Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

December 16, 2012

ubi jalar

Salah satu khasiat kesehatan yang dapat diperoleh dari ubi jalar adalah mengendalikan tekanan darah.

Kandungan beberapa zat gizi utama per 100 gram ubi rebus :

– Energi (Kal) 115
– Carotene (mcg) 5.140
– Kalium (mg) 480
– Zn (mg) 0,4
– Serat (g) 3,3
– Besi (mg) 0,9
– Vitamin C (mg) 2.3
– Vitamin E (mg) 6,0

Ubi jalar, tergolong bahan pangan super karena mengandung khasiat khusus bagi pemeliharaan kesehatan. Di daerah pedalaman Papua ubi merah ini digunakan sebagai makanan pokok, dan dianggap memiliki khasiat khusus untuk kesehatan. Daun ubi jalar menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Faustinus Garcia dari Universitas Filipina berkhasiat mengendalikan gula darah dan setiap 300 gram pucuk daun ubi jalar memiliki potensi penurunan glukose darah yang setara dengan 6-7 unit insulin. Di Indonesia umumnya ubi jalar banyak digunakan sebagai makanan snack, baik digoreng, direbus atau dikolak. Dewasa ini banyak dijual berbagai varitas ubi jalar. Ada yang dagingnya berwarna kuning, ungu tetapi ada yang putih. Ubi jalar itu dipromosikan sebagai obat tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan sebagainya.

Ubi merah tergolong bahan pangan sumber karbohidrat yang kadar lemaknya sangat rendah (0,7%). Berbeda dari jenis ubi yang lain, kandungan vitamin E dan mineral dalam ubi jalar lebih banyak. Kandungan mineral dan antioksidan (karotenoid dan vitamin H) yang tinggi menjadikan ubi jalar sebagai bahan pangan super. Yang paling baik khasiatnya adalah ubi yang dagingnya berwarna merah atau kuning. Warna kemerah-merahan yang cerah dari ubi menunjukan kandungan betakaroten yang tinggi.

Ubi merah tidak perlu dikupas sebelum dimasak, karena kulitnya sangat tipis dan dapat dilepaskan dengan mudah.

Manfaat ubi jalar untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah penyakit jantung, stroke, kanker dan katarak.

Tingginya kandungan betakaroten dalam ubi jalar hanya dapat ditandingi oleh wortel dan rumput laut. Bahan makanan dengan kandungan betakaroten tinggi yang juga disertai dengan kandungan vitamin C dan E apabila dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai secara teratur akan sangat membantu mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, beberapa jenis penyakit kanker dan katarak.

• Memelihara kesehatan kulit dan tingkat kesuburan pria.

Ubi dengan warna merah kekuningan ternyata mengandung vitamin E yang lebih tinggi dibanding bahan pangan berkadar lemak rendah yang lain. Vitamin E sangat baik bagi kesehatan termasuk kesehatan jantung, kesehatan kulit, mencegah beberapa jenis penyakit kanker dan katarak.

Di samping itu vitamin E juga berkhasiat memelihara kesuburan pria. Percobaan pada tikus menunjukkan hewan jantan yang diberi makanan dengan kandungan vitamin E rendah, sel-sel pembuat sperma pada tikus akan menjadi atropi, sehingga tidak dapat lagi menghasilkan sperma dan hewan ini menjadi mandul.

• Mengendalikan tekanan darah.

Kandungan Kalium yang tinggi dalam ubi jalar sangat berguna untuk pengendalian tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi bersamaan dengan mineral lain yaitu Kalsium dan Magnesium.

• Mencegah terjadinya anemia karena kekurangan zat besi.

Kurang darah (anemia) akibat kekurangan zat besi mudah sekali terjadi pada wanita terutama pada masa hamil. Ubi jalar merupakan bahan pangan sumber zat besi yang baik sekali digunakan untuk pencegah anemia gizi terutama bagi vegetarian. Lebih dari 25% wanita terutama di daerah pedesaan menderita anemia gizi akibat kekurangan zat besi.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: