Manfaat Beras Tumbuk Untuk Kesehatan

December 11, 2012

manfaat beras

Tabel berikut menggambarkan kandungan berbagai zat gizi penting dalam setiap 100 gram beras tumbuk.

Kandungan beberapa zat gizi penting dalam 100 gram beras tumbuk :

– Energi (Kal) 335
– Zat besi (mg) 2,0
– Niasin (mg) 2,6
– Vitamin B1 (mg) 0,3
– Serat (gr) 1,6
– Magnesium (mg) 220
– Natrium (mg) 196
– Vitamin B2 0,04

Lebih dari separuh penduduk dunia menggunakan beras untuk makanan pokok. Di samping sebagai sumber energi, beras juga memberikan zat gizi lain seperti protein dan beberapa mineral. Sejumlah asam amino esensial akan diperoleh dari beras, kadar lemak yang rendah dalam beras sangat menguntungkan. Di samping itu lemak dalam beras terdiri dari asam lemak tak jenuh oleat (47,6%), linoleat (34%) dan linolenat (0,85%). Kadar serat dalam beras tumbuk masih cukup tinggi yaitu 1,6%.

Manfaat beras tumbuk untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Beras yang masih memiliki kulit ari, atau beras tumbuk yang masih kaya kandungan serat, berkhasiat mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus dan beberapa jenis penyakit kanker. Lihat penjelasan terdahulu.

• Mencegah penyakit lambung.

Beras tumbuk selain mengandung serat larut, juga mengandung serat tak larut. Serat tak larut, karena bersifat menyerap air akan membuat sisa makanan dalam usus besar menjadi lembek sehingga mudah dikeluarkan. Karena itu serat tak larut diperlukan untuk mencegah sembelit (konstipasi). Beras yang dihaluskan bersama garam, secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit diare.

• Menurunkan kadar estrogen.

Beras tumbuk yang kaya serat akan menurunkan kadar hormon estrogen dalam darah. Estrogen adalah hormon yang berperan dalam terjadinya kanker payudara. Jadi beras tumbuk akan mengurangi resiko terjadinya kanker buah dada bagi wanita. Percobaan dengan hewan menunjukkan beras tumbuk juga dapat digunakan untuk mencegah kanker lambung dan kanker usus besar. Potensi pencegahan terhadap penyakit kanker ini sehubungan dengan kandungan berbagai vitamin yang tergolong B kompleks.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: