Mengatasi Nyeri Kaki dan Pergelangan Kaki

July 20, 2013

nyeri kaki

Nyeri kaki dapat memengaruhi setiap bagian dari kaki. Kaki terbentuk dari 26 tulang, 33 sendi dan ratusan otot, saraf dan ligamen. Pergelangan kaki adalah persendian yang rumit tempat bagian pertemuan kaki bagian atas dan bawah.

Karena kompleksnya struktur dan banyaknya beban yang harus ditanggung kaki dan pergelangan kaki setiap harinya, maka sakit kaki itu umum terjadi. Sakit ini biasanya hilang dengan perawatan sendiri di rumah. Tetapi sakit kaki juga bisa lebih serius, terutama jika itu adalah akibat dari cedera atau kondisi kronis tertentu.

Ada bermacam-macam kondisi kaki yang menjadi sebab munculnya rasa sakit di kaki:

● Bunion (benjolan di bawah jempol kaki)

Bunion adalah suatu benjolan tulang abnormal yang membentuk sendi di pangkal jempol kaki. Bunion terbentuk ketika jempol kaki mendorong jari-jari kaki yang lain, memaksa sendi jempol kaki tumbuh ke arah yang berlawanan, jauh dari profil normal kaki. Seiring waktu, posisi abnormal memperbesar sendi jempol kaki, semakin mendorong jari-jari kaki yang lain dan menyebabkan rasa sakit. Bunion dapat terjadi karena beberapa alasan, tapi penyebab umum adalah pemakaian sepatu yang terlalu ketat. Bunion juga dapat berkembang sebagai hasil dari cacat struktural karena keturunan atau tekanan pada kaki atau kondisi medis, seperti arthritis.

● Hammertoe dan mallet toe

Hammertoe atau kaki palu adalah jari kaki yang melengkung karena tikungan di sendi tengah dari jari kaki. Mallet serupa dengan hammertoe, tetapi memengaruhi sendi atas dari jari kaki. Kedua kondisi jari kaki yang abnormal ini biasanya disebabkan oleh sepatu yang terlalu ketat di bagian jari kaki atau sepatu yang memiliki hak tinggi. Dengan kondisi tersebut, kaki terpaksa melawan bagian depan sepatu, yang mengakibatkan pertumbuhan tidak wajar dengan menekuk jari kaki sehingga penampilan seperti palu atau cakar.

● Telapak kaki datar

Anda mempunyai telapak kaki datar bila lengkungan di bagian bawah kaki rata, sehingga seluruh kaki menyentuh lantai ketika Anda berdiri. Kondisi ini umum dan biasanya menyakitkan, bila lengkungan tidak berkembang selama masa kanak-kanak. Tapak kaki datar dapat juga disebabkan oleh cedera atau tekanan seiring usia.

Tapak kaki datar kadang-kadang dapat menyebabkan masalah bila kondisi ini memaksa pergelangan kaki untuk tumbuh mengarah ke dalam dan ini mengganggu keselarasan kaki. Jika tidak mengalami rasa sakit, biasanya tidak diperlukan perawatan untuk telapak kaki datar.

● Fraktur

Fraktur adalah retakan halus selebar rambut di tulang yang disebabkan gerakan berulang dan berlebihan, misalnya melompat-lompat atau berlari terus-menerus saat bermain basket atau olahraga lain. Tekanan yang lebih besar daripada yang bisa ditanggung oleh tulang-tulang kaki menyebabkan terjadi ketidakseimbangan.

Jika tulang Anda tidak terbiasa menahan beban dan tidak cukup waktu untuk pemulihan, sel-sel tulang akan lebih cepat rusak yang tidak bisa diimbangi dengan pembentukan sel-sel baru. Ini mengakibatkan kelelahan tulang dan selanjutnya bisa menyebabkan retak kecil di tulang yang lelah.

● Sensasi kaki terbakar

Sensasi kaki terbakar bisa ringan atau berat. Dalam beberapa kasus, kaki terasa sangat panas dan menyakitkan sehingga mengganggu tidur. Dalam kondisi tertentu, sensasi kaki terbakar juga dapat disertai dengan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa, atau keduanya.

Sensasi kaki terbakar dapat terjadi karena kaki lelah atau karena kutu air, atau juga bisa menjadi gejala dari kerusakan saraf (neuropati perifer), diabetes, terkena racun tertentu, penggunaan alkohol kronis, kekurangan vitamin B tertentu atau HIV.

● Achilles tendinitis

Achilles tendinitis adalah peradangan pada tendon Achilles, yang menghubungkan otot betis di kaki bagian bawah ke tulang tumit. Tendon meregang akibat cedera saat berlari atau berolahraga berlebihan. Rasa sakit semakin terasa ketika berlari atau melompat.

● Keseleo dan otot tertarik

Keseleo adalah cedera pada ligamen, yaitu ketika serat-serat dari jaringan yang menghubungkan tulang yang satu dengan yang lain di sendi tergores atau robek. Lokasi yang paling umum adalah di pergelangan kaki. Sedangkan otot tertarik adalah cedera pada otot atau tendon ketika urat yang menghubungkan otot dengan tulang tertarik atau robek.

Mencegah Nyeri Kaki dan Pergelangan Kaki

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tindakan pencegahan:

● Dengan memilih sepatu yang pas, Anda bisa menghindari dan mencegah terjadinya nyeri kaki dan pergelangan kaki.

● Perhatikan bentuk dan ukuran kaki Anda. Kaki tidak boleh dipaksa untuk sesuai dengan bentuk dari sepasang sepatu.

● Sepatu yang terlalu sempit atau terlalu lebar dapat menyebabkan lepuh menyakitkan dan kapalan. Sepatu harus memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki.

● Pilih sepatu bertumit rendah.

● Pilih sepatu bertali yang lebih luas dan lebih mudah diatur besar kecilnya ruang yang diinginkan untuk kaki dan jari-jari kaki.

● Hindari sepatu plastik agar kaki tidak lembab.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Nyeri Kaki dan Pergelangan Kaki?

● Bunion

  • Kenakan sepatu yang nyaman dan yang menyediakan ruang yang cukup untuk jari kaki.
  • Jika bunion menjadi meradang atau menyakitkan, berikan kompres es 2-3 kali sehari untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • Kenakan sepatu dengan ruang yang lega untuk bunion.
  • Hindari sepatu dengan tumit lebih tinggi dari 5,7 cm.
  • Pastikan sepatu mengiritasi jari kaki.

● Hammertoe dan Mallet toe

Kenakan alas kaki yang tepat untuk mengurangi rasa sakit kaki. Sepatu dengan hak rendah dengan kotak kaki yang dalam dan bahan yang fleksibel yang menutupi jari-jari kaki dapat membantu. Pastikan ada setengah inci ruang antara jari kaki terpanjang dan ujung dalam sepatu. Ruang yang cukup untuk jari-jari kaki akan membantu mengurangi tekanan dan rasa sakit.

● Telapak kaki datar

Pakailah sepatu dengan penyangga lengkungan kaki untuk membantu meringankan rasa sakit. Bila Anda kelebihan berat badan, usahakan untuk menurunkannya agar beban di telapak kaki tidak terlalu berat.

● Fraktur

  • Sangat penting untuk memberikan waktu bagi tulang sembuh. Ini mungkin memakan waktu beberapa bulan atau bahkan lebih.
  • Untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit, kompres es ke daerah luka 3-4 kali sehari selama 10 menit.
  • Lanjutkan aktivitas perlahan. Hindari aktivitas sangat aktif yang berdampak buruk pada tulang, setidaknya 6 minggu sampai beberapa bulan tergantung dari lokasi retakan dan nasihat dokter.

● Sensasi kaki terbakar

  • Beristirahat dengan mengangkat kaki.
  • Beralih ke sepatu yang lebih nyaman, terutama di bagian telapak kaki.
  • Rendam kaki dalam air dingin.
  • Pakai kaus kaki dari bahan katun atau sintetis yang tidak menyebabkan iritasi dan memungkinkan kaki untuk “bernapas.”
  • Jangan berdiri terlalu lama.

● Achilles tendinitis

  • Hindari tekanan pada tumit selama beberapa hari.
  • Kompreskan es pada tendon selama sekitar 15 menit setelah berolahraga atau ketika mengalami nyeri.
  • Tutup tendon dengan perban elastis untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi gerakan tendon.
  • Angkat kaki yang sakit untuk mengurangi pembengkakan.
  • Pilihlah sepatu olahraga yang menyediakan bantalan yang memadai untuk tumit dan harus memiliki dukungan kuat untuk lengkung kaki guna membantu mengurangi ketegangan pada tendon.
  • Lakukan peregangan setiap hari. Luangkan waktu untuk meregangkan otot betis dan tendon Achilles di pagi hari, sebelum latihan dan sesudah latihan untuk mempertahankan fleksibilitas, untuk menghindari kambuhnya Achilles tendinitis.

● Terkilir

  • Hindari aktivitas yang menyebabkan kaki nyeri atau bengkak.
  • Kompreskan es pada kaki yang terkilir.
  • Balut kaki yang terkilir.
  • Angkat kaki untuk mengurangi bengkak.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

● Nyeri kaki sangat parah atau muncul bengkak setelah terjadi cedera.

● Tidak dapat berjalan karena parahnya rasa sakit.

● Mengalami tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, kehangatan, kelembutan, atau Anda mengalami demam lebih dari 37,8°C.

● Pergelangan kaki bengkak, kekakuan dan rasa sakit yang lebih buruk di pagi hari atau setelah Anda aktif beraktivitas.

● Rasa terbakar, kesemutan atau mati rasa di kaki.

● Tidak mampu menahan berat tubuh sendiri 72 jam setelah cedera.

● Kaki atau pergelangan kaki berubah bentuk atau bengkok dalam posisi normal.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: