gigi lebih ringan. Ambil sepotong kecil es batu dan tekan perlahan di bagian gigi yang terasa sakit. Penggunaan es batu dapat menyentuh langsung ke pusat saraf. Cara ini efektif dapat menghilangkan sakit gigi sekitar 60-90%.

Berkumur dengan Campuran Garam dan Air Hangat

Campuran larutan garam dan air hangat mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Masukkan satu sendok teh garam dapur ke dalam 250 ml air hangat. Setelah larut, gunakan cairan garam untuk berkumur. Namun, berhati-hatilah, jangan sampai tertelan.

Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat dapat menghentikan rasa sakit pada gigi. Tempelkan daging lidah buaya yang kulitnya telah dibuang pada bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat. Lakukan berulang-ulang.

Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit sangat banyak dijual di apotek seperti ibuprofen yang cukup efektif jika diminum secara teratur. Selain itu, acetaminophen dan aspirin juga dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi.

Berkonsultasi ke Dokter

Untuk perawatan yang lebih serius, segera berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: