Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan

July 9, 2015

beras kencur

Siapa bilang minum jamu identik dengan rasa pahit dan tidak enak? Jamu beras kencur selain menyehatkan juga memiliki rasa nikmat sehingga digemari berbagai kalangan.

Bagi mereka yang tidak terbiasa minum jamu, mendengar kata ‘jamu’, yang terbayang adalah minuman beraroma khas yang pahit dan kurang enak. Padahal ada juga jamu yang dikenal memiliki rasa segar dan enak, serta baik untuk kesehatan. Sesuai dengan namanya, jamu beras kencur terbuat dari bahan dasar kencur dan tumbukan beras, serta ditambahkan bahan rempah lainnya untuk menambah cita rasa.

Beras kencur merupakan salah satu minuman kesehatan yang telah lama dikenal. Jamu ini termasuk yang biasa dijajakan oleh penjual jamu gendong keliling. Tidak seperti jamu pahitan yang rasanya pahit atau jamu kunyit asam yang terasa asam, jamu beras kencur dengan rasa nikmat menyegarkan lebih disukai banyak kalangan dari berbagai usia. Bahkan anak-anak pun banyak yang menyukai jamu ini.

Jamu beras kencur juga kerap menjadi pilihan orangtua yang untuk anak yang susah makan. Mereka tahu, salah satu khasiat beras kencur adalah menambah nafsu makan. Khasiat jamu ini tidak terlepas dari khasiat bahan utamanya yaitu rimpang kencur dan beras yang banyak mengandung vitamin B sehingga dapat merangsang lambung dan menimbulkan sensasi rasa lapar.

Manfaat lain beras kencur jika dikonsumsi secara rutin adalah diyakini dapat membantu menebalkan lapisan lambung serta membantu mengatasi penyakit maag. Beras kencur juga diyakini membantu membantu mengatasi batuk, sariawan, perut kembung, sakit tenggorokan, sakit kepala dan migrain, serta meningkatkan stamina. Selain kencur, rimpang lain yang biasa ditambahkan adalah jahe yang memberikan sedikit rasa pedas dan panas dalam perut yang berguna untuk mengatasi masuk angin. Untuk pemanis, biasanya digunakan gula merah atau gula jawa, sehingga kalorinya lebih sedikit dibandingkan gula pasir.

Dari Desa Hingga Kota

Jika dahulu jamu beras kencur dikenal sebagai minuman yang biasa dijajakan secara tradisional di daerah-daerah terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah, saat ini beras kencur telah dikenal di perkotaan bahkan merambah rumah makan atau restoran besar. Sajian beras kencur juga sering dicari oleh para wisatawan manca negara yang ingin mengenal minuman tradisional Indonesia.

Selain dikenal dalam bentuk minuman segar, beras kencur saat ini juga banyak dijadikan sebagai minuman serbuk instan atau konsentrat (sirup) dalam kemasan plastik atau botol. Cara ini tentunya lebih praktis karena hanya tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, maka minuman beras kencur sudah dapat dinikmati. Selain itu jika menghendaki minuman beras kencur yang dingin, kita juga bisa menambahkan es kedalamnya.

Prinsip pembuatan beras kencur instan atau bubuk sebenarnya adalah kencur bersama dengan bahan lainnya, kecuali beras dan gula, digiling hingga halus kemudian ditambahkan air panas dan diperas untuk diambil sarinya. Setelah proses tersebut selesai, baru dilakukan penambahan beras yang telah dihaluskan menjadi tepung serta gula merah. Selanjutnya ramuan tersebut diaduk hingga seluruh bahan tercampur rata. Proses selanjutnya adalah pengeringan untuk membuang kandungan air dalam campuran dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi hingga air menguap dan hanya tersisa serbuk.

Membuat Beras Kencur di Rumah

Sebagai salah satu minuman sehat, beras kencur dapat dinikmati di segala cuaca baik saat panas maupun dingin. Anda pun bisa membuat beras kencur sendiri di rumah karena bahannya mudah ditemukan. Jika membuat sendiri maka kita dapat memilih bahan baku yang baik, menjaga kebersihan saat pembuatan dan penyimpanan, serta mengontrol penggunaan bahan, seperti takaran gula yang diperlukan sehingga akan lebih menyehatkan. Tertarik mencoba? Berikut resepnya.

Resep Beras Kencur

Bahan:

  • 200 gram beras
  • 6 rimpang kencur
  • 2 rimpang kunyit
  • 2 rimpang jahe
  • 2 sdm asam jawa
  • 250 gram gula jawa
  • 6 gelas air bersih
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Cucilah bahan-bahan yang akan digunakan hingga bersih. Rendam beras dalam air selama kurang lebih tiga jam.
  • Rebuslah dalam panci; air, gula jawa, asam, dan jahe sampai masak. Pisahkan airnya dari bahan-bahan yang direbus tadi.
  • Tumbuk beras dan kencur di dalam lumpang sampai halus. Masukkan bahan-bahan yang direbus sebelumnya, tumbuk hingga halus. Tambahkan air rebusan rempah sedikit demi sedikit sampai habis dan tercampur rata. Saringlah.
  • Tambahkan sedikit jeruk nipis jika suka. Minuman beras kencur siap disajikan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: