Mengatasi Kulit Kering Secara Mandiri

May 2, 2013

kulit kering

Kulit kering adalah kondisi kulit yang sangat umum yang ditandai oleh kurangnya kadar air yang cukup di lapisan paling dangkal pada kulit (epidermis). Kondisi ini cenderung memengaruhi pria dan wanita dan dengan bertambahnya usia biasanya jauh lebih rentan terhadap kulit kering. Lengan, tangan, dan kaki terutama yang lebih sering terpengaruh oleh kulit kering.

Kulit kering mungkin merupakan kondisi ringan sementara, berlangsung beberapa hari sampai minggu. Kulit kering juga dapat menjadi masalah kulit lebih parah dalam jangka panjang bagi beberapa orang.

Jika Anda memiliki kulit kering, Anda mungkin mengalami satu atau lebih gejala-gejala berikut: sensasi kulit ketat, terutama setelah mandi atau berenang, kulit terasa menyusut atau dehidrasi, kulit terasa dan terlihat kasar, kering dan bersisik, gatal yang terkadang intens, kulit mengelupas agak parah, garis retak di kulit, kemerahan.

Meskipun sebagian besar kasus kulit kering disebabkan oleh paparan lingkungan, penyakit tertentu juga secara signifikan dapat mengubah fungsi dan penampilan kulit Anda. Potensi penyebab kulit kering antara lain:

● Cuaca, kulit paling kering di cuaca dingin, ketika suhu dan tingkat kelembaban menurun, atau jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi dan kelembaban rendah.

● Pemanasan pusat dan pendingin udara, baik AC maupun perapian dapat mengurangi kelembaban kulit.

● Sering mandi air panas dan berenang. Terutama jika Anda suka berendam di air panas yang menyebabkan pecahnya hambatan lipid pada kulit. Demikian juga dengan sering berenang terutama di air kolam yang banyak mengandung klorin.

● Sabun, shampo dan deterjen yang keras. Bahan kimia dan kosmetik juga bisa menjadi penyebab.

● Paparan sinar matahari.

● Faktor genetika.

● Kekurangan nutrisi, khususnya kekurangan vitamin A dan vitamin B.

● Obat-obatan tertentu, termasuk diuretik, antispasmodik, dan antihistamin.

● Dermatitis atopik, yang menyebabkan kulit lebih sensitif dan lebih kering. Daerah yang sering terkena meliputi wajah, sisi leher, daerah lipatan di sekitar siku, pergelangan tangan, lutut dan pergelangan kaki.

● Psoriasis, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan penumpukan yang cepat dari sel-sel kulit mati yang kasar dan kering yang membentuk sisik tebal.

● Gangguan tiroid atau hypothyroidism, yaitu kondisi yang terjadi ketika tiroid menghasilkan hormon tiroid terlalu sedikit, mengurangi aktivitas keringat dan kelenjar minyak, yang mengarah ke kering, kasar dan kulit bersisik.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering?

● Melembabkan kulit. Pelembab tebal memberikan segel bagi kulit Anda untuk menyimpan air. Gunakan kosmetik yang mengandung pelembab. Jika kulit sangat kering, pakai minyak bayi, yang memiliki daya tahan lebih daripada pelembab untuk mencegah penguapan air dari permukaan kulit.

● Jangan mandi terlalu panas dan dengan air panas. Batasi mandi untuk sekitar 15 menit atau kurang. Gunakan sabun yang lembut, bukan sabun anti bakteri yang kuat atau yang beraroma tajam.

● Oleskan pelembab segera setelah mandi. Setelah mencuci atau mandi, dengan lembut menepuk kulit kering dengan handuk sehingga kelembaban tetap pada kulit. Segera melembabkan kulit dengan minyak atau krim untuk membantu air terperangkap dalam sel-sel permukaan.

● Pilih kain yang baik untuk kulit Anda. Serat alami, seperti katun dan sutra, memungkinkan kulit untuk bernapas. Saat mencuci pakaian, gunakan deterjen tanpa pewarna atau parfum, keduanya dapat mengiritasi kulit.

● Jika kulit kering menyebabkan gatal, berikan kompres dingin ke daerah yang gatal. Untuk mengurangi peradangan, gunakan krim atau salep hidrokortison, yang mengandung paling sedikit 1 % hidrokortison.

● Pakai tabir surya setiap hari.

● Makan diet seimbang yang mencakup sayuran, buah-buahan, biji- bijian, biji, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi banyak sayuran kuning dan oranye. Melon, wortel dan aprikot adalah makanan yang baik untuk kulit kering karena kaya vitamin A dan C. Makan makanan yang kaya asam pantotenat (vitamin B5), seperti susu, keju, yogurt tawar, sayuran berdaun hijau dan gandum. Asam pantotenat perlu untuk sintesa lemak dan minyak di kulit.

● Minum air yang cukup untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Hindari sering makan makanan yang digoreng, lemak hewan, dan olahan minyak nabati.

● Jangan terlalu banyak minum minuman ringan atau makan gula, coklat, keripik kentang.

● Hindari alkohol dan kafein. Zat ini memiliki efek diuretik, menyebabkan sel-sel tubuh dan kulit kehilangan cairan dan mineral penting.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Sebagian besar kasus kulit kering berangsur membaik dengan perubahan gaya hidup dan perawatan tubuh di rumah. Namun Anda harus menghubungi dokter:

● Kulit Anda tidak membaik meskipun sudah melakukan sendiri upaya perawatan terbaik Anda.
● Kulit kering disertai dengan kemerahan.
● Kekeringan dan gatal mengganggu tidur.
● Anda memiliki luka terbuka atau infeksi dari goresan.
● Anda memiliki area pengelupasan kulit yang luas.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: