Manfaat Daun Afrika yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

November 14, 2015

manfaat daun afrika

Herbal yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Padahal daun Afrika saat ini merupakan tanaman obat yang mulai populer dan banyak diburu karena dipercaya dapat mengatasi penyakit gula atau diabetes. Benarkan daun Afrika dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes, ataukah adakah manfaat lain yang diperoleh dari si hijau yang satu ini?

Daun Afrika, Si Pahit yang Kaya Nutrisi

Daun Afrika (Vernonia amygdalina) merupakan sayuran yang sering digunakan untuk mempersiapkan sejenis sup yang merupakan kuliner khas Afrika Selatan. Sesuai dengan namanya, keluarga Asteraceae ini merupakan tanaman semak tahunan yang biasa tumbuh di dataran Afrika. Tidak heran jika tanaman yang juga dikenal dengan nama ‘Bitter Leaf’ alias si ‘Daun Pahit’ ini menjadi salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Walau memiliki rasa pahit yang luar biasa, ternyata daun Afrika kaya Vitamin A, C, E, BI, dan B2, selain mengandung nutrisi utama dari karbohidrat, lemak, serat, serta protein yang mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan regenerasi sel. Selain itu daun Afrika juga mengandung asam askorbat dan karotenoids, serta berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan kobalt seperti dilansir eduresourceworld, 2013.

Walau dikenal dengan nama daun Afrika, ternyata tanaman yang satu ini sebenarnya sudah digunakan sebagai obat tradisional di Cina dengan nama Nan Fei Shu dan sering digunakan di lingkungan kekaisaran Cina sebagai tanaman obat yang sangat mujarab. Hal Inilah yang membuat para petinggi serta bangsawan pada masa tersebut banyak yang menanamnya di halaman belakang rumah.

Manfaat daun Afrika sebagai obat herbal, tidak lepas dari kandungan senyawa alami di dalamnya. Salah satunya adalah senyawa anti oksidan yang terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi, seperti dilaporkan Journal of Food Chemistry, Desember 2006. Para peneliti dalam jurnal tersebut juga menyebutkan bahwa antioksidan dalam daun Afrika dapat membantu memerangi berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan jika ditambahkan pada menu diet anda.

Berbagai Manfaat Daun Afrika

Daun Afrika telah lama digunakan sebagai obat tradisional di seluruh dunia untuk mengatasi berbagai penyakit seperti meredakan demam, menyembuhkan perut kembung, insomnia, mencegah penyakit stroke, asam urat, meringankan radang persedian, detoksifikasi tubuh, gangguan pencernaan, meningkatkan produksi ASI, hingga mengatasi cacingan.

Selain dapat mempercepat metabolisme sehingga membantu mengurangi berat badan, remasan daun Afrika juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit, eksim, serta gangguan kulit lainnya, namun jangan gunakan pada kulit dengan luka terbuka.

Bermanfaat menurunkan tekanan darah, daun Afrika juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Pernyataan ini di dukung hasil penelitian dalam Journal of Vascular Health and Risk Management edisi Februari 2008, yang menyebutkan bahwa ekstrak daun Afrika dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL hingga 50 persen serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada hewan percobaan. Sayang percobaan ini belum dilakukan pada manusia sehingga masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai efek daun Afrika pada manusia. Efek positif daun Afrika dalam menjaga kesehatan jantung juga disebutkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, November 2001, yang menyatakan bahwa daun Afrika mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan asam linoleat yang efektif dalam memerangi penyakit kardiovaskular serta menurunkan resiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Manfaat daun Afrika lainnya disebutkan jurnal Experimental Biology and Medicine, Februari 2004 berdasarkan hasil penelitian dari Jackson State University yang menemukan bahwa ekstrak daun afrika dapat menghambat pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker payudara. Hal ini didukung penelitian Erasto et all., 2006 dalam Journal of Ethnopharmacology yang menyebutkan bahwa ekstrak tanaman daun Afrika dapat menekan, menghambat, bahkan membunuh sel kanker dengan berbagai cara. “Konsumsi daun Afrika dalam menu harian, ternyata dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker payudara dan diabetes tipe 2,” sebut sebuah laporan penelitian di University of Texas mengenai daun Afrika, seperti dilansir Live Strong, 2013.

Sebagai obat tradisional, daun Afrika yang telah dicuci bersih dapat langsung dikunyah, diseduh dengan air panas, atau dibuat jus. Biasanya untuk mengurangi rasa pahit dari daun Afrika, kita bisa menambahkan jeruk nipis, madu, serta berbagai buah-buahan seperti nanas, apel, dan jeruk sebagai tambahan. Namun perlu diingat komposisi buah yang ditambahkan jangan sampai berlebihan karena akan mengurangi khasiatnya.

Penggunaan daun Afrika seperti tanaman herbal lainnya tentu memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan. Untuk Anda yang sensitif terhadap kandungan senyawa alami di dalamnya, tentu harus mewaspadai reaksi alergi jika mengonsumsi daun ini. Di negara Guinea Bissau, Afrika Barat, daun ini sering digunakan oleh masyarakat saat persalinan karena dapat membantu kontraksi. Oleh karena itu, daun ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Demikianlah artikel manfaat daun afrika untuk kesehatan, semoga berguna dan dapat menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: