Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan

January 9, 2015

bawang putih untuk kecantikan

Penggunaan bawang putih untuk perawatan kecantikan mungkin masih terdengar asing. Di samping aromanya tajam, bawang putih memang lebih dikenal sebagai bumbu masakan.

Bawang putih telah digunakan untuk perawatan kecantikan pada abad ke-17. Ramuan yang mengandung bawang putih digunakan para tabib untuk mengatasi masalah kebotakan. Saat ini bawang putih sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam produk-produk pada industri kecantikan seperti lotion dan sampo.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit

Bawang putih kaya akan senyawa seperti Allicin yang baik untuk melembutkan kulit, kandungan Sulfur yang dapat mencegah infeksi dan dapat mengurangi peradangan, Zinc dan kalsium yang memiliki manfaat untuk menyehatkan rambut. Selain itu bawang putih juga memiliki efek antibiotik dan antijamur.

Bawang putih juga merupakan sumber kaya mineral yang dikenal sebagal selenium. Selenium berguna untuk melawan kanker dan bekerja dengan vitamin E dalam tubuh untuk meningkatkan kekuatan antioksidan. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan salisilat yang dapat melancarkan peredaran darah.

Beberapa Khasiat Bawang Putih Untuk Kulit

Berikut ini beberapa khasiat bawang putih yang dapat diterapkan di rumah, seperti dikutip dari situs stylecraze:

• Mengatasi Peradangan Jerawat

Bawang putih bisa membantu menghentikan peradangan pada jerawat. Caranya cukup mudah, ambil satu siung bawang putih ukuran sedang, potong melintang. Lalu tekan sedikit agar sarinya keluar, setelah itu oleskan pada jerawat. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan selama beberapa hari dan perlahan jerawat akan mengempis.

• Mengatasi Komedo

Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah komedo. Komedo sering ditemukan pada kulit berminyak. Untuk mengatasinya, ambil 2-3 siung bawang putih dan haluskan. Tambahkan 1 sendok makan oatmeal, 1-2 tetes minyak zaitun, setengah sendok teh air jeruk lemon dan madu. Campur bahan-bahan tersebut hingga membentuk pasta kental. Gunakan sebagai masker dan biarkan selama 2-3 menit hingga masker mengering lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

• Mengecilkan Pori-pori dan Sebagai Antiaging

Bawang putih juga bermanfaat sebagai anti aging. Zat antioksidannya yang cukup tinggi membantu agar kulit tetap halus dan kenyal. Selain itu, bawang putih juga mengandung sulfur yang membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Seperti diketahui kolagen sangat dibutuhkan kulit untuk mengatasi keriput. Bawang putih juga mengandung polifenol untuk melindungi kulit. Caranya cukup mudah, hanya tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan ke dalam masker wajah yang biasa Anda gunakan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Rambut

Bawang putih sangat baik untuk pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok dan meningkatkan regenerasi folikel rambut baru. Bawang putih juga dapat menghilangkan racun berbahaya dari kulit kepala, melembutkan dan memperkuat akar rambut.

Allicin dalam bawang putih juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu dalam mengatasi ketombe dan gatal kulit kepala. Sulfur dalam bawang putih juga dapat mengurangi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Cara mudah untuk menggunakan bawang putih sebagai perawatan rambut cukup dengan menambahkan beberapa siung bawang putih yang dihaluskan sebagai sampo atau kondisioner. Namun harus dipastikan menggunakannya dengan dosis dan komposisi yang tepat untuk menghindari bau yang menyengat. Selain itu penggunaan yang terlalu sering pada kulit kepala bisa menyebabkan kekeringan pada kulit kepala dan rambut. Untuk mengurangi bau bawang putih, bisa ditambahkan madu.

Tips:

Untuk mendapatkan kandungan maksimal dari bawang putih, disarankan untuk menggunakannya sesegera mungkin setelah diiris, potong atau dihaluskan untuk menjaga agar kandungan bahan aktifnya tidak hilang karena menguap. Selain itu memanaskan bawang putih juga dapat mengurangi kandungan allicin.

Tidak disarankan juga untuk menggunakannya secara berlebihan karena bawang putih memiliki sifat panas. Jika terlalu banyak digunakan dikhawatirkan akan menimbulkan ruam dan lecet. Maka sangat dianjurkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu di telapak tangan untuk memastikan tidak ada reaksi negatif. Treatment dengan bawang putih ini juga tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit sensitif.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: