Manfaat Umbi Bit Sebagai Sumber Antioksidan

December 22, 2012

umbi bit

Umbi bit yang sering digunakan sebagai bahan salad dalam hidangan western merupakan satu-satunya sayuran berumbi yang berwarna ungu. Warna ungu tersebut disebabkan oleh dua macam pigmen, yakni betacyanin (kebanyakan betanin) dan betaxanthin. Betacyanin merupakan kelompok pigmen merah yang tidak terdapat pada tanaman lain kecuali bit.

Umbi bit sangat kaya vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk mendorong kinerja tubuh dalam memproduksi antioksidan endogen. Selain itu, bit merupakan pemasok antioksidan eksogen yang tangguh. Terbukti dengan tingginya nilai ORAC yang dimiliki sayuran dataran tinggi ini. Bit memiliki nilai ORAC sebesar 840. Secara kualitas, bit lebih unggul dari bayam, kubis, wortel, dan tomat yang selama ini banyak disarankan sebagai sumber antioksidan.

Kemampuan umbi bit dalam mereduksi radikal bebas tidak terlepas dari kelengkapan fitonutrisi dan fitokimia yang dimilikinya. Kedua pigmen utama yang dimilikinya sangat potensial untuk mencegah oksidasi radikal bebas. Selain itu, umbi bit juga mengandung beberapa fitokimia yang memiliki kemampuan antioksidan yang sangat baik. Fitokimia yang dimaksud adalah betaine, farnesol, dan saponin.

Umbi bit merupakan detoksifier yang tangguh

Umbi bit memiliki kemampuan yang sangat hebat dalam mendetoksifikasi radikal bebas berupa logam yang mengendap di lever. Karena itu, umbi yang memiliki nama botani Beta vulgaris ini sangat baik untuk dikonsumsi para penderita gangguan lever. Detoksifikasi lever dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari umbi bit juga sangat baik jika dilakukan orang sehat untuk mengeliminasi racun yang singgah di lever setelah bertahun-tahun kita tidak waspada menimbun aneka racun ke organ vital penyaring racun ini.

Antioksidan untuk jantung

Umbi bit juga bekerja sangat baik pada jantung. Betaine memiliki kemampuan untuk mereduksi asam amino penyebab gangguan jantung (homosistein). Kemampuan tersebut didukung oleh kandungan folat yang cukup tinggi pada umbi bit. Dalam melakukan aktivitasnya, folat dan betaine bekerja sama mencegah oksidasi lemak jahat yang ada di dalam pembuluh darah yang berpotensi sebagai sumber peradangan.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: