Mengatasi Peningkatan Asam Lambung Dengan Ramuan Herbal

May 23, 2015

asam lambung

Gastritis adalah penyakit yang diakibatkan oleh produksi asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan dinding lambung terinfeksi. Infeksi kemudian diperparah karena makan yang terlalu cepat, makan sambil berjalan, makanan tidak dicerna dengan baik atau makan makanan pedas, gorengan, hidangan tinggi lemak jenuh dan gula, merokok, alkohol, dan kopi. Stres juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya asam lambung.

Pencegahan Peningkatan Asam Lambung

Mencegah gastritis hampir serupa dengan pencegahan oesophageal reflux, yaitun dengan menghindari penyebab dari rasa gelisah dan stres. Selanjutnya, tidak tidur setelah makan, mengurangi makanan pedas dan tinggi lemak, serta menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

Pengobatan Herbal

1. Angelica

Menggunakan angelica disarankan meramunya dengan berbagai rempah lainnya. Hal itu akan memberi efek yang kuat. Rempah-rempah yang disarankan, antara lain wortel, seledri, dan peterseli. Jika rempah-rempah tersebut diramu dengan angelica, akan memberikan efek rasa nyaman.

Angelica juga bekerja mengusir angin karena kembung sebagai salah satu masalah utama yang menyertai gastritis. Kembung juga menyebabkan nyeri pada usus dan mag. Angelica dapat dibuat minuman atau sup yang dikonsumsi setelah makan.

2. Kapulaga

Kapulaga membantu menyingkirkan gas, kembung, mag, dan rasa ingin muntah yang memperparah nyeri di lambung. Pengobatannya dapat menggunakan bubuk kapulaga langsung atau dibuat minuman dengan merebusnya.

3. Kayu Manis

Kayu manis membantu mengatasi gastritis dan kesulitan mencerna asam. Kayu manis dapat mengatur proses sekresi asam di lambung. Herbal ini dapat membuatnya seimbang jika proses sekresinya meningkat. Kayu manis dapat dijadikan bubuk atau dibuat minuman herbal ringan.

4. Adas Sowa

Biji adas sowa dapat dikunyah dengan banyak minum air. Bisa juga dengan merebus bijinya, lalu meminumnya. Meskipun demikian, adas sowa sangat berbahaya bagi wanita hamil.

5. Adas (Fennel)

Adas digunakan untuk menetralkan asam lambung. Efisiensinya telah dibuktikan pada beberapa pasien.

6. Pepermin

Campurkan mint, basil, dan saffron dengan sedikit madu. Minumlah saat terasa asam. Kunyah daun mint hijau atau rendam daun mint kering, lalu kunyah. Bisa juga dibuat minuman dengan merebus daun mint hijau atau yang kering. Minumlah setelah makan dan di antara waktu-waktu makan.

7. Chamomile

Chamomile menenangkan perut secara khusus dan sistem pencernaan pada umumnya. Herbal ini sangat efektif digunakan dalam kasus lambung terasa nyeri, infeksi dinding lambung, dan meningkatnya asam lambung.

8. Akar Manis (Licorice)

Minuman licorice digunakan untuk meredakan nyeri lambung. Dalam licorice terdapat antikram sehingga dapat menenangkan perut, mengurangi produksi asam, dan rasa nyeri pun berkurang.

Dalam kasus gastritis, licorice harus digunakan dengan hati-hati. Penggunaan selama lebih dari dua bulan dapat menyebabkan sakit kepala. Di samping itu, menyebabkan penumpukan air dan sodium sehingga meningkatkan tekanan darah.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: