Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Sumber Antioksidan

March 23, 2013

minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak tak jenuh tunggal (MUFA). Tidak banyak sumber MUFA yang tersedia di alam. Sumber MUFA yang paling populer adalah minyak zaitun (olive oil) dan minyak canola (canola oil). Sumber MUFA lainnya adalah alpukat, minyak wijen, biji rami, dan biji flax seeds.

Minyak zaitun populer sebagai minyak sehat karena MUFA yang dimilikinya. Minyak yang diperoleh dari hasil pengepresan biji buah zaitun ini disebut-sebut sebagai lemak paling sehat yang layak kita konsumsi karena memiliki berbagai macam keunggulan yang berguna bagi kesehatan. Minyak zaitun memiliki berbagai keunggulan, yakni:

– Mengandung omega-9 yang bersifat esensial bagi tubuh.
– Mengandung tokoferol dan poli fenol yang berkhasiat sebagai antioksidan.
– Berkhasiat sebagai antiinflamasi.

Asam lemak esensial yang terdapat pada lemak tak jenuh tunggal ini dapat dimanfaatkan tubuh tanpa harus melalui reaksi enzimatis yang panjang, MUFA juga merupakan antioksidan yang andal. MUFA bermanfaat untuk mengangkut vitamin dan mineral, menurunkan tekanan darah, dan melindungi kita dari penyakit diabetes, jantung koroner, dan radang sendi.

Minyak zaitun sebagai sumber antioksidan antikanker

Diet bangsa-bangsa yang bermukim di kawasan mediteranian disebut banyak ahli sebagai pola diet sehat. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi minyak zaitun sebagai sumber lemak sehat dalam diet harian mereka. Niki Kontu, dkk., (2011) dalam kesimpulan studi epidemiologinya menyebutkan bahwa pola diet mediteranian berdampak positif pada penurunan risiko kanker. Sejumlah ahli lain menyatakan bahwa khasiat antioksidan yang dimiliki minyak zaitun berperan positif untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka sehingga terhindar dari kanker.

Kinerja antioksidan minyak zaitun

Dalam menjalankan aktivitasnya, minyak zaitun bermanfaat untuk melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang larut dalam lemak. Darah yang mengandung MUFA akan menghambat pembentukan LDL teroksidasi yang berpotensi merusak pembuluh darah. Selain itu, omega-9 yang dikandungnya mampu mereduksi aneka macam radikal bebas larut dalam lemak yang memapar lever dan berpotensi merusak pembuluh darah. Karena keunggulan yang dimiliki itulah, maka konsumsi minyak zaitun sangat bermanfaat untuk melindungi lever dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: