Melawan Degenerasi Makula Dengan Ramuan Herbal

March 25, 2015

degenerasi makula

Makula adalah titik yang paling sensitif di pusat retina, yaitu daerah yang kaya akan saraf di bagian belakang mata dan sangat diperlukan untuk indra penglihatan. Makula mengalami kemunduran fungsi karena hal yang sebagian besar tidak diketahui pada usia setelah 60-an. Seiring dengan penurunan fungsi makula, fungsi penglihatan pusat rusak, begitu juga fungsi penangkapan detail gambar halus. Para perokok lebih rentan terkena kasus tersebut. Buah-buahan dan sayuran segar juga dianggap sebagai antioksidan terbaik.

Pengobatan Herbal

1. Daun Kubis dan Bayam

Daun kubis hijau dan daun bayam mengandung lutein dan zeaxanthin yang bekerja sebagai antioksidan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan E. Sayuran lain dengan kandungan sama, antara lain turnip, radish, dan mustard.

2. Bilberry

Bilberry termasuk keluarga ceri dan plum. Penelitian ilmiah dan studi herbal membuktikan bahwa buah tersebut mengandung senyawa anthocyanidins yang merupakan antioksidan kuat. Begitu juga, mengandung beta-karoten, senyawa yang dikenal sebagai antioksidan, meningkatkan penglihatan pada malam hari, dan memperluas bidang penglihatan.

Bilberry, jahe, pegagan, butcher’s broom/sweet broom dicampur dan dibuat menjadi bubuk untuk mencegah degenerasi makula dan pengobatannya serta memperkuat jaringan kapiler yang ada di retina. Caranya, masukkan herbal bilberry dalam air mendidih selama 15 menit. Anda dapat meminumnya satu gelas dari rendaman ini setiap 6 jam atau 4 kali sehari.

3. Kacang (Peanuts)

Zat genistein bekerja untuk mencegah penurunan fungsi retina. Jadi, bisa mencegah degenerasi makula. Kacang-kacangan mengandung banyak zat tersebut, terutama kacang tanah dan kedelai. Kacang tanah kaya akan prusiner dan zat antioksidan. Anda dapat mengonsumsi beberapa butir kacang tanah setiap hari sebagai pencegahan terhadap degenerasi makula.

4. Ginkgo

Ekstrak ginkgo membantu untuk mempertahankan aiiran darah ke retina. Daun ginkgo mengandung zat aktif antioksidan. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari ginkgo adalah dengan menggunakan perbandingan 1:50 (yaitu 50 pound daun ginkgo yang telah diproses secara kimia untuk pembuatan satu pound ekstrak ginkgo). Anda dapat menambahkan buah-buahan ketika mengonsumsi daun ginkgo. Dosis yang dianjurkan tidak melebihi 300 mg per hari dari ekstraknya.

Peringatan!
Jika timbul diare atau gelisah setelah mengonsumsi ginkgo, Anda harus mengurangi dosisnya.

5. Cengkeh (Clove)

Minyak cengkeh adalah antioksidan yang kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat mencegah retaknya asam docosahexaenoic (DHA) di jaringan retina. Zat itulah yang menjaga fungsi indra penglihatan pada usia renta. Tambahkan satu tetes minyak cengkeh pada bubuk herbal yang mengandung antioksidan. Lalu, diminum empat gelas sehari.

6. Wolfberry

Wolfberry mengandung banyak zat antioksidan dan pewarna nabati yang berguna dalam menanggulangi masalah penglihatan dan penglihatan yang kabur. Ia dikenal dengan sebutan carotenoids, obat tradisional Mongolia.

7. Wortel

Wortel dikenal secara luas sebagai penguat penglihatan. Bukan hanya warisan tradisional, melainkan juga fakta ilmiah. Wortel mengandung carotenoids yang melindungi mata dari berbagai penyakit. Zat tersebut melindungi mata dan meningkatkan sirkulasi darah yang berguna untuk retina.

8. Rosemary

Rosemary merupakan salah satu jenis mint dan herbal yang paling banyak mengandung antioksidan. Antioksidan adalah zat yang melindungi sel-sel dari radikal bebas (penyebab degenerasi makula). Antioksidan dibutuhkan untuk proses penyembuhannya. Antioksidan juga memberikan perlindungan, pencegahan, dan menguatkan sel-sel makula.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: