Manfaat Kelor Untuk Kecantikan

August 22, 2015

kelor

Pohon kelor bukan hanya banyak manfaatnya untuk kesehatan dan sebagai bahan pangan kaya nutrisi. Kelor juga sering dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Di beberapa negara ekstrak kelor telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk berbagai masalah kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kecantikan adalah kulit batang, daun, bunga dan biji.

Manfaat Minyak Biji Kelor

Biji kelor didapat dari polong kelor yang telah mengering. Minyak yang diekstrak dari biji kelor memiliki banyak pemanfaatan untuk kecantikan. Di beberapa negara, minyak kelor disebut juga ‘Ben oil’ karena memiliki kadar asam behenat (behenic acid) yang tinggi.

Minyak biji kelor cukup populer digunakan pada industri kosmetik terutama di Amerika, Eropa dan Filipina. Diketahui ada beberapa brand besar produk kosmetika menggunakan minyak kelor sebagai bahan baku produknya. Terutama produk perawatan kulit seperti krim antiaging, krim antikerut, produk perawatan rambut, facialfoam, lotion, minyak aromaterapi, krim pencerah hingga deodoran.

Minyak kelor kaya dengan antioksidan yang juga bertindak sebagai pengawet alami, sehingga sangat stabil, tidak mudah tengik, dan tahan hingga lima tahun. Minyak ini kaya dengan nutrisi seperti asam palmitoleat, asam oleat, dan asam linoleat, serta vitamin A dan vitamin C. Zat-zat antioksidan membantu meremajakan dan mengembalikan vitalitas kulit serta mencegah penuaan dini. Sedangkan asam oleat merupakan asam lemak tak jenuh yang bisa menyerap hingga ke lapisan dalam kulit dan membawa nutrisi yang dibutuhkan kulit. Asam oleat juga membantu mempertahankan kelembaban serta melindungi kulit dari polusi dan sengatan sinar matahari.

Manfaat Daun Kelor

Seperti bagian biji, daun kelor juga kaya dengan nutrisi yang penting bagi kulit. Mengutip Stylecraze.com, daun kelor mengandung nutrisi seperti, kalsium, dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga memiliki pelembab alami dan memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit (cleansing) yang cukup efektif.

Daun kelor memiliki lebih dari 30 zat antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Daun kelor juga kaya akan mineral dan asam amino yang membantu membentuk kolagen dan protein keratin yang penting bagi jaringan kulit juga kulit kepala. Oleh karena itu daun kelor juga kerap digunakan untuk menyuburkan rambut. Vitamin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Daun kelor merupakan sumber vitamin yang baik, antara lain vitamin A, B, C, D, E.

Manfaat Bunga Kelor

Bunga kelor memiliki bentuk yang tidak terlalu besar, berwarna putih susu dengan benang sari berwarna kuning, selain itu bunga kelor juga memiliki bau yang harum.

Selain untuk bahan baku obat, bunga kelor lebih sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan parfum, cologne, minyak rambut, hingga minyak aromaterapi. Seperti dikutip themoringa.com, bunga kelor juga mengandung asam oleat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik disuling menjadi minyak.

Menurut pengalaman para pelaku industri parfum, minyak bunga kelor memiliki kemampuan untuk menyerap dan mempertahankan aroma. Untuk memproduksi parfum bunga kelor, biasanya para produsen memperlakukan proses pembuatannya secara khusus, yaitu dengan metode yang disebut enfleurage. Enfleurage adalah metode tradisional ekstraksi minyak atsiri, yang digunakan untuk menghasilkan aroma bunga yang tidak terlalu tajam.

Memanfaatkan Kelor Untuk Kecantikan

Kelor sering ditemui dan banyak tumbuh di Indonesia. Memanfaatkan daun kelor untuk kecantikan bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami yang bisa dilakukan di rumah. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda juga bisa memanfaatkan daunnya secara langsung, seperti beberapa tips dari beautyandgroomingtips.com berikut ini.

Pertama, buatlah pasta daun kelor. Pilihlah daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya. Haluskan daun kelor dengan sedikit air dengan perbandingan 10 :1 hingga menjadi pasta.

Pasta daun kelor bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es, dan bisa diaplikasikan dengan menambahkan bahan-bahan lain, seperti menambahkan oat untuk dijadikan masker.

Menghilangkan Noda Hitam/Flek Pada Wajah

Campurkan dua sendok makan pasta kelor dengan madu lalu balurkan pada wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu cuci dengan air dingin sampai bersih. Lakukan setiap 2 hari sekali atau seminggu dua kali selama satu bulan. Perlahan noda dan flek pada wajah akan berkurang dan wajah menjadi lebih cerah.

Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

Untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe, campurkan lima sendok makan daun kelor dengan dua sendok makan garam, lalu balurkan pada area kulit kepala dan pijat memutar, lalu diamkan beberapa menit kemudian bilas rambut dengan shampo. Lakukan selama dua hari sekali.

Scrub Kelor (Mengangkat Sel Kulit Mati)

Untuk membersikan tubuh dan mengangkat sel kulit mati, scrub kelor bisa menjadi pilihan. Campurkan dua 5 sendok makan pasta kelor dengan 8 sendok makan garam, tambahkan 3 tetes minyak aromaherapi, aduk rata. Balurkan pada permukaan lengan, punggung atau bagian lain yang diinginkan lalu gosok perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan selama lima menit dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan seminggu sekali.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: