Manfaat Blewah Sebagai Sumber Antioksidan

January 15, 2013

blewah

Saat musim kemarau tiba, buah blewah banyak kita jumpai di mana-mana. Buah yang harganya relatif murah ini ternyata merupakan buah dengan indeks nutrisi tinggi yang patut kita santap. Buah yang banyak mengandung air ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin H yang relatif banyak jumlahnya. Ketiga vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan sekunder yang sangat diharapkan oleh tubuh.

Dari ketiga vitamin utama yang terdapat pada blewah, vitamin A yang paling menonjol. Vitamin A, dalam hal ini berupa beta-karoten merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan cukup luas untuk mereduksi dampak buruk radikal bebas. Beta-karoten memiliki efektivitas sebagai pengendali radikal bebas larut dalam lemak terutama yang merusak paru-paru.

Kecukupan beta-karoten sangat bermanfaat bagi Anda para perokok dan pekerja lapang yang saluran napas Anda banyak terpapar radikal bebas. Rokok, asap kendaraan bermotor, dan aneka polutan industri merupakan penyebab utama gangguan saluran pernapasan. Semua zat beracun tersebut merupakan radikal bebas yang berpotensi sebagai pemicu awal kanker paru-paru. Karena itu, sangat bermanfaat jika kita membiasakan diri mengonsumsi makanan yang kaya beta-kareoten untuk mencegahnya. Makanan pilihan yang dapat Anda pilih antara lain belewah.

Blewah dapat menyehatkan mata

Jangan hanya bergantung pada wortel untuk membantu menjaga kesehatan mata. Blewah juga dapat Anda jadikan sebagai pelindung mata yang baik. Berbagai karotenoid yang dimilikinya sanggup menjaga mata Anda dari radiasi surya yang merusak mata Anda. Harganya yang relatif murah saat musim blewah tiba menjadikannya sebagai sumber antioksidan murah yang pantas Anda lirik.

Kendalikan kadar gula darah Anda dengan belewah

Blewah termasuk buah dengan nilai glikemik rendah yang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita pradiabetes atau diabetesi. Kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi sangat membantu aktivitas metabolisme gula yang menjadi persoalan penderita DM. Dengan didukung oleh vitamin A dan sejumlah karotenoid lainnya, konsumsi belewah sangat bermanfaat sebagai pelindung jaringan dari paparan radikal bebas yang menyebabkan peradangan.

Secara khusus, blewah juga mengandung fitokimia yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Fitokimia tersebut adalah citrunulin. Dalam menjalankan aktivitasnya, bioaktif ini mengikat sebagian gula yang berasal dari makanan sehingga jumlah gula yang bersatu dengan darah berkurang.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: