Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

June 24, 2013

minyak kelapa

Minyak kelapa seringkali disebut sebagai minyak paling menyehatkan di muka bumi. Namun sebelumnya selama bertahun-tahun, minyak kelapa memiliki reputasi tidak menyehatkan karena kandungan lemak saturasinya yang tinggi.

Bagaimana Minyak Kelapa Memperoleh Reputasi Buruk?

  • Minyak kelapa merupakan minyak jenuh. Minyak jenuh dianggap dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan penyakit jantung.
  • Sebuah penelitian yang dilakukan 40 tahun lalu memverifikasi pernyataan tersebut. Ya, minyak kelapa memang meningkatkan penderita penyakit jantung.
  • Di iklim tropis seperti Polinesia, Sri Lanka, dan Yukatan dimana mereka menerapkan diet ketat terhadap minyak kelapa, orang-orang nampak lebih sehat, sedikit yang memiliki penyakit jantung, kanker, dan masalah dengan usus besar dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi lemak jenuh.

Tapi, satu hal yang tidak diperhitungkan pada saat penelitian tersebut adalah penelitian dilakukan pada kelapa hidrogenasi. Permasalahan dengan kelapa hidrogenasi telah didokumentasikan oleh sejumlah penelitian. Bahkan teori dasar lemak jenuh pun sekarang sedang dikaji ulang. Saat ini telah menjadi fakta bahwa ada kolesterol baik dan ada pula lemak jenuh baik.

Mengutip perkataan Dr. Mary Enig: “Penelitian yang dilakukan lebih dari 4 dekade terhadap minyak kelapa untuk diet dan penyakit jantung cukup jelas: minyak kelapa memiliki dampak positif bagi kesehatan.” Selain itu, minyak kelapa telah digunakan di seluruh penjuru Asia dan Pasifik selama ribuan tahun sebagai makanan dan obat.

Sekarang kita tahu bahwa minyak kelapa berbeda dari lemak secara umum dan minyak kelapa baik untuk kita. Berikut kami susun sebuah daftar yang berisikan 12 manfaat kesehatan terpenting dari minyak kelapa.

Manfaat Minyak Kelapa Muda Untuk Kesehatan

  1. Menstimulasi tiroid: penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mengandung rangkaian asam lemak medium yang menstimulasi metabolisme, memberikan anda energi lebih banyak.
  2. Mengontrol candida: minyak kelapa memiliki kandungan asam caprylic yang cukup baik untuk mengurangi candida berlebih dengan menyingkirkan bakteri yang berbahaya.
  3. Menurunkan kolesterol: minyak kelapa kaya akan asam lauric yang melindung jantung anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.
  4. Membantu menurunkan berat badan: berikut ini merupakan fakta menarik mengenai minyak kelapa; meskipun minyak kelapa adalah lemak, namun minyak kelapa membantu menurunkan berat badan! Rangkaian asam lemak medium yang menyehatkan tidak bersirkulasi di aliran darah seperti lemak lain; tapi mereka dikirim langsung ke hati dan diubah menjadi energi. Tubuh tidak menyimpan lemak dalam minyak kelapa seperti lemak pada umumnya; namun digunakan untuk menghasilkan energi.
  5. Mengontrol diabetes: minyak kelapa tidak menghasilkan insulin berlebih di aliran darah anda. Sebaliknya, minyak kelapa membantu mengontrol gula darah dengan memperbaiki sekresi insulin. Catatan: hal ini bukan berarti anda bebas mengkonsumsi banyak gula dan karbohidrat lain.
  6. Mengurangi risiko penyakit jantung: penelitian terhadap orang-orang yang hidup di Kepulauan Pasifik menunjukkan bahwa total asupan kalori mereka berasal dari 30 hingga 60 persen minyak kelapa jenuh. Penghuni kepulauan tersebut hampir tidak memiliki penyakit jantung.
  7. Penyakit mal-absorbsi gastrointestinal: dengan menggabungkan suplemen vitamin E dan minyak kelapa melalui kulit telah terbukti menjadi alternatif yang baik bagi pengidap penyakit mal-absorbsi gastrointestinal. Penelitian di Kanada pada tahun 1999 oleh Universitas Western Ontario.
  8. Menunjang sistem kekebalan tubuh: minyak kelapa kaya akan asam lauric, nutrien yang menunjang sistem kekebalan tubuh.
  9. Baik untuk kulit: jika minyak kelapa diaplikasikan pada bagian luar tubuh, minyak kelapa akan membentuk lapisan anti-bakteri protektif yang melindungi tubuh yang terinfeksi. Minyak kelapa juga membantu mempercepat proses penyembuhan memar dengan memperbaiki jaringan yang rusak.
  10. Menjaga kesehatan otak: penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memperbaiki fungsi kognitif, dan menghambat, atau bahkan membalikkan,penyakit neurodegenerative tahap awal.
  11. Pengobatan tradisional: minyak kelapa telah menjadi bagian dari pengobatan Ayurveda selama lebih dari 5.000 tahun di India.
  12. Mempercepat proses pemulihan: penduduk Panama meminum segelas minyak kelapa untuk melindungi mereka dari penyakit. Minyak kelapa juga dipercaya untuk mempercepat proses pemulihan dari penyakit.

“Sekitar 50% dari asam lemak yang ada dalam kelapa adalah asam lauric. Asam lauric merupakan rangkaian asam lemak medium, yang memiliki manfaat tambahan untuk berubah menjadi monolaurin dalam tubuh manusia atau binatang. Monolaurin adalah anti-viral, anti-bakteri, dan anti-protozoa monogliserida yang digunakan oleh manusia atau binatang untuk memusnahkan virus lipid seperti HIV, herpes, cytomegalovirus, influenza, berbagai bakteri patogenik” berdasarkan penelitian oleh Dr. Mary Enig.

Fakta Menarik

Minyak tak jenuh yang ada di dalam makanan yang dimasak akan berubah menjadi buruk dalam beberapa jam, bahkan jika disimpan di dalam lemari es. Setelah lemak tak jenuh masuk ke dalam tubuh, mereka beroksidasi. Minyak kelapa tidak berubah bahkan setelah satu tahun pada suhu kamar. Kebanyakan lemak jenuh dalam minyak kelapa mudah dicerna dan diubah menjadi energi dengan cepat.

Kandungan Nutrisi Minyak Kelapa

  • Merupakan sumber kaya asam lauric yang melindungi jantung anda dengan mengurangi kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Memiliki vitamin dan mineral dalam dosis kecil.
  • Choline merupakan salah satu nutrient yang melimpah (0,3 mg per 100 gram oil).
  • Vitamin E (0.9 mg per 100 gram oil) dan vitamin K (0.5 mcg per 100 gram oil). Kedua vitamin tersebut sangatlah penting bagi kesehatan kardiovaskular.
  • Mengandung zat besi dalam dosis kecil.

Berapa banyak minyak kelapa yang perlu dikonsumsi?

Dosis terapi adalah 3 sampai 4 sendok makan setiap hari untuk menyediakan cukup asam lauric untuk membangun kekebalan tubuh. Jumlah yang cukup banyak! Jadi jika anda ingin mengurangi berat badan, mungkin dosis tersebut terlalu berlebih.

Peringatan

Minyak kelapa merupakan lemak; 1 sendok makan mengandung 120 kalori jadi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi secukupnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan tanpa menambah berat badan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: