Manfaat Buah Pear Sebagai Sumber Antioksidan

March 9, 2013

buah pear

Buah pear mengandung glutathione yang cukup banyak. Tidak hanya glutathione saja yang membuat pear dapat menjadi sumber antioksidan, namun juga vitamin C dan chlorogenic acid yang dimilikinya. Selain itu, pear juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi. Tembaga adalah mineral penting untuk produksi SOD. Dengan keragaman bioaktif ini, maka pear dapat kita andalkan untuk memacu produksi antioksidan endogen serta bermanfaat sebagai sumber antioksidan eksogen.

Efek perlindungan yang diberikan oleh buah pear terjadi pada bagian tubuh yang terlindungi oleh air sebab baik vitamin C ataupun glutathione keduanya larut dalam air dan melindungi bagian sel yang terlindung oleh air. Glutathione merupakan pelindung hati yang baik. Bukan saja mencegah oksidasi radikal bebas yang memapar hati, namun juga mampu melarutkan toksin yang ada di hati melalui fase-2 detoksifikasi menyekresikan toksin yang larut dalam air keluar dari tubuh.

Buah Pear juga punya senyawa antikanker

Kebiasaan mengonsumsi buah pear memberi perlindungan terhadap risiko kanker. Selain melalui aktivitas antioksidan yang dimilikinya, efektivitas antikanker pada buah pear sangat ditentukan oleh asam sinamat yang dikandungnya.

Asam sinamat merupakan antikarsinogenik nitrat yang dapat menyebabkan kanker kolon. Asam sinamat terkonsentrasi di bagian kulit buah pear karena itu buah pear harus kita konsumsi utuh dengan kulitnya agar kita peroleh manfaat yang lebih banyak daripada buah yang telah dikupas.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: