Mengatasi Keriput

April 8, 2013

keriput

Menjadi tua adalah proses alami yang dialami setiap orang, demikian juga dengan munculnya keriput yang menyertai proses penuaan. Meskipun faktor genetika adalah penentu paling penting dari struktur dan tekstur kulit, paparan sinar matahari adalah penyebab utama keriput. Paparan lingkungan lain, seperti panas, angin dan debu, serta merokok, juga dapat menyebabkan kerutan.

Keriput disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, beberapa dapat dikontrol dan beberapa tidak:

Umur: Ketika usia semakin bertambah, kulit secara alami menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami membuat kulit kering dan tampak lebih berkerut. Lemak di lapisan lebih dalam dari kulit yang memberikan penampilan kulit kencang, mulai berkurang. Hal ini menyebabkan kulit kendor dan memperjelas garis dan celah-celah.

Paparan ultraviolet: Radiasi ultraviolet mempercepat proses penuaan alami dan merupakan penyebab utama dari kerutan dini. Paparan sinar UV menurunkan jaringan ikat kulit. Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit kehilangan kekuatan dan fleksibilitas. Akibatnya, kulit mulai melorot dan berkerut sebelum waktunya.

Merokok: Asap rokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit, memberikan kontribusi bagi keriput. Hal ini mungkin karena perubahan suplai darah ke kulit.

Ekspresi wajah berulang: Gerakan wajah, seperti tersenyum atau menyipitkan mata, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Seiring pertambahan usia, kehilangan fleksibilitas membuat kulit tidak bisa kembali ke tempatnya semula sehingga garis di kulit akibat gerakan berulang tadi menjadi garis permanen di wajah.

Gender: Perempuan cenderung lebih cepat dan lebih banyak mendapatkan keriput di sekitar mulut mereka daripada pria. Kemungkinan karena wanita memiliki lebih sedikit kelenjar keringat dan kelenjar yang mensekresikan minyak atau sebum (kelenjar sebasea) untuk melumasi kulit dan pembuluh darah lebih sedikit di daerah ini.

Kekurangan gizi: kurangnya nutrisi yang dibutuhkan kulit menyebabkan penuaan kulit.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Keriput?

● Lindungi kulit dari sinar matahari dengan membatasi waktu yang Anda habiskan di bawah sinar matahari dan selalu memakai pakaian pelindung, topi dan tabir surya ketika keluar rumah, bahkan saat cuaca mendung.

● Pilih produk tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 15, dan yang mempunyai spektrum yang luas yang menghambat dengan baik UVA dan UVB.

● Gunakan pelembab untuk mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan prematur. Meskipun pelembab tidak dapat mencegah keriput, namun bisa menutupi garis kecil dan lipatan.

● Makan makanan yang sehat, terutama vitamin A, C, B-3 dan E. Jangan merokok.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Jika Anda khawatir tentang penampilan kulit Anda, dokter kulit dapat membantu membuat rencana perawatan kulit keriput Anda.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: