Manfaat Kentang Untuk Kecantikan

January 16, 2015

manfaat kentang untuk kecantikan

Kentang untuk perawatan kecantikan? Mungkin terdengar aneh. Kentang memang dikenal sebagai bahan makanan. Bahkan di beberapa negara kentang dikenal sebagai bahan makanan pokok. Kentang memang memiliki sumber energi yang baik jika dikonsumsi, namun bagaimana penggunaannya untuk kecantikan?

Manfaat kentang untuk kecantikan cukup beragam. Jadi tidak heran bila banyak yang menyukai memakai kentang sebagai masker. Tak hanya itu, tidak sedikit pula produk-produk kecantikan yang terbuat dari ekstrak kentang. Kandungan nutrisi yang beragam membuat kentang kerap dijadikan bahan-bahan untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Khasiat kentang yang paling terkenal adalah menyamarkan kantung mata akibat kelelahan atau kurang tidur. Kentang mengandung berbagai macam mineral, seperti sulfur, kalium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan wajah. Kandungan mineral tersebut mampu menstimulus kolagen dan elastin yang bisa membuat kulit terasa lebih kencang dan awet muda. Dalam kentang juga terdapat vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan polifenol yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah.

Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Kentang mengandung banyak khasiat yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti mengurangi lingkar hitam pada mata, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini dan mengatasi keriput. Selain itu melakukan perawatan kulit dengan menggunakan kentang cukup mudah, terjangkau dan aman untuk dilakukan di rumah.

Menggunakan kentang untuk perawatan kecantikan, tidak berbeda dengan bahan alami lain. Kentang dapat diparut untuk dijadikan masker atau diambil sarinya (air perasannya dan dapat digunakan sebagai toner). Berikut ini cara mengatasi berbagai masalah kulit dengan kentang.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kentang memiliki kandungan yang efektif untuk menghilangkan lingkar hitam dibawah mata. Caranya dengan menggunakan sari kentang. Kupas kentang, hancurkan atau blender dengan menggunakan sedikit air, lalu saring. Celupkan kapas dan letakkan pada area mata lalu diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mengurangi Keriput

Seiring dengan bertambahnya usia dan faktor dari luar seperti polusi dan paparan sinar ultra violet menyebabkan proses metabolisme tubuh melambat, sehingga membuat kulit mengalami penuaan dini akibat berkurangnya produksi kolagen pada lapisan kulit. Kentang dapat memacu metabolisme sel untuk mengembalikan elastis pada kulit, memperlambat proses penuaan dini hingga mengurangi kerutan. Gunakan kentang sebagai masker, caranya dengan memarut kentang dan mencampurkannya dengan dua sendok teh madu. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mencerahkan Kulit

Sering terpapar matahari dan polusi menyebabkan kusam pada kulit. Kentang bisa membantu untuk mencerahkan kulit yang kusam. Zat polifenol pada kentang membantu mencerahkan wajah. Gunakan masker kentang yang dicampur dengan madu dan sedikit air perasan jeruk lemon untuk mengembalikan warna cerah kulit anda.

Mengatasi Kulit Kering

Kentang memiliki kadar air tinggi yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit wajah. Gunakan masker kentang yang dicampur dengan yoghurt dan madu untuk mendapatkan kelembaban yang sempurna. Diamkan masker 10-20 menit dan bilas dengan air hangat. Akan lebih efektif jika dilakukan dua hari sekali.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Kentang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah dan meremajakan kulit. Gunakan kentang sebagai masker, dapat dicampur dengan oats dan susu. Diamkan masker selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, cara ini dapat dilakukan dua hari sekali.

Sebagai Pembersih Wajah

Kentang sangat efektif digunakan sebagai toner atau pembersih wajah. Potong kentang dan mentimun berbentuk dadu, lalu blender keduanya hingga halus. Saring kentang dan mentimun yang telah di blender tadi dan ambil sarinya. Selanjutnya tambahkan satu sendok teh baking soda, usapkan pada wajah sebagai penyegar, diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Khasiat Kentang Untuk Rambut

Kentang dapat menyehatkan rambut. Hal tersebut menjadi bonus tambahan menggunakan perawatan dengan kentang. Selain menyehatkan rambut, vitamin E dan C pada kentang juga dapat merawat dan mempercantik rambut anda. Berikut ini adalah tips melakukan perwatan menggunakan kentang.

Menyehatkan Rambut

Melakukan perawatan rambut dengan kentang sebetulnya tidak jauh berbeda dengan merawat kulit wajah. Masker yang digunakan untuk wajah bisa digunakan untuk masker rambut. Caranya, air perasan kentang yang telah diblender dicampur dengan air perasan jeruk lemon, lalu bisa ditambahkan yoghurt tawar.

Cara menggunakannya, pertama basahi rambut terlebih dahulu lalu balurkah masker tadi pada rambut sampai ke kulit kepala dan pijat. Setelah itu tutup dengan handuk dan biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini cukup satu minggu sekali.

Untuk Rambut Rontok

Untuk memerangi rambut rontok, masker rambut yang terdiri dari kentang, lidah buaya dan madu sangatlah cocok. Caranya, campur 2 sendok makan sari kentang, dengan 2 sendok makan lidah buaya dan 1 sendok makan madu.

Oleskan campuran ini hingga kulit kepala dan pijat. Setelah itu tutup dengan handuk dan biarkan selama satu jam. Selanjutnya bilas dan cuci bersih. Lakukan perawatan ini cukup satu minggu sekali.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: