Manfaat Buah Manggis Sebagai Sumber Antioksidan

February 11, 2013

buah manggis

Buah manggis mengandung beberapa macam antioksidan. Antioksidan terdiri yang paling kuat adalah xanthone. Xanthone adalah antioksidan yang sangat kuat dengan kekuatan puluhan kali lebih kuat dibanding vitamin E. Selain itu, buah manggis juga memiliki pigmen alami antosianin yang kita kenal sebagai antioksidan eksogen yang sangat kuat. Dengan kekuatan antioksidan yang hebat, kita dapat memanfaatkan buah manggis untuk mencegah bahkan mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bantu sembuhkan kanker

Di kalangan awam, buah manggis dikenal sebagai antikanker. Benar sekali, manggis memang memiliki beberapa macam senyawa aktif yang berkhasiat sebagai antikanker. Senyawa antikanker tersebut adalah xanthone, mangostin, cathecin dan garsinone E. Fitokimia tersebut terkonsentrasi di bagian kulitnya.

Khasiat antikanker buah manggis tidak perlu diragukan lagi. Sebuah studi menyebutkan bahwa bioaktif manggis terutama garsinone E dapat disetarakan dengan beberapa obat kanker, antara lain viseristine, cisplatine, dan metrotrexate.

Dalam mencegah kanker, kita tidak boleh melupakan jasa bioaktif manggis yang berkhasiat sebagai antioksidan. Buah manggis mengandung banyak vitamin C yang memiliki efektivitas kuat dalam menghalau radikal bebas yang mencegah kerusakan DNA. Kandungan mineralnya yang sangat lengkap sangat diperlukan untuk mendukung produksi antioksidan endogen. Kekuatan antioksidan endogen dalam menghalau radikal bebas sangat diperlukan untuk mencegah sekaligus menghambat perkembangan tumor dan kanker.

Buah manggis bantu sehatkan jantung

Jantung sehat dapat kita miliki jika tingkat stres oksidan akibat paparan radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh kita dapat kita minimalisir. Penurunan stres oksidatif akan menurunkan tingkat kerusakan pembuluh darah dan jantung yang menimbulkan disfungsi jantung dalam beraktivitas.

Efektivitas antistres oksidatif yang terdapat pada buah manggis dipengaruhi oleh bioaktif alfa-mangostin yang dimilikinya. Penelitian mutakhir tentang khasiat buah manggis yang dipublikasikan di jurnal Medicinal food November 2011 menyimpulkan bahwa alfa-mangostin terbukti memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencegah kerusakan jantung akibat stres oksidatif.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: