Manfaat Kol Putih dan Kembang Kol Untuk Kesehatan

December 20, 2012

kembang kol

Kol putih dan berbagai jenis kol lain seperti kol merah, kembang kol tergolong sayuran superfoods dari jenis cruciferous. Dari berbagai hasil penelitian terbukti sayuran jenis kol ini banyak manfaat bagi kesehatan terutama sebagai bahan makanan pencegah penyakit (protective foods). Selain kaya berbagai vitamin, mineral dan serat juga mengandung berbagai senyawa fitokimia yang berkhasiat pencegah dan penyembuh beberapa jenis penyakit. Berikut ini kandungan zat gizi penting dalam beberapa jenis kol.

Kandungan zat gizi dalam setiap 100 gram kol mentah :

- Energi (Kal) 24
- Vitamin (B mg) 0,06
- Betakaroten (meg) 385
- Kalsium (mg) 46
- Folate (meg) 75
- K (mg) 270
- Vitamin C (mg) 50
- Vitamin E (mg) 0,2

Jus daun kol putih secara tradisional telah digunakan sebagai obat untuk penyembuh berbagai jenis radang usus. Khasiat jus daun kol putih itu telah diujikan pada sejumlah sukarelawan penderita radang saluran pencernaan (ulcus) dan hasilnya ternyata benar. Penderita diberi segelas jus daun kol putih segar antara 2 sampai 3 kali sehari selama 2 minggu. Khasiat itu diperkirakan oleh adanya s-methylcystine sulphorida yang berperan sebagai antimikroba.

Kembang kol tergolong jenis sayuran yang berkhasiat melindungi dan mencegah penyakit kanker. Adanya senyawa sulphoraphane berkhasiat melindungi tubuh dengan meningkatkan enzim pelindung terhadap penyakit kanker. Di samping itu senyawa indole-3-carbinol (I-3-C) berfungsi menurunkan kadar estrogen sebagai penyebab penyakit kanker dalam tubuh.

Manfaat kol putih dan kembang kol untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah penyakit kanker.

Hasil penelitian menunjukkan penduduk yang secara teratur mengkonsumsi kol atau sayuran jenis cruciferous lainnya, memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit kanker. Adanya senyawa indole-3-carbinol dalam sayuran cruciferous yang mencegah terbentuknya hormon estrogen dalam tubuh menjadikan jenis sayuran itu berkhasiat mencegah kanker terutama kanker payudara dan prostat.

• Mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis sayuran cruciferous juga kaya akan antioksidan berupa vitamin C vitamin E dan betakaroten dan asam folat. Kandungan senyawa antioksidan yang tinggi ini menjadikan berbagai jenis kol berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

• Mempercepat penyembuhan ulcus dan menyehatkan saluran pencernaan.

Telah dikemukakan jus daun kol mentah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati radang lambung dan telah dibuktikan melalui pengujian terhadap sejumlah sukarelawan. Khasiat itu disebabkan oleh adanya senyawa s-methylcystine sulphorida. Jus daun kol lebih baik dari daun kol mentah.

• Menyembuhkan radang buah dada (mastitis).

Daun kol putih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan radang buah dada (mastitis). Daun kol yang muda dan lunak dihaluskan dan ditempelkan pada payudara yang bengkak.

Khasiat kol tidak berbeda baik dimakan mentah atau dimasak atau dibuat menjadi asinan atau sauerkraut. Mengkonsumsi kol 2-3 kali seminggu sangat dianjurkan. Jika daun kol dimakan dalam keadaan mentah, zat gizi dan senyawa lain didalamnya masih utuh termasuk senyawa antioksidan.

Perhatian: Karena kol menghambat penyerapan Yodium, konsumsi kol lebih dari tiga kali seminggu, harus dibarengi dengan konsumsi bahan pangan yang kaya akan Yodium seperti ikan laut, rumput laut dan sebagainya.

Source : dari berbagai sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Previous post:

Next post: