Manfaat Minum Kopi dan Efek Negatifnya yang Perlu Anda Tahu

December 11, 2016

minum kopi

Ratusan juta orang minum kopi setiap harinya, dan peminum kopi biasanya bertanya, “Apakah kopi baik untuk Anda?”

Jawabannya, adalah ya dan tidak. Ada banyak penelitian akhir-akhir ini pada kopi, dan kopi merupakan salah satu minuman paling populer di seluruh dunia saat ini. Seberapa populer? Menurut survei National Coffee Association, 83 persen orang dewasa Amerika minum kopi setiap hari, dan sesuai dengan hasil survei 2015 dari Zagat Coffee, rata-rata peminum kopi Amerika minum 2,1 cangkir kopi setiap harinya, yang meningkat seiring dengan usia.

Jadi apakah fakta dibalik nutrisi kopi? Mari kita mengeksplorasi mengapa kopi dapat membawa kebaikan untuk anda, sekaligus juga mengapa bisa berdampak buruk bagi anda.

Manfaat Minum Kopi

1. Tinggi Antioksidan

Sebagai permulaan, salah satu manfaat minum kopi yang terbesar adalah kopi mengandung sejumlah besar antioksidan. Di seluruh dunia saat ini terkena toksisitas (keracunan) dalam tingkat tinggi, apakah itu polusi air, polusi udara atau tabir surya yang beracun misalnya.

Antioksidan melawan keracunan ini dan benar-benar dapat membantu memperlambat proses penuaan. Faktanya, kopi dianggap sebagai minuman No 1 untuk efek anti-penuaan. Mereka juga dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, dan kopi sebenarnya adalah salah satu dari lima makanan dengan antioksidan tertinggi di dunia saat ini. Bahkan, penelitian menunjukkan kopi mungkin berisi lebih banyak antioksidan polifenol dibanding kakao, teh hijau, teh hitam dan teh herbal – dan kopi menyediakan 70 persen dari jumlah total antioksidan penting dalam diet banyak orang.

2. Melindungi Liver

Satu lagi manfaat minum kopi adalah meningkatkan sirkulasi dan dapat merangsang hati. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi terhadap penyakit hati akibat alkohol. Ada penurunan 20 persen pada sindrom hati alkoholik untuk setiap cangkir kopi sehari dari peserta.

3. Membantu Aktivitas Fisik

Sedang mencari cara untuk meningkatkan kinerja fisik anda dan mendapatkan dorongan tenaga untuk berolahraga? Nah, meningkatkan kinerja fisik dan daya tahan adalah satu lagi manfaat minum kopi. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan di Sports Medicine menunjukkan bahwa kopi meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kinerja mental dan fisik dalam jangka pendek. Kopi tidak selalu meningkatkan kapasitas oksigen secara langsung tetapi memungkinkan atlet untuk berlatih pada tenaga yang lebih besar dan lebih lama. Minum kopi telah ditunjukkan dapat meningkatkan kecepatan dan / atau output tenaga dalam simulasi balapan dalam penelitian ini.

Studi lain yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menemukan bahwa konsumsi dosis kafein yang cukup tinggi sebelum latihan – seperti kopi – meningkatkan pengeluaran energi pasca-latihan atau yang disebut “afterburn effect.”

4. Mendukung Fungsi Kognitif

Manfaat minum kopi lainnya yang tak kalah penting adalah kopi telah diperlihatkan dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang mendukung fungsi kognitif. Selain itu, konsumsi kopi dan kafein bekerja sebagai pengobatan alami penyakit Alzheimer, selain gangguan otak lainnya.

Dalam sebuah studi hewan yang dilakukan oleh Florida Alzheimer’s Disease Research Center, tikus diberikan kafein dalam air minum mereka dari usia dewasa muda hingga usia yang lebih tua menunjukkan perlindungan terhadap gangguan memori dan tingkat protein abnormal otak yang lebih rendah, yang diduga menjadi pusat perkembangan penyakit Alzheimer.

Risiko Minum Kopi

Walaupun ada banyak manfaat minum kopi, namun ada efek negatifnya juga.

1. Ketergantungan Kafein

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat memiliki efek samping adiktif, yang mengarah pada overdosis kafein. Bahayanya adalah dapat merangsang tubuh secara berlebihan, membakar kelenjar adrenalin anda dan benar-benar membebani tubuh anda – dan ketika anda tidak mendapatkan kafein, itu mengarah pada sakit kepala, gelisah, lekas marah, sulit berkonsentrasi, kelelahan, masalah pencernaan dan perubahan nafsu makan. Itu termasuk kelelahan adrenalin.

Diperkirakan bahwa 80 persen orang akan menderita dari berbagai bentuk kelelahan adrenalin suatu saat dalam kehidupan mereka. Jika seseorang sedang berjuang dengan kelelahan kronis secara teratur atau terkena masalah tiroid, masalah adrenalin atau masalah hormonal, minum kopi benar-benar dapat memperburuk keadaan. Kafein adalah hal yang menyebabkan masalah dari kopi, karena dapat menjadi stimulan adiktif dan membakar kelenjar adrenalin.

Apakah anda berpikir anda diciptakan untuk bergantung pada stimulan sepanjang waktu? Tentu saja tidak. Jadi jika anda memiliki masalah adrenalin, tiroid, hormon atau memiliki penyakit kronis – anda sebaiknya menjauhi kopi dan minuman berkafein lainnya.

Tapi jika anda sehat – anda minum kopi sekedar ingin mendukung otak anda dan anda tidak memiliki penyakit autoimun atau masalah tiroid maupun adrenalin – mengkonsumsi kopi dalam jumlah moderat akan baik-baik saja dan bahkan baik untuk kesehatan anda.

2. Dapat Merubah Mood dan Meningkatkan Kecemasan

Karena kopi mengandung kafein, yang merupakan zat yang dapat mengubah suasana hati dan fisiologi, ada beberapa kelemahan dan risiko yang terkait dengan minum kopi. Kafein dalam kopi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hormon, fungsi neurotransmitter, sinyal saraf dan otot. Hal ini terutama berlaku jika anda memiliki kondisi kesehatan, seperti kecemasan, masalah jantung atau diabetes.

Jika anda menderita stress yang berkelanjutan dan masalah dengan kegelisahan, cara alami yang bisa dilakukan adalah menghindari kafein, selain gula dan stimulan lainnya (Baca juga artikel 100 Cara Sederhana Mengatasi Stress).

Apakah Efek Positif Minum Kopi Lebih Besar dari Efek Negatifnya?

Hal terbaik untuk mengkonsumsi kopi adalah di pagi hari atau sebelum makan siang, karena jika anda mulai minum di sore hari atau terutama di malam hari, efek kafein dalam kopi akan mempengaruhi tubuh anda selama kurang lebih 12 jam. Jadi jika anda mengkonsumsinya di sore hari, pasti bisa mempengaruhi siklus tidur anda malam itu. Banyak orang yang minum kopi pada akhir hari berdampak pada kesulitan tidur, dan kualitas tidur mereka secara keseluruhan akan berdampak negatif.

Jadi benarkah efek positif minum kopi lebih besar dari efek negatif? Hal ini benar-benar tergantung pada tubuh anda dan jika anda memiliki salah satu dari kondisi kesehatan diatas, kopi dapat berakibat lebih buruk.

Kopi bisa menjadi baik bagi mereka yang tidak memiliki banyak masalah dengan mengkonsumsinya. Namun, pastikan untuk membeli kopi alami yang organik jika anda akan mengkonsumsinya. Mengapa? Karena kopi adalah salah satu tanaman yang paling banyak disemprot dengan pestisida di seluruh dunia saat ini. Dan jika kopi terlalu banyak risiko atau anda sedang mencari pilihan yang sedikit lebih sehat – pilihlah teh herbal sebagai gantinya.

Demikian artikel tentang manfaat minum kopi beserta efek negatif yang menyertainya, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

Previous post:

Next post: