Manfaat Kayu Manis Untuk Kecantikan

September 9, 2015

kayu manis untuk kecantikan

Kayu manis telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia terutama di Asia. Selama berabad-abad pula kayu manis sudah dikenal manfaatnya untuk kulit. Minyak esensial dari kayu manis digunakan untuk aromaterapi dan minyak pijat untuk menyembuhkan arthritis.

Menurut ACS Publication, kayu manis memiliki sifat antibakteri, dan baik untuk mencegah masalah kulit seperti gatal-gatal dan jamur. Komponen antibakteri dalam kayu manis antara lain dalam minyak atsiri yang mengandung senyawa sinamaldehid (cinnamaldéhyde), serta senyawa polifenol yaitu proantosianidin (proanthocyanidin).

Selain mengatasi jamur dan infeksi, masih ada manfaat lain kayu manis untuk kecantikan kulit. Dilansir Everydayhealth.com, Keri Glassman, seorang ahli gizi sekaligus penulis buku ‘The o2 Diet’ mengatakan bahwa satu sendok teh kayu manis bubuk, memiliki antioksidan lebih banyak daripada satu cangkir buah blueberi. Kayu manis juga kaya akan antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu kayu manis juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Kayu manis memiliki efek melancarkan sirkulasi darah hingga mencapai akar rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat lain kayu manis untuk kecantikan kulit:

1. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan produksi kolagen pada sel-sel sel kulit. Kehilangan kolagen dapat mengakibatkan kulit berkurang elastisitas dan kekuatannya, dan membuat kulit terlihat lebih tua. Kayu manis dapat mendorong produksi kolagen, yang dapat memiliki efek jangka panjang pada elastisitas kulit. Dengan demikian, produk perawatan kulit berbasis kayu manis dapat membantu membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kayu manis dapat bertindak sebagai exfoliant sangat baik. Karena itu, kayu manis sangat efektif digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Kayu manis juga dapat membantu melembutkan kulit karena sinamaldehid dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis, lembab, lembut dan tidak cepat keriput.

3. Mengatasi Jerawat

Menurut situs LiveStrong, beberapa praktek pengobatan tradisional Islami Unani menggunakan kayu manis untuk mengatasi jerawat. Pada uji pra klinis yang dipublikasikan Ancient Science of Life (2003) diujikan efek-efek obat-obatan Unani termasuk kayu manis, terhadap bakteri penyebab jerawat. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Meski demikian pada sebagian orang, kayu manis bisa menyebabkan iritasi akibat adanya senyawa eugenol dan sinamaldehid.

4. Sebagai Minyak Pijat

Minyak kayu manis meningkat dan melancarkan peredaran darah dan menutrisi kulit yang kering. Selain itu aroma kayu manis dapat menimbulkan sensasi rileks dan nyaman. Sebaiknya tambahkan beberapa tetes aromaterapi untuk melengkapi relaksasi.

Memanfaatkan Kayu Manis Untuk Kulit

Ada banyak cara untuk menggunakan kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun penggunaannya harus berhati-hati karena dapat menyebabkan reaksi alergi bagi beberapa orang, dengan gejala seperti pembengkakan pada kulit, gatal-gatal, dan iritasi kulit. Umumnya reaksi alergi ini berkaitan dengan keberadaan eugenol dan sinamaldehid pada kayu manis. Nah, jika Anda tidak alergi terhadap kayu manis, bisa mencoba beberapa kiat berikut ini.

Rendaman Relaksasi Kayu Manis dan Pala

Tambahkan campuran bubuk kayu manis, pala, dan garam laut dalam air hangat dan gunakan untuk mandi berendam saat tubuh terasa lelah. Aroma rempah akan menimbulkan sensasi relaksasi, sedangkan garam laut akan membuat rileks otot setelah lelah bekerja. Takarannya adalah tiga sendok makan garam laut dicampur dengan satu sendok makan bubuk pala dan satu sendok makan kayu manis.

Pembersih Wajah dan Badan Kayu Manis

Membutuhkan face and body wash alami sekaligus bisa digunakan sebagai scrub? Resep berikut ini bisa dicoba. Bahan yang dibutuhkan antara lain, oatmeal, kayu manis bubuk, semangkuk air, gliserin, dan minyak kelapa. Masukkan 4 sendok makan oatmeal ke dalam semangkuk air. Kocek sampai airnya menjadi keruh, setelah itu pisahkan dan ambil airnya saja. Campurkan air rendaman oatmeal tadi dengan 1 sendok makan gliserin, kayu manis dan satu sendok teh minyak kelapa. Didihkan hingga mengental, lalu angkat dan dinginkan.

Jika sudah dingin teksturnya menjadi seperti jelly. Masukkan kedalam botol kaca dan tutup rapat, pembersih wajah dan badan buatan sendiri ini akan tahan selama seminggu di dalam lemari es. Cara penggunaannya mudah, cukup usapkan ramuan pada daerah yang diinginkan misalnya wajah atau telapak tangan yang kering. Gosok perlahan-lahan, setelah itu dibilas. Selain aromanya yang lembut, pembersih wajah dan badan ini bisa membersihkan kulit, juga membantu eksfoliasi yang membuat kulit menjadi lebih bersih, lembab dan halus.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: