Kosmetik Untuk Kulit Sensitif

September 1, 2014

kosmetik untuk kulit sensitif

“Wah jeng, BB cream yang ini bagus banget loh. Kulit jadi kelihatan lebih halus dan mulus!”. Mendengar celoteh ibu-ibu arisan seperti ini membuat Rina cuma bisa mesem. Pasalnya, Rina memiliki kulit yang super sensitif. Ini tidak cocok, itu tidak cocok. “Saya sudah kapok coba-coba kosmetik lagi. Jerawat saya baru saja mulai berkurang setelah tiga bulan yang lalu salah pakai pelembab,” curhat Rina. Susahnya punya kulit sensitif, dirawat salah tidak dirawat salah. Lalu harus bagaimana?

Biang Keladi Pencetusnya

Semua wanita tentu ingin terlihat cantik. Dan sebagian besar wanita setuju bahwa dirinya akan terlihat lebih cantik dengan bantuan kosmetik. Kosmetik tidak hanya menyamarkan ketidaksempurnaan di wajah, tetapi juga merawat kulit sehingga selalu sehat dan tampak lebih muda. Namun, bagi si kulit sensitif, memilih kosmetik bisa jadi urusan besar.

Dikatakan oleh dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, yang dimaksud dengan kulit sensitif pada umumnya adalah kulit yang mudah mengalami reaksi alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik. Reaksi yang terjadi dapat bermacam-macam. Mulai dari kemerahan, beruntusan, bentol-bentol, hingga timbulnya jerawat pada wajah yang tak kunjung hilang. Reaksi pada kulit sensitif umumnya bukan salah dari produk yang digunakan, melainkan dari kulit yang bereaksi berlebihan terhadap bahan yang dikandung produk. Jadi, produk yang mahal sekalipun bukan jaminan tidak akan menyebabkan kambuhnya sensitivitas kulit.

Reaksi negatif kulit dapat terjadi setelah penggunaan suatu produk akibat beberapa hal. Formula kosmetik mungkin mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit, misalnya alkohol, wewangian, atau ekstrak tumbuhan. “Reaksi dapat terjadi dengan segera atau setelah beberapa waktu digunakan,” ujarnya. Kulit juga dapat mengalami reaksi alergi terhadap zat atau kombinasi zat yang terkandung di dalam kosmetik meskipun zat tersebut tidak bersifat iritatif.

Penyebab lain adalah karena produk mengandung terlalu banyak bahan aktif, yang mungkin efeknya dapat saling menguatkan sehingga kulit yang normal berubah menjadi sensitif. Hal ini dapat diperparah jika jenis kosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit. Di luar semua penyebab ini, ada orang-orang yang memang sangat sensitif sehingga apapun yang digunakannya dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit.

Segera Hentikan Jika Terjadi Reaksi

Langkah penting dalam mencegah dan mengatasi reaksi kulit adalah dengan segera menghentikan penggunaan kosmetik yang menjadi biang keladinya. “Terdengar mudah memang, tapi pelaksanaannya bisa membuat pusing kepala. Pasalnya, kosmetik yang digunakan wanita ada banyak sekali macamnya,” jelasnya.

Mula-mula, perhatikan kandungan kosmetik yang kita gunakan dan cari apakah kosmetik tersebut mengandung bahan iritatif. Lalu, pastikan kosmetik yang kita gunakan cocok dengan jenis kulit. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa membuat kulit cering semakin kerontang dan kulit berminyak tampak seperti kilang minyak. Ketiga, jika kulit memang sangat sensitif, hindari produk-produk yang mengandung banyak bahan aktif. Jika ingin menggunakan, pakai sedikit saja atau jangan digunakan semua pada saat yang bersamaan. Penggunaan dapat digunakan bergantian. Misalnya produk untuk mencerahkan kulit digunakan pada pagi hari, dan yang untuk mengurangi kerutan digunakan pada malam hari.

Meskipun biang keladi biasanya terdapat pada kosmetik yang mengandung bahan-bahan aktif, tetapi kosmetik dasar seperti pembersih wajah dan pelembab juga dapat mencetuskan reaksi negatif pada kulit. Kita dapat mencari kosmetik mana yang menjadi pencetus dengan menghentikan penggunaan kosmetik secara bergantian selama tiga hari.

Pilih-pilih Kosmetik

Sungguh tidak enak punya kulit yang sensitif. Supaya kulit tetap aman, biasanya si penderita kulit sensitif akan menggunakan kosmetik yang sudah cocok sejak dulu kala. Namun, yang namanya wanita pasti rasanya gatal kalau ada produk anyar yang katanya bagus. Mau mencoba tapi dag dig dug, kalau tidak dicoba rasanya sudah bosan dengan kosmetik lama. Bagaimana kiatnya?

Produsen kosmetik seringkali meluncurkan rangkaian produk yang dikhususkan untuk wanita berkulit sensitif. Produk-produk ini biasanya dirancang khusus dengan menyingkirkan parfum, bahan pengawet dan ekstrak tumbuhan yang berisiko menimbulkan alergi. Selain mencari kosmetik khusus kulit sensitif, kita juga harus tahu dan mencari kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

Hindari kosmetik yang mengandung bahan sintetik atau banyak minyak karena dapat membuat pori-pori tersumbat. Kosmetik juga sebaiknya berbahan dasar air karena cenderung lebih encer dan kandungan bahan aktifnya lebih sedikit. Untuk lipstik, sebaiknya cari yang memiliki bahan dasar alami seperti shea butter, minyak kelapa, atau lidah buaya. Lipstik cair biasanya mengandung alkohol yang dapat membuat bibir kering dan pecah pecah.

Si kulit sensitif biasanya juga sensitif terhadap zat warna sintetik. Untuk eyeliner dan pensil alis, warna terbaik adalah warna hitam karena biasanya paling sedikit menimbulkan reaksi alergi. Sedangkan untuk eyeshadow sebaiknya pilih yang berwarna alam seperti cokelat, krem, putih atau cokelat muda karena lebih jarang menimbulkan iritasi pada mereka yang kelopak matanya sensitif.

Buang Kosmetik Lama

Selain harus hati-hati dalam mencoba kosmetik baru, si penderita kulit sensitif juga harus memperhatikan kosmetik yang sudah ada. Jangan karena sayang, kosmetik terus disimpan dan digunakan selama bertahun-tahun. “Selalu catat tanggal kadaluarsa kosmetik dan buang jika sudah lewat masa kadaluarsanya. Produk yang sudah lama dapat menjadi rusak dan terkontaminasi, terutama produk-produk untuk daerah sensitif seperti mata,” jelasnya.

Biasanya, alas bedak dan lipstik dapat digunakan selama satu tahun dan maskara selama tiga hingga empat bulan. Sedangkan untuk bedak dan pemulas dapat digunakan selama dua tahun. Jangan lupa juga untuk rajin mencuci kuas dan spons secara teratur karena dapat menjadi tempat berkubangnya kotoran dan kuman yang dapat memperparah kulit sensitif.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: