Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan

April 7, 2015

manfaat cokelat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cokelat mempunyai banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Cokelat yang dimaksud disini bukanlah olahan cokelat, karena biasanya dalam olahan cokelat sudah di campurkan bahan tambahan lain seperti gula, dan susu.

Umumnya, cokelat yang digunakan untuk perawatan kecantikan adalah cokelat murni yang berasal dari biji tanaman cokelat yang biasa kita kenal dengan Cokelat Hitam atau Dark Chocolate. Cokelat murni ini mengandung lebih dari 80 persen cocoa butter yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

Penelitian klinis dan para ahli kecantikan mengatakan bahwa menggunakan cokelat sebagai terapi perawatan wajah dapat membantu menutrisi kulit wajah dan menghilangkan berbagai masalah wajah, misalnya kerutan.

Dilansir Stylecraze.com, cokelat memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Selain itu, cokelat mempunyai bahan-bahan alami, seperti emolien, flavonoid dan aroma yang menenangkan. Selain untuk kulit, cokelat juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Selain itu antioksidan seperti flavonoid dapat membantu menghindari gangguan kardiovaskuler dan menurunkan risiko terkena stroke. Cokelat juga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan cokelat tidaklah sulit. Bahan-bahannya juga mudah didapat dan banyak dijual di pasaran. Untuk merawat kulit bisa menggunakan pasta cokelat atau cokelat bubuk murni atau yang memiliki aroma kuat dan rasa yang pahit.

Perawatan kulit dengan cokelat meliputi perawatan kulit wajah dan tubuh. Dilansir dari Times of India, berikut ini adalah cara merawat kecantikan dengan memanfaatkan cokelat.

Perawatan Wajah

Dengan bahan dasar cokelat bubuk dan pasta cokelat, semua perawatan wajah (facial) seperti masker, hingga scrubbing tentunya bisa dilakukan. Tahapannya sebagai berikut; pertama bersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu gunakan masker cokelat, kemudian lakukan scrubbing wajah untuk mengangkat sel kulit mati untuk meremajakan kulit.

Masker Cokelat

Untuk membuat masker cokelat, yang dibutuhkan adalah secangkir bubuk cokelat hitam, tambahkan dua cangkir madu, lalu dua sendok makan oatmeal, yoghurt dan kayumanis. Setelah itu, campurkan bahan. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Facial Scrub Cokelat

Campur 1/3 cangkir cokelat bubuk, 1/3 cangkir kopi bubuk, dan 2 sendok makan madu. Campurkan seluruh bahan. Lalu usapkan pada wajah anda sambil lakukan gerakan pijatan memutar. Lakukan beberapa kali, lalu bilas.

Pelembab Alami

Setelah wajah terasa lembut usai scrubbing, langkah selanjutnya adalah melembabkan wajah, terutama untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Caranya, campurkan setengah sendok teh pasta cokelat dan satu sendok makan virgin coconut oil atau minyak kelapa murni. Usapkan pada wajah dan lakukan pemijatan dan diamkan beberapa saat. Untuk membersihkannya cukup dengan handuk yang direndam air hangat. Usapkan pada wajah. Cokelat yang dikombinasikan dengan minyak kelapa murni dapat melembabkan kulit kering dan mengatasi garis-garis halus, dan kerutan.

Perawatan Tubuh Dengan Cokelat

Body wrap dan spa adalah perawatan populer di masyarakat. Hal ini karena efeknya dapat membuat tubuh Anda segar dan mencegah kulit dari kekeringan. Berikut adalah beberapa terapi tubuh populer yang praktis dan bisa dilakukan di rumah.

Masker Badan dan Lulur Cokelat

Lakukan dengan pasta cokelat, balurkan pada tubuh untuk mempertahankan kelembapan kulit dan menutrisi kulit. Setelah itu gosokkan sedikit demi sedikit cokelat bubuk sebagai lulur alami. Lulur ini membantu untuk menghilangkan kotoran dari kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, cokelat murni membantu pelepasan endorfin yang bertindak sebagai analgesik untuk tubuh.

Ramuan cokelat ini bisa ditambahkan bubuk kopi dan garam. Kopi dan garam adalah perpaduan yang baik untuk mengurangi stretch mark, dan noda pada kulit.

Berendam Dengan Cokelat

Mandi berendam bisa dilakukan untuk relaksasi. Campurkan saja air hangat di bath tub anda dengan 150 gram cokelat bubuk dan minyak esensial yang beraroma cokelat. Rasakan sensasi relaksasi yang ditimbulkan oleh aroma cokelat yang menenangkan.

Merawat Kaki Dengan Cokelat

Perawatan kaki dengan cokelat juga bisa dilakukan. Caranya cukup mencampurkan empat sendok makan cokelat bubuk, air hangat dua liter, tiga sendok teh garam, dan satu gelas susu. Lalu rendam telapak kaki anda selama sepuluh hingga limabelas menit. Asam laktat dari susu dapat melembutkan kaki, bubuk cokelat dapat melembabkan, sedangkan garam dapat merelaksasi otot kaki yang tegang.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: