Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

October 5, 2015

manfaat buah pepaya

Pepaya, siapa yang tak kenal. Buah tropis ini awalnya ditemukan di Amerika Tengah. Bangsa Spanyol dan Portugal membawa buah ini saat menjelajah daerah-daerah subtropis seperti Filipina, juga ke beberapa bagian negara Afrika dan India. Dari sana, lalu menyebar ke seluruh dunia.

Di Indonesia, buah pepaya tumbuh melimpah dan tidak tergantung musim. Karena itu, buah yang dijuluki “Fruit of the Angels” oleh Cristopher Colombus ini, mudah sekali ditemui dengan harga yang sangat terjangkau.

Di balik rasanya yang manis, pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pepaya juga memiliki manfaat untuk kulit dan rambut. Kandungan berkhasiat yang ada di buah pepaya adalah Papain. Dikutip dari Stylecraze, papain dikenal sebagai enzim yang berfungsi memecah protein. Dalam industri kosmetik, enzim papain sering ditambahkan pada sabun atau krim pembersih wajah, karena mampu mengangkat kotoran dan lemak pada permukaan wajah.

Selain zat papain, pepaya juga merupakan sumber nutrisi dan antioksidan seperti betakaroten, vitamin C dan flavonoid, vitamin B, asam folat, asam pantotenat, mineral, kalium, magnesium, dan serat. Karena itu, dalam industri kosmetik, buah pepaya menjadi komponen penting yang digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan seperti krim wajah, sabun, dan sampo.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kulit

Pepaya memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kulit wajah, perawatan kulit wajah dengan buah pepaya secara efektif, dapat menutrisi dan merawat kulit dengan baik. Berikut ini manfaat buah pepaya bagi kulit kita.

• Sumber vitamin dan enzim papain. Enzim papain mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit dari timbunan sebum dan lemak penyebab jerawat.

• Memiliki kadar sodium yang sedikit. Sodium dapat menyerap air, hal itu mengakibatkan kulit menjadi kering. Tidak demikian dengan buah pepaya, dengan kadar sodium yang sedikit, tentunya dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

• Pepaya mengandung kadar betakaroten yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti apel, jambu atau pisang. Bagi kulit, betakaroten berperan untuk menjaga kualitas pigmentasi pada kulit yang membuat kulit cerah. Selain itu, betakaroten juga dianggap sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kerusakan dari reaksi radikal bebas yang memicu kanker dan penuaan kulit.

• Pepaya mengandung kadar air yang cukup tinggi, karena itu cukup efektif digunakan sebagai pelembab alami bagi kulit. Kandungan airnya dapat melembabkan tumit yang kering dan pecah-pecah.

• Pepaya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu kulit menangkal radikal bebas, menutrisi kulit dari dalam dan membuat kulit tetap lembut, cerah, dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerut dan flek-flek hitam.

• Pepaya mentah yang memiliki efek antibakteri dan antijamur dapat digunakan mengatasi jamur kulit. Dengan menggosok beberapa iris pepaya mentah di area kulit yang terkena jamur akan membantu mengurangi jamur kulit. Selain sebagai anti jamur, pepaya muda juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

Menggunakan Pepaya Untuk Perawatan Kulit

Menggunakan pepaya untuk perawatan kulit tidaklah sulit. Jika ingin merasakan manfaat alaminya secara langsung dapat mengonsumsinya secara rutin. Pepaya juga dapat digunakan sebagai masker wajah, untuk mengatasi masalah kulit tinggal menambahkan bahan lain seperti yoghurt atau oatmeal dan madu. Berikut ini resepnya.

1. Masker Pepaya Mengatasi Bintik Hitam

Untuk mengatasi bintik hitam cukup campurkan sepotong pepaya matang yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan susu cair murni, kemudian tambahkan madu. Balurkan seperti masker wajah, dan diamkan selama 30 menit hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini secara rutin dan rasakan manfaatnya. Selain mengurangi bintik hitam pada wajah, masker ini juga mampu meratakan warna kulit dan menghasilkan kulit lembab dan bercahaya.

2. Masker untuk kulit kering

Pepaya juga sangat baik untuk melembabkan kulit yang kering. Caranya campurkan sepotong pepaya matang yang sudah dihaluskan dengan dua sendok madu. Balurkan seperti masker wajah, dan diamkan selama 30 menit (hingga mengering) kemudian bilas dengan air dingin. Untuk melembabkan tumit kering dan pecah-pecah masker ini juga dapat digunakan sebagai pelembab, balurkan dan pijat perlahan pada tumit yang kering kemudian bilas. Namun harus diperhatikan, hindari menggunakan masker ini pada kulit kering yang iuka atau teriritasi.

3. Scrub untuk mengangkat sel kulit mati

Pepaya juga cocok untuk digunakan sebagai scrub tubuh. Caranya campurkan sepotong pepaya matang yang sudah dihaluskan dengan dua sendok madu, satu sendok garam laut dan satu sendok minyak zaitun. Baiurkan dan gosok dengan gerakan memutar pada beberapa area tubuh yang diinginkan, setelah itu bilas dengan air hangat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: