Mengatasi Kebotakan Dengan Ramuan Herbal

March 12, 2015

kebotakan

Genetika merupakan faktor utama terjadinya kebotakan pada kaum pria, di mana kekurangan hormon atau masalah lainnya membuatnya menjadi botak.

Pengobatan Herbal

1. Saw palmetto

Herbal pembunuh testosteron yang terhidrogenasi pada folikel rambut. Ia juga mencegah konversi testosteron (hormon seks pria) ke testosteron terhidrogenasi (DHT/Dihydrotestosteron). Dengan demikian, ketika herbal tersebut mampu mencegah pembentukan DHT, kebotakan dapat dicegah.

2. Rosemary

Rosemary atau gravel dairy dicampur dengan minyak zaitun dan dipljatkan pada kulit kepala, akan merangsang produksi rambut dan memperkuat folikelnya.

3. Akar Manis (Licorice)

Licorice mengandung senyawa yang memengaruhi hormon testosteron dalam tubuh sehingga mencegah hidrogenasi testosteron, seperti palmetto yang disebutkan sebelumnya. Akar licorice direndam dengan air hangat, lalu hasil endapannya digunakan sebagai sampo disertai dengan pemijatan rambut pada pagi dan sore harinya.

4. Sage

Ekstrak sage digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada pria botak. Campur ekstrak sage dengan minyak zaitun atau wijen, lalu oleskan pada kepala dan biarkan agak lama (sampai pagi).

5. Horsetail

Horsetail mengandung sejumlah besar dari sequinon dan selenium, yaitu mineral yang mengaktifkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Dengan demikian, ia akan memberi nutrisi penting pada akar rambut. Ia dapat dijadikan minuman, yaitu dengan menambahkan dua sendok makan horsetail yang dikeringkan pada secangkir air mendidih dan diminum tiga kali. Atau dengan merendam 5 sendok makan horsetail kering pada secangkir air hangat semalaman dan dipakai sebagai pencuci rambut.

6. Kesumba (Safflower)

Kesumba dalam pengobatan Arab dan China digunakan untuk memperluas jaringan arteri, terutama pembuluh kapiler kecil dan ujung, yang terletak di kulit kepala. Hal ini akan memberi makanan bernutrisi untuk folikel rambut dan bekerja untuk memperkuatnya. Kulit kepala dipijat menggunakan minyak kesumba atau bijinya digiling hingga menjadi bubuk, kemudian dibuat krim dengan menambahkan lilin madu lebah. Bisa juga dipakai sebagai sampo.

7. Pulus (Stinging Nettle)

Pulus mencegah kebotakan atau menghentikan gejalanya. Namun, ia tidak dapat mengobatinya jika sudah terjadi. Pulus digunakan sebagai perlindungan khusus bagi orang yang berambut ringan dan tipis. Dalam keyakinan tradisi kuno, bentuk tanaman menjelaskan nilai medisnya. Dan bentuk pulus berbulu karena itu dalam pengobatan herbal digunakan untuk mengatasi kebotakan.

8. Berbagai Minyak

Di antara pengobatan terhadap kebotakan yang paling dikenal adalah minyak bawang, minyak zaitun, minyak wijen, minyak cengkeh, dan minyak mustard. Kulit kepala digosok dengan minyak-minyak tersebut untuk merevitalisasi pembuluh darahnya dan memberi nutrisi pada folikel rambut.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: