Manfaat Minyak Wijen Sebagai Sumber Antioksidan

March 29, 2013

minyak wijen

Biji wijen merupakan sumber lemak esensial yang memiliki beragam manfaat. Asam esensial yang dikandungnya juga berkhasiat sebagai antioksidan. Seperti juga biji wijen, minyak wijen banyak mengandung vitamin H dan beta-karoten yang efektif sebagai sumber antioksidan eksogen.

Minyak wijen adalah satu-satunya minyak yang kaya lignan, di antaranya ada sesamin, sesamiol, sesamolin, sesamol, sesamol, sesamolinol. Senyawa-senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan peroksida lipid. Secara khusus, lignan juga dapat memperkuat aktivitas antioksidan vitamin F. Senyawa ini juga mampu mendaur ulang vitamin E yang sudah digunakan oleh tubuh menjadi vitamin E yang kembali aktif.

Sesuai dengan kinerjanya sebagai antioksidan larut dalam lemak, minyak wijen sangat bermanfaat jika kita gunakan sebagai pelindung radikal bebas yang menyerang jaringan berlemak. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk menghalangi dampak buruk peroksida lipid yang banyak mengendap di lever, maka konsumsi minyak wijen dapat memberi perlindungan pada lever kita. Efek perlindungan pada lever memberi manfaat bagi tubuh secara menyeluruh, mengingat organ terbesar dari tubuh kita ini memiliki beban pekerjaan. Lever yang tidak tercemar oleh toksin dan radikal bebas akan menjalankan fungsinya dengan baik, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas kesehatan kita secara menyeluruh.

Minyak wijen termasuk minyak nabati yang bermutu. Minyak tropis ini memiliki titik asap yang cukup tinggi (sekitar 190°C), maka dapat kita gunakan untuk memasak. Kita pun dapat menggunakan minyak wijen untuk menumis asal tidak kita panaskan pada suhu yang terlalu tinggi hingga membentuk asap.

Minyak wijen yang paling baik adalah minyak wijen murni (Virgin Sesame Oil: VSO). Minyak tersebut dihasilkan dengan cara pengepresan biji wijen pada suhu rendah, maka kemurnian zat yang dikandungnya relatif terjaga. Minyak wijen jenis ini termasuk dalam pangan fungsional (neutraceutical oil) yang termasuk dalam golongan suplemen.

Di pasaran minyak wijen murni sulit kita peroleh. Minyak wijen yang banyak di pasaran adalah minyak wijen yang dipres dengan suhu tinggi dan telah dipanaskan saat ditambah rempah rempah. Minyak wijen jenis ini tidak memberi manfaat banyak sebagai antioksidan. Bahkan, jika Anda memanaskannya kembali kembali dengan suhu tinggi, maka akan menghasilkan radikal bebas. Minyak wijen yang demikian hanya dianjurkan untuk menambah masakan yang siap disantap.

Jika Anda kesulitan untuk memperoleh VSO, Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi biji wijen. Biji wijen kering dapat diolah menjadi aneka hidangan lezat sesuai selera Anda. Samber wijen dan aneka kue wijen adalah sumber antioksidan pengganti VSO.

Pengurangan konsumsi lemak trans merupakan upaya untuk mengurangi beban pekerjaan antioksidan yang tersedia di dalam tubuh kita untuk mereduksi radikal bebas.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: