Manfaat Kentang Sebagai Sumber Antioksidan

December 15, 2012

manfaat kentang

Selama ini orang beranggapan bahwa makanan yang kaya antioksidan adalah makanan yang kaya warna cerah saja. Faktanya, makanan pucat seperti kentang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kentang termasuk sumber antioksidan. Umbi dari tanaman semusim yang hidup di dataran tinggi ini mengandung glutathione yang cukup banyak. Glutathione adalah antioksidan larut dalam air yang berguna sebagai antioksidan alami. Selain itu, keberadaannya juga sangat penting untuk menjaga kadar fungsional vitamin A, vitamin C, dan vitamin F. sebagai antioksidan sekunder.

Bagian yang banyak mengandung antioksidan adalah kulitnya. Kulit kentang banyak mengandung quercetin, dan asam klorogenat yang bertindak sebagai reseptor radikal bebas yang andal. Studi biokimia yang dilakukan oleh Al Shaikh dari Departemen Hortikultura Universitas Texas di Amerika Serikat menyatakan bahwa kentang memiliki antioksidan yang sangat tinggi dengan nilai TROI.OX sebesar 68.7. Jauh lebih unggul dibanding bawang bombay 24.7 dan wortel segar 31.8 yang selama ini dikenal sebagai antioksidan unggul.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: