Manfaat Kayu Manis Sebagai Pengobatan Tradisional

August 27, 2015

kayu manis

Inilah rempah yang banyak digunakan untuk memperkaya cita rasa makanan. Banyak jenis roti, kue, minuman dan juga masakan yang menggunakan kayu manis sehingga aroma dan rasanya lebih kaya. Kayu manis juga digunakan untuk menjaga kesehatan dan pengobatan tradisional.

Kayu manis merupakan jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari kulit kayu Cinnamomum sp. Rempah-rempah ini termasuk yang beraroma tajam, dengan rasa yang manis dan agak pedas. Kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah tertua yang digunakan manusia. Kayu manis termasuk rempah-rempah yang dicari para penjelajah Eropa, hingga mendorong mereka menjelajah dan menjajah Negara-negara timur berabad-abad yang lalu.

Dari sekian banyak senyawa yang dikandung kayu manis, salah satu yang paling dikenal adalah senyawa aktif yang disebut Cinnamaldehyde (sinamaldehid). Menurut para pakar, senyawa inilah yang memberi rasa dan aroma kayu manis yang khas. Kayu manis juga kaya dengan antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Selain itu kayu manis juga mengandung sejumlah mineral. Misalnya saja mangan, yang berguna untuk kesehatan tulang, fungsi hormon, metabolisme serta pengaturan kadar gula darah. Kayu manis juga mengandung sejumlah serat, zat besi, dan kalsium.

Saat ini di pasaran yang banyak beredar adalah kayu manis Cassia dan kayu manis Ceylon. Kayu manis Cassia lebih mudah didapat dan murah, sedangkan kayu manis Ceylon lebih mahal dan tidak sebanyak kayu manis Cassia. Kayu manis Cassia memiliki senyawa coumarin yang relatif tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan dikhawatirkan bisa bersifat toksik dan membahayakan. Ada pun kayu manis Ceylon memiliki kadar coumarin yang lebih rendah, sehingga dianggap lebih aman untuk penggunaan rutin.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kayu manis sebagai obat tradisional:

1. Efek Antikuman dan Antijamur

Kayu manis terkadang digunakan untuk membantu menghentikan pertumbuhan mikrobia pada makanan. Dengan menambahkan minyak atsiri kayu manis terhadap makanan tertentu, atau menabur bubuknya, bisa memperpanjang kesegarannya. Di beberapa tempat, kayu manis dijadikan sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh jamur. Bisa juga membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi mengatasi bau mulut.

2. Antiinflamasi

Ada banyak bahan pangan yang secara alami memiliki efek antiinflamasi, dan kayu manis termasuk di antaranya. Kayu manis bisa membantu menghambat pelepasan asam lemak yang disebut asam arakidonat, sehingga membantu meringankan inflamasi. Kayu manis juga membantu mencegah pembekuan darah berlebih yang bisa memperlambat aliran darah.

3. Mengatasi Diabetes

Masyarakat di berbagai belahan dunia sudah menggunakan kayu manis untuk obat tradisional. Salah satunya, untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Kayu manis merupakan bahan alam yang dapat membantu mengatasi diabetes, karena komponen yang ada pada kayu manis seperti Cinnamaldehyde, Eugenol, dapat meningkatkan kualitas insulin sehingga insulin dapat bekerja mengantarkan gula ke dalam sel.

Penelitian yang dimuat The Journal of Diabetic Medicine menyebutkan penderita diabetes yang menggunakan suplemen kayu manis memperlihatkan perbaikan pada kadar gula darah mereka jika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan obat-obatan diabetes regular.

Kayu Manis Dalam Pengobatan Tradisional

Kayu manis sudah sejak lama digunakan pada pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda di India. Dalam sistem pengobatan tradisional Ayurveda, kayu manis diyakini membantu memperbaiki pencernaan dan penyerapan makanan, membuang racun dalam tubuh, dan membantu peredaran darah. Memiliki khasiat sebagai pengencer darah, kayu manis membantu mencegah serangan jantung. Kayu manis juga kerap digunakan guntuk mengatasi gangguan di saluran pernapasan, hidung tersumbat, batuk pilek, bronkitis.

Di Indonesia kayu manis juga kerap dijadikan bahan pembuat minuman hangat atau wedang yang baik untuk kesehatan. Wedang jahe, wedang uwuh, bir pletok khas betawi, adalah contoh-contoh minuman penghangat badan yang menggunakan kayu manis sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Berikut ini beberapa tips menggunakan kayu manis untuk pengobatan tradisional, yang kami ambil dari berbagai sumber.

● Meredakan pilek

Campurkan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk dengan 1 sendok teh madu murni. Makan dua atau tiga kali sehari sampai sembuh.

● Meredakan batuk pilek, tenggorokan gatal

Rebus batang kulit kayu manis dengan air. Hiruplah uapnya.

● Sakit kepala karena sinus

Buatlah pasta dari 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dengan sedikit air. Gunakan dengan cara dioleskan seperti obat gosok.

● Diare

Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis, sedikit pala, dan 1/2 cup yogurt. Ramuan ini dimakan 2 atau 3 kali sehari sampai sembuh.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: