Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan

December 20, 2014

asam jawa

Asam jawa tentu tidak asing lagi di telinga kita. Rasanya hampir setiap dapur menyimpannya sebagai bumbu pelengkap masakan atau minuman. Namun bagaimana khasiatnya untuk kecantikan?

Asam jawa masuk ke dalam kelompok tumbuhan tropis. Asal-usulnya diperkirakan berasal dari savana Afrika timur. Semenjak ribuan tahun, tanaman ini telah menyebar ke Asia, Karibia dan Amerika Latin. Di Indonesia sendiri, tanaman ini berkembang secara liar. Banyak pula yang sengaja ditanam untuk keperluan komoditi dan pohon peneduh.

Asam jawa (Tamarindus indica) termasuk ke dalam jenis tanaman berbuah polong. Nama Tamarindus dan tamarind diturunkan dari bahasa Arab tamr hindi, yang artinya kurma India. Meskipun rasanya asam, namun
manfaatnya banyak untuk kesehatan. Asam jawa ini mengandung tiamin, niacin, vitamin C, E, A dan K. Asam jawa juga merupakan sumber zat besi, magnesium, niasin, fosfor, protein dan kalium.

Berhubungan dengan kesehatan, asam jawa memiliki khasiat sebagai penambah nafsu makan. Asam jawa juga digunakan untuk mengobati pilek dan demam, asam jawa juga diberikan kepada anak-anak untuk mengobati cacingan. Manfaat lain asam jawa untuk mengobati mual yang berhubungan dengan kehamilan, atau melancarkan menstruasi. Asam jawa mengandung zat-zat yang mungkin memiliki efek pencahar dan beberapa aktivitas terhadap jamur dan bakteri tertentu, karena itu dapat digunakan untuk mengatasi sembelit dan masalah gangguan perut.

Para peneliti juga mempelajari asam jawa untuk pengobatan mata karena mengandung zat kimia yang mirip dengan musin yang ditemukan di mata. Musin adalah cairan yang membantu melindungi dan membasahi permukaan kornea.

Meskipun asam jawa tergolong aman bila dikonsumsi, menurut Health Line, bubuk biji asam jawa yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan batuk. Selain itu asam jawa akan menimbulkan reaksi jika dikonsumsi bersama suplemen makanan dan obat-obatan, seperti gingko biloba, aspirin, ibuprofen dan obat penurun gula darah. Bagi pengidap diabetes, mengkonsumsi asam jawa juga tidak dianjurkan, karena meskipun rasanya asam, buah ini mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan Kulit

Baik bagi kesehatan, ternyata khasiat asam jawa juga sangat baik bagi kulit. Asam Jawa mengandung vitamin C, karoten, vitamin B, kalium dan magnesium dan nutrisi yang baik bagi kulit. Selain itu, asam jawa juga kaya antioksidan. Berikut ini manfaat asam jawa untuk merawat kecantikan kulit anda.

Mencerahkan kulit

Serat asam jawa dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Rendam 30 gram asam jawa dalam 150 ml air panas selama 10 menit. Setelah itu campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit. Oleskan secara merata pada kulit lalu bersihkan dan biarkan selama 15 menit. Kunyit dan asam jawa sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak dan dapat digunakan 3 kali seminggu.

Mengangkat sel kulit mati

Asam Jawa memiliki zat asam alfahidroksi atau AHA, yang memiliki potensi untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori akibat penggunaan makeup dalam jangka panjang. Untuk mengatasinya, campurkan satu sendok teh ekstrak asam jawa dengan satu sendok teh garam, 1 sdm susu krim atau yogurt. Susu krim baik untuk kulit kering, sedangkan yogurt bekerja dengan baik untuk kulit berminyak. Campur semua bahan. Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah dan lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama 5 sampai 7 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Krim alami untuk selulit

Untuk mengurangi selulit, campur 2 sendok teh air rebusan asam jawa dengan 1 sendok teh gula dan jus lemon, lalu tambahkan setengah sendok teh baking soda. Campur semua bahan dan oleskan pada kulit yang berselulit, gosok dengan lembut dalam gerakan melingkar. Bilas, dan lakukan dua hari sekali.

Penyegar dan pelembab alami

Sebagai penyegar dan pelembab alami, siapkan semangkuk asam jawa, rebus dan didinginkan, setelah itu saring airnya. Air rebusan tersebut dapat digunakan sebagai toning (penyegar) sekaligus pelembab.

Anti penuaan alami

Asam jawa memiliki antioksidan, serat, dan vitamin yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Larutkan setengah sendok teh garam dan lima sendok makan air rebusan asam jawa, dan tambahkan tiga sendok makan madu. Lalu gunakan sebagai masker, diamkan selama 15 menit dan bilas. Penggunaan secara teratur, dapat mencegah kerusakan kulit dan membuat kulit bercahaya dan terlihat muda.

Mencegah rambut rontok

Untuk mengatasi rambut rontok, campurkan setengah gelas sari lemon dan air rebusan asam jawa, gunakan sebagai tonik rambut. Setelah itu celupkan handuk kedalam air hangat dan gunakan untuk membungkus rambut anda. Biarkan selama setengah jam. Setelah itu cuci rambut anda dengan sampo seperti biasa. Lakukan tiga hari sekali untuk mencegah rambut rontok.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: