Manfaat Selada Untuk Kesehatan

December 25, 2012

selada

Daun selada selain nikmat dimakan sebagai lalap, juga merupakan jenis sayuran dengan berbagai khasiat obat. Baik dalam daun maupun dalam biji selada terdapat lebih dari 70 macam senyawa aktif yang menjadikan selada sebagai sayuran dengan berbagai khasiat seperti meningkatkan produksi ASI, memelihara fungsi hati dan memperlancar kencing.

Dalam Heineman’s Encyclopedia disebutkan ada 4 jenis selada. Jenis pertama adalah selada bongkol (L.sativa var.capitata), yang daunnya melengkung disekitar poros tengahnya sehingga membentuk bulatan. Selada bongkol juga disebut kropsla. Salah satu jenis selada bongkol yang terkenal disebut ice berg yang daunnya berwarna hijau muda, membentuk bongkol yang kompak seperti kol dan karenanya juga disebut cabbage lettuce.

Jenis kedua adalah selada lembaran daun atau loosed leaf lettuce (L.sativa var.crispa) yang tidak membentuk bongkol. Disebut crispa karena daunnya yang jika dimakan terasa garing dan renyah. Jenis ketiga adalah selada cos atau romaine (L.sativa var.longifolia) yang daunnya panjang-panjang. Yang terakhir adalah jenis selada aspargus (L.sativa var.angustana). Berikut adalah kandungan zat gizi penting dalam daun selada.

Kandungan zat gizi dalam 100 gram daun selada :

– Energi (Kal.) 15
– Karotene (mcg) 355
– Asam folat (mcg) 55
– Ferrum (mg) 0,7
– Kalium (mg) 220
– Vitamin E (mg) 0,57
– Vitamin C (mg) 5

Lembar daun selada yang paling luar warnanya lebih hijau dan kandungan nutrisinya baik betakaroten maupun vitamin C dan vitamin E 30% lebih banyak dari daun yang berwarna putih yang ada di bagian dalam.

Manfaat daun selada untuk mengatasi berbagai penyakit

• Meningkatkan gairah seksual.

Daun selada juga berkhasiat merangsang gairah seksual. Dalam daun selada terdapat senyawa-senyawa seperti: interbium, triptofan, asam kafeat, asam aspartat, dan senyawa lain yang berkhasiat memicu gairah seksual. Mitos bahwa khasiat pemicu gairah seksual yang akan menjadi lebih besar jika daun selada dimakan sebagai lalap bersama sate kambing dengan bumbu kecap, bawang merah dan merica, masih memerlukan pembuktian.

• Sebagai penenang dan peredam rasa sakit.

Daun selada juga mempunyai khasiat sebagai penenang. Dalam Perang Dunia ke-2, jus daun selada diberikan kepada tentara yang luka parah sebagai penahan rasa sakit sebagai morfin namun kadarnya jauh lebih ringan. Di samping itu jus daun selada juga digunakan untuk meredam batuk sebagai pengganti codeine.

• Mencegah penyakit jantung, penyakit kanker dan katarak.

Kandungan betakaroten, vitamin C dan vitamin E yang tinggi dalam daun selada merupakan gabungan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung koroner, stroke dan katarak jika dimakan secara teratur dalam jumlah yang cukup. Penelitian terhadap 19 orang penduduk yang mengkonsumsi daun selada secara teratur menunjukan adanya hubungan dengan rendahnya resiko penyakit kanker pada mereka, terutama kanker lambung.

• Pencegah dan penyembuh anemia.

Selada jenis endevi merupakan sumber zat besi yang baik sekali untuk mencegah anemia gizi terutama pada wanita dalam masa hamil. Zat besi dan asam folat diperlukan untuk pencegah dan penyembuh anemia. Kedua zat itu banyak terdapat dalam berbagai jenis selada.

• Merangsang fungsi hati dan lambung.

Rasa agak pahit pada berbagai jenis selada seperti sawi putih, andevi, berkhasiat merangsang sekresi getah cerna dan fungsi hati. Secara tradisional daun selada digunakan untuk menyembuhkan penyakit encok dan rematik.

• Mengatasi stres akut.

Pada masa Perang Dunia ke-2, ramuan daun selada banyak digunakan untuk penenang dan untuk melancarkan pernafasan karena memberikan efek seperti kodein, tetapi dengan kekuatan yang lebih rendah. Ekstrak jus daun selada sering diberikan kepada prajurit yang terluka untuk menahan rasa sakit atau yang menderita batuk kronis.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: