Manfaat Pisang Untuk Perawatan Kecantikan

January 26, 2015

pisang untuk kecantikan

Pisang merupakan buah favorit yang dikonsumsi di hampir semua negara di dunia. Selain sebagai bahan pangan alami yang baik untuk kesehatan, buah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Pisang umumnya memiliki rasa yang manis, karena mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa. Buah yang digemari para atlet di dunia ini, juga mengandung banyak serat yang kaya akan energi. Pisang mengandung kalium, zat besi, Vitamin B6 dan B12, yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit seperti anemia, diare, dan baik untuk tulang, gigi, melancarkan peredaran darah, kesehatan lambung, dan pereda stres.

Pisang memberikan hampir semua nutrisi yang diperlukan kulit, sehingga baik untuk perawatan kecantikan. Pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Zat bernama tryptophan, dan asam amino yang baik bagi serotonin untuk meningkatkan mood, pisang juga sangat baik untuk rambut dan kulit. Kandungan kalium pada pisang bagus sebagai pelembab alami bagi kulit.

Kulit Pisang Pun Bermanfaat

Jangan terburu-buru membuang kulit pisang, karena kulit pisang juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah. Sama seperti buahnya, kulit pisang juga mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein serta serat yang tinggi.

Kulit pisang juga kaya akan antioksidan, juga mempunyai sifat antijamur dan antimikroba sehingga kulit pisang sering digunakan untuk mengatasi alergi, bengkak, gigitan nyamuk, iritasi kulit, dan mengatasi jerawat. Selain itu, kulit pisang juga ampuh untuk mengatasi kulit kering, gatal, hingga rambut pecah. Pisang juga bisa digunakan untuk menjaga rambut tetap lembab dan sehat.

Menggunakan kulit pisang untuk perawatan kecantikan cukup mudah. Pastikan untuk menggunakan kulit pisang segar yang belum berubah warna, hancurkan sedikit kulit pisang bagian dalam, lalu tempel dan gosokkan pada daerah yang bermasalah.

Perawatan Alami Dengan Pisang

Melembabkan dan melembutkan kulit kering. Pisang cukup efektif untuk melembabkan kulit. Caranya, lumatkan pisang di dalam mangkok, setelah itu balurkan pada area kulit yang kering lalu diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Kulit pun akan terlihat lembab dan halus.

Mengatasi kulit berminyak. Merawat kulit berminyak memang gampang-gampang susah, namun masker pisang dapat digunakan sebagai alternatif mengurangi minyak pada wajah secara alami. Caranya, lumatkan buah pisang, lalu campur dengan dua sendok perasan jeruk lemon. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin. Air perasan lemon yang bersifat asam akan membantu mengatasi minyak pada wajah, dan vitamin C pada buah pisang akan membantu mengurangi produksi minyak pada wajah.

Mengatasi rambut kering, gatal dan pecah-pecah bercabang. Sama seperti pada perawatan wajah, buah pisang juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Caranya, blender dan hancurkan satu buah pisang bersama buah alpukat, lalu tambahkan plain yoghurt. Setelah itu, balurkan sebagai masker rambut. Tutup selama 20 menit dengan handuk basah, kemudian bilas dengan air hangat dan bersihkan seperti biasa dengan sampo. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi kerut. Ramuan masker pisang, alpukat dan yoghurt tadi dapat juga digunakan untuk mencegah dan mengurangi kerutan pada wajah. Pisang dan alpukat mengandung vitamin E, yang sangat ampuh untuk mengatasi kerutan dan penuaan dini.

Mengangkat sel kulit mati. Masker pisang dapat menjaga kuli tetap halus. Caranya, lumatkan pisang dalam sebuah mangkok lalu campurkan satu sendok makan outmeal, dan satu sendok makan santan kelapa. Gunakan sebagai scrub wajah. Oatmeal akan membantu mengangkat sel kulit mati (sebagai scrub), dan santan akan membantu mencerahkan kulit wajah.

Mengatasi kantung mata. Setelah lelah bekerja seharian, timbul gurat hitam yang disertai kantung pada bawah mata. Hal itu biasa terjadi pada pekerja yang harus menghadapi komputer selama hampir sepuluh jam. Mengatasi kantung mata dengan pisang sangat efektif. Caranya pun mudah, hanya melumatkan buah pisang dan menempelkannya di bagian mata yang hitam dan berkantung. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Melembutkan tumit kasar dan pecah-pecah. Tekstur buah pisang yang lembut dapat juga digunakan untuk melembutkan tumit yang kasar dan pecah-pecah. Caranya, rendam kaki dalam air hangat yang dicampur garam aromatherapy. Setelah itu lumatkan satu buah pisang, lalu balurkan pada tumit yang kering kasar. Gosok dan pijat perlahan, diamkan selama 10 menit lalu bilas dan bersihkan. Lakukan sehari sekali untuk hasil yang maksimal.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: