Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

March 28, 2013

manfaat yogurt

Yogurt salah satu produk pragian susu telah lama dikenal sebagai bahan pangan disukai. Mutu dan aroma yogurt sangat ditentukan oleh proses fermentasi yang dilakukan. Fermentasi didahului dengan menggunakan bakteri Streptococcus thermophillus sehingga melalui kerja enzim proteolitik laktose dapat dipecah menjadi asam laktat. Dengan pH sekitar 4,5 Lactobacillus acidophillus dapat berkembang biak dengan baik. Flavor khas yogurt disebabkan oleh adanya asam laktat dan sisa-sisa asetaldehida dan bahan-bahan mudah menguap lain yang dihasilkan pada proses fermentasi. Bahan pangan ini di Indonesia mulai populer dan disukai oleh masyarakat.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa yogurt memang berkhasiat bagi pemeliharaan kesehatan. Di samping kandungan zat gizinya yang tinggi karena menggunakan susu sebagai bahan dasar dalam yogurt terdapat biakan hidup bakteri Lactobacillus acidophillus. Bakteri inilah yang memberikan khasiat therapeutik pada yogurt. Akan tetapi jika yogurt dipanaskan seperti di pasteurisasi, bakteri Lb. acidophillus akan mati dan khasiat yogurt akan hilang. Mengkonsumsi yogurt “hidup” berkhasiat dapat menurunkan resiko terjadinya radang lambung (gastroentrirtis). Beberapa jenis bakteri Lactobacillus acidophilus juga berkhasiat menghambat pertumbuhan bakteri pathogen lain seperti bakteri penyebab gastroentrirtis, penyebab infeksi saluran kemih, bakteri penyebab keracunan makanan dan sebagainya.

Manfaat yogurt untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mempercepat penyembuhan diare.

Dalam percobaan klinis di rumah sakit, ternyata anak-anak penderita diare yang diberi yogurt “hidup” tanpa diberi antibiotik, sembuh 3 hari lebih cepat dibanding anak-anak penderita diare yang diberi antibiotik saja. Penderita diare dewasa akan sembuh lebih cepat jika di samping diberi antibiotik, juga diberi yogurt.

• Merangsang tumbuhnya mikroflora dalam saluran pencernaan.

Dalam saluran pencernaan hidup sejumlah mikroflora yang berkhasiat dan sesungguhnya sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri patogen dalam usus. Penggunaan antibiotik yang berulang-ulang akan menyebabkan jumlah dan jenis mikroflora dalam saluran pencernaan menjadi sangat berkurang sehingga akan meningkatkan resiko terjadi berbagai penyakit infeksi terutama diare. Dengan mengkonsumsi yogurt hidup, pertumbuhan bakteri dalam usus akan dipacu. Jadi yogurt berkhasiat menghilangkan efek samping dari antibiotik.

• Menstimulasi peningkatan kekebalan tubuh.

Yogurt yang mengandung Lb. acidophilus merangsang sel-sel jaringan tubuh memusnahkan bakteri-bakteri patogen, dengan menghasilkan senyawa gamma-interferon, yang berkhasiat sebagai anti virus. Dengan demikian mengkonsumsi yogurt secara teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Catatan: Karena terbuat dari susu yogurt merupakan sumber zat kapur yang baik dan lebih mudah dicerna. Oleh karena Lb. Bacillus acidophilus yang ada dalam yogurt tidak dapat bertahan hidup lebih lama, karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt secara teratur. Dengan meminum 225 ml yogurt setiap hari cukup untuk mempertahankan tubuh dari serangan berbagai bakteri patogen. Untuk penyembuhan, sebaiknya yogurt mulai diminum sejak hari pertama terjadinya serangan infeksi.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: