Khasiat Wortel Untuk Kesehatan

December 31, 2012

khasiat wortel

Wortel adalah jenis sayuran akar yang sangat baik bagi kesehatan. Warnanya yang cerah jingga menunjukkan kandungan senyawa anti oksidan yang tinggi yaitu betakaroten, yang menjadikan wortel sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan, terutama untuk mencegah penyakit kanker.

Kandungan zat gizi dalam tiap 100 gr wortel mentah :

– Energy (Kal) 42
– Karotene (mcg) 8.115
– Serat (g) 2,4
– Vitamin C (mg) 6
– Vitamin E (mg) 0,6
– Fe (mg) 0,8

Penelitian oleh sebuah Laboratorium di Inggris menunjukkan masih terdapat zat tambahan dalam tiap 100 gram jus wortel yaitu 8,2 mg Magnesium, 0,2 ppm Chromium, dan 4% gula yang terdiri dari fructose (1,5%), dektrose (0,8%), sucrose (1,9%), maltose (0,3%), lactose(0,5%).

Wortel dapat dikonsumsi sebagai sayuran biasa tetapi dapat juga dikonsumsi dalam bentuk jus wortel. Agar jus wortel berkhasiat bagi pemeliharaan kesehatan, jus wortel harus direbus setengah masak terlebih dahulu sebelum diminum karena betakaroten dalam wortel hanya akan bermanfaat apabila melalui pemanasan terlebih dahulu. Kandungan betakaroten pada wortel yang muda jauh lebih tinggi dari wortel yang tua.

Orang-orang Yunani kuno menganggap jus wortel tergolong makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual (makanan bersifat afrodisiak). Adanya senyawa-senyawa seperti triptofan, asam aspartat, asam lenolenat dan lainnya menjadikan jenis-jenis makanan tertentu seperti tiram, udang, buah zaitun, apel sebagai pemicu gairah seksual. Senyawa-senyawa itu memicu pelepasan hormon seks disamping meningkatkan energi serta aliran darah ke alat genital. Kebenaran khasiat wortel sebagai pemicu gairah seks masih diteliti oleh para ahli.

Betakaroten yang merupakan pigmen berwarna kuning jingga pada wortel dapat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kuning jika banyak mengkonsumsi jus atau perasan wortel. Tentu saja warna kuning itu berbeda dari penderita sakit kuning karena warna mata tidak ikut berubah menjadi kuning. Sementara ada yang menjadikan minuman perasan wortel sebagai cara untuk memutihkan kulit.

Khasiat wortel untuk mengatasi berbagai penyakit


• Mencegah penyakit kanker paru-paru.

Hasil penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur, termasuk para perokok, akan menurunkan resiko terkena kanker terutama kanker paru-paru. Di samping kandungan betakaroten yang tinggi, kandungan unsur Kalium yang tinggi dalam wortel berpotensi menetralkan racun yang ditimbulkan udara kotor termasuk asap rokok.

Penduduk yang hidup di lingkungan yang udaranya kurang bersih dan mengalami pencemaran, pekerja di bengkel-bengkel mobil, pekerja pabrik dan para perokok dianjurkan untuk secara teratur mengkonsumsi wortel atau meminum jus wortel.

• Mencegah beberapa jenis penyakit kanker lain.

Penelitian yang melibatkan kelompok besar penduduk menunjukan konsumsi wortel yang tinggi akan menurunkan 50% resiko terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker kolon, prostat, larynk dan oesophagus. Konsumsi wortel juga menurunkan 20% resiko kanker payudara pada wanita setelah menstruasi.

• Menurunkan kadar kolesterol darah.

Pada tahun 1979 telah dilakukan percobaan terhadap sejumlah sukarelawan penduduk Skotlandia yang sehat. Para sukarelawan ini diberi makan 200 gram wortel mentah setiap hari selama 3 minggu. Pada akhir percobaan ternyata kadar kolesterol darah para sukarelawan itu turun sebanyak 11%. Kadar kolesterol ini naik kembali setelah mereka kembali berhenti mengkonsumsi wortel.

• Memelihara kesehatan mata.

Wortel berkhasiat memelihara kesehatan mata, mencegah terjadinya kelelahan pada mata dan memperbaiki proses penglihatan. Bahwa vitamin A berkhasiat memelihara kesehatan mata, mencegah penyakit rabun senja atau hemeralopi sudah diketahui sejak lama. Hipocrates, bapak ilmu kedokteran di zaman Yunani kuno telah menggunakan hati ayam yang kaya akan vitamin A untuk menyembuhkan penyakit rabun senja itu. Betakaroten dalam wortel oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: