Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

April 21, 2015

sakit gigi pada anak

Sakit gigi dapat menyerang siapa saja, baik anak kecil hingga dewasa. Rasa sakit menusuk pada gigi tersebut memang menjadi salah satu penyakit yang sangat menyiksa sehingga tidak jarang membuat si kecil menjadi sangat rewel. Lalu tindakan apakah yang dapat dilakukan oleh orang tua saat sang anak menderita sakit gigi?

Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang umum di dengar dalam kehidupan sehari-hari. Makanan atau minuman manis biasanya sering dituduh menjadi penyebab adanya sakit gigi, terutama pada anak-anak yang cenderung menyukai rasa tersebut. Padahal sakit gigi belum tentu disebabkan rasa manis, melainkan karena tidak membersihkan gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Hal inilah yang membuat kuman dan bakteri menjadi berkembang biak dengan pesat di mulut dan gigi, sehingga membuat gigi menjadi rapuh dan berlubang. Jika gigi sudah berlubang, maka makanan dapat masuk dan terselip dalam lubang gigi sehingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Selain makanan dan minuman, faktor lain yang dapat menyebabkan sakit gigi dan harus diwaspadai orang tua adalah penyakit sinusitis, angina (angin duduk), polip, serta radang gusi.

Penyebab sakit gigi pada anak-anak biasanya adalah kerusakan gigi yang sudah mencapai saraf. Perkembangan saraf anak dan orang dewasa memiliki perbedaan, dimana orang dewasa memiliki saraf yang lebih sensitif dibandingkan anak-anak. Hal inilah yang menyebabkan orang dewasa lebih peka terhadap keluhan sakit gigi yang baru mencapai email atau bagian luar gigi, sementara keluhan pada anak biasanya terjadi setelah kerusakan mencapai saraf. Disarankan bagi para orang tua agar sedini mungkin melatih anak untuk menghindari sakit gigi. Merupakan tugas orang tua untuk memperhatikan dan mendisiplinkan anak untuk menggosok gigi sedari dini, minimal berkumur setelah makan untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi.

Pengobatan Sakit Gigi Pada Anak

Saat si kecil mengalami gejala nyeri atau sakit pada gigi, tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan menyuruh anak untuk berkumur dengan air hangat yang ditambahkan sedikit garam, karena kandungan yodium pada garam dapat membatu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Selain itu orang tua dapat memberikan pijatan es batu untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya adalah menggunakan es batu yang ditekankan atau ditempelkan pada pipi atau bagian luar gigi yang sakit. Pemberian es batu dapat memberikan efek mati rasa sehingga dapat meredakan rasa sakit yang diderita anak. Es batu juga dapat digantikan oleh kentang beku atau mentimun beku yang dapat ditaruh pada bagian gigi yang sakit.

Jika rasa sakit semakin menjadi dan disertai sakit kepala, maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya. Jika rasa sakit disebabkan adanya lubang pada gigi, maka biasanya dokter melakukan dua macam tindakan perawatan. Pada anak yang mengalami sakit gigi pada gigi susunya maka biasanya dilakukan perawatan saraf, sementara jika anak sudah memiliki gigi tetap, maka pengobatan dapat dilakukan dengan cara menambal gigi yang berlubang.

Selain prosedur penambalan pada gigi berlubang, perawatan pada gigi yang juga dapat dilakukan adalah membersihkan dan menghilangkan plak atau karang gigi. Namun proses pembersihan menyeluruh pada karang gigi (scalling) baru dapat dilakukan jika seluruh gigi susu anak telah tanggal dan berganti menjadi gigi tetap. Menjaga kebersihan mulut serta rajin ke dokter gigi setiap dua bulan sekali merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit gigi. Selain itu hindari makanan yang terlalu panas atau tertlalu dingin sehingga tidak merusak lapisan luar gigi.

Herbal Tradisional Atasi Sakit Gigi

Pengobatan sakit gigi pada anak yang paling tepat memang membawanya ke dokter gigi sehingga dapat segera diperiksa serta diberi perawatan oleh dokter gigi anak. Namun jika sakit gigi belum dapat tertangani langsung oleh doketer gigi, maka berikut beberapa resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak.

• 2-4 gram daun inggu kering direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah didinginkan dan disaring, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur beberapa kali.

• Ambil tempurung kelapa dan dibakar sampai minyaknya keluar. Oleskan kapas pada minyak tempurung kelapa tersebut, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit.

• Ambil beberapa lembar daun sirih dan beberapa butir cengkeh, cuci bersih, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Dinginkan dan gunakan ramuan untuk berkumur setiap hari. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

• Ambil satu siung bawang putih yang telah ditumbuk halus, campurkan sedikit garam, lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu gunakan campuran air hangat dengan sedikit garam untuk membersihkan mulut serta berkumur.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: