Masalah dengan Berat Badan

February 14, 2014

berat badan

Terlalu Berat

Tubuh kita memerlukan zat makanan guna memperoleh energi. Energi diperlukan untuk segala sesuatu yang kita lakukan: berjalan, berpikir, tertawa, supaya badan tetap panas, bernapas dan lain-lain.

Zat-zat makanan terdiri atas beberapa bagian. Ada tiga kelompok, yaitu hidrat arang, zat putih telur dan lemak. Agar makanannya sehat, penting bahwa bagian-bagian itu seimbang, sebab kita memerlukan semuanya dalam jumlah-jumlah tertentu.

Zat putih telur, lemak dan hidrat arang memberi makan pada sel-sel dalam tubuh kita dan mereka mengubah zat-zat makanan tersebut menjadi energi. Tetapi zat putih telur melepaskan jumlah energi yang berbeda dengan misalnya lemak.

Energi zat-zat makanan terbagi ke dalam seluruh tubuh. Energi ini dapat diukur, misalnya sebagai kalori. Kalau kita bergerak kita memakai lebih banyak kalori daripada kalau kita sakit.

Tidak semua bahan makanan mengandung jumlah energi yang sama. Sepotong roti berwarna coklat, misalnya, dicerna dengan lambat dan dengan begitu dapat memberikan tenaga kepada sel-sel untuk waktu yang lebih lama. Kue mentega mengandung banyak lemak, dan sel-sel menampungnya sebagai cadangan dan hanya memberikan tenaga untuk waktu yang singkat. Buah apel hampir tidak memiliki lemak, mudah dicerna dan dengan cepat memberi tenaga tetapi tidak untuk waktu yang lama.

Kita juga tahu berapa banyak energi, jadi berapa banyak kalori diperlukan kalau kita berjalan, naik tangga, berpikir dan lain-lain.

Kalau tubuh kita menerima lebih banyak kalori daripada yang diperlukannya, kita menjadi gemuk. Sebab, tubuh kita itu pintar dan menimbun kalori-kalori kelebihan sebagai cadangan lemak untuk masa kelaparan. Tetapi kalau tidak pernah datang masa kelaparan, sel-sel makin lama menjadi makin gemuk.

Orang-orang dewasa yang terlalu gemuk harus menjalani diet. Mereka hanya boleh makan jumlah kalori tertentu dan didampingi oleh seorang dokter atau ahli diet. Pada anak-anak bertubuh gemuk, keadaannya biasanya berbeda. Ditetapkan suatu bobot sasaran dan anak-anak itu tidak boleh mengurangi berat badan tetapi mereka juga tidak boleh melampauinya. Sebabnya ialah karena anak-anak masih bertumbuh. Pada suatu saat mereka sudah begitu besar sehingga dengan sendirinya mereka mendapat berat badan yang tepat.

Ada juga penyakit-penyakit yang tiba-tiba membuat orang gemuk. Umpamanya kalau kelenjar gondok kurang bekerja. Sebaliknya kita akan menjadi terlalu kurus kalau kelenjar itu bekerja terlalu keras atau kalau misalnya kita mengidap penyakit gula. Itu dapat ditentukan oleh dokter.

Terlalu ringan

Mungkin kita pernah melihat pemuda atau pemudi yang sangat kurus. Kalau kita makan terlalu sedikit kalori, tempat-tempat penimbunan di tubuh dikosongkan dan kita menjadi kurus. Kalau kita dengan sengaja terus mengurangi berat badan sebab merasa terlalu gemuk, dan sama sekali merasa tidak nyaman dan tidak senang dengan badan kita sendiri, maka kita harus berhati-hati jangan sampai terkena penyakit hasrat kurus. Penyakit yang sangat berbahaya.

Orang-orang yang terkena penyakit hasrat kurus biasanya harus di-opname di rumah sakit untuk waktu yang lama sebab harus menerima perawatan jasmani dan rohani. Sering mereka malahan diberikan pipa kecil dalam hidung mereka yang sampai ke perut besar mereka dan dengan cara itu mereka diberi makan. Perut besar harus belajar lagi untuk mencerna makanan yang sebenarnya. Penyakit hasrat kurus dalam istilah kedokteran disebut anorexia nervosa.

Perhatikanlah apa yang kita makan, makanlah secara sehat, dan lakukanlah gerak badan tapi jangan berlebihan. Tapi kalau kita terus saja bertambah kurus walaupun cukup makan malah mungkin telah makan banyak maka sebaiknya segera berbicara dengan dokter.

Ada juga keluarga-keluarga di mana semua anggotanya gemuk atau semuanya kurus. Mungkin hal ini memang ada hubungannya dengan pembawaan tetapi mungkin sekali juga karena perilaku makan di keluarga yang sudah menjadi kebiasaan. Sebab, kalau orang tua makan banyak atau makan makanan yang mengandung banyak lemak, anak-anak juga akan makan banyak. Kalau orang tua makan sedikit tapi secara sehat, anak-anak juga terbiasa dengan cara ini.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: