Mengatasi Gelisah Dengan Ramuan Herbal

May 21, 2015

gelisah

Gelisah adalah reaksi fisik dan psikologis terhadap tekanan yang meliputinya. Penyebabnya adalah tekanan dan beban hidup yang terus-menerus, kekhawatiran akan sesuatu, dan zat adiktif (alkohol, obat-obatan terlarang, merokok). Gejala gelisah, di antaranya tidak bisa diam, sakit kepala, mual, keringat bercucuran, lelah, cemas, tangan gemetar, jantung berdetak cepat, napas memburu, mimpi buruk yang mengganggu, labil, dan tidak merasa nyaman.

Pencegahan Gelisah

Tidak mengonsumsi pemicu rasa gelisah, seperti narkotik, memanfaatkan waktu dengan baik, menghindari kesibukan yang berlebihan, menghindari tekanan hidup, serta berusaha mengatasi stres dan masalah psikologis.

Pengobatan Herbal

a. Kava-Kava

Kava-kava mengatasi rasa gelisah tanpa menyebabkan kecanduan (inilah yang membedakannya dengan semua obat-obatan kimia). Kava-kava berisi dua zat penenang, yaitu dihydrokavain dan dihydromethysticin. Di samping itu, herbal ini membuat tidur menjadi nyenyak dan menenangkan.

b. Hop

Hop memiliki efek pada sistem saraf pusat. Ia digunakan dalam pengobatan insomnia dan gangguan tidur lainnya. Herbal ini juga menangani rasa cemas dan stres karena mengandung zat metil butanol, suatu zat yang memiliki efek menenangkan.

c. Chamomile

Chamomile digunakan sebagai minuman yang membuat efek nyaman. Herbal ini mengandung senyawa apigenin yang terbukti efektif mencegah insomnia, gelisah, dan yang menyertai keduanya, seperti tegang dan rasa tidak nyaman.

d. Robibos

Robibos digunakan untuk membangkitkan selera makan dan menenangkan sistem pencernaan. Robibos biasanya digunakan untuk menenangkan bayi yang masih menyusu.

e. Akar Manis (Licorice)

Sirup akar manis memberikan efek menenangkan dan nyaman. Di dalamnya terkandung zat analgesik sehingga membuat tubuh kembali nyaman dan tidur menjadi nyenyak.

f. Jahe

Jahe merupakan obat antinyeri, mag, dan kram. Pada gilirannya membuat sistem saraf dan sistem pencernaan lebih nyaman sehingga, rasa gelisah menjadi berkurang. Jahe digunakan sebagai minuman untuk memberikan efek menenangkan dan mengembalikan keseimbangan juga untuk mengatasi berbagai gejala gelisah.

g. Adas Manis (Anise)

Adas manis mengandung zat creosol, yaitu zat yang memberi efek menenangkan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: