Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban

May 17, 2014

rambut beruban

Rambut beruban ternyata tidak hanya menjadi masalah bagi orang berusia lanjut. Tidak jarang, uban juga muncul pada anak muda. Faktor penyebab timbulnya uban, antara lain dipengaruhi oleh faktor usia, keturunan, merokok, stres, atau kondisi medis. Uban sering menurunkan rasa percaya diri dalam berpenampilan.

Uban muncul karena sel-sel dalam folikel rambut, melanosit, menghentikan atau menghilangkan produksi pigmen warna alami rambut. Uban memang tidak dapat dicegah apalagi jika faktor utamanya karena usia. Kita dapat mengatasinya dengan menutupi uban tersebut. Simaklah kiat-kiat mencegah dan mengatasi uban berikut ini.

Minyak Kelapa

Campurlah minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis. Lalu, oleskan merata pada seluruh kulit kepala. Pijat agar meresap dengan baik, lalu diamkan selama 15 menit. Banyak wanita yang menerapkan cara ini setiap hari, dan efektif. Rambutnya bisa tetap hitam hingga usia 60-an, dapat membebaskan kepala dari uban.

Konsumsi Protein

Tambah asupan protein yang terdapat pada kacang, daging, ikan, ayam, dan gandum. Konsumsi protein mengembalikan tekstur rambut menjadi bersinar alami dan mengembalikan pigmen warna alami rambut.

Perasan Lemon

Keramas rambut dengan air perasan lemon untuk mengembalikan warna alami rambut. Lemon berkhasiat sebagai pewarna alami yang dapat mencerahkan warna asli rambut jika digunakan secara teratur.

Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut merupakan cara terakhir jika uban sudah sangat mengganggu penampilan sehari-hari. Gunakan pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan herbal alami.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: