Khasiat Udang, Kepiting dan Kerang

April 30, 2013

khasiat udang, kepiting dan kerang

Udang, kepiting, kerang, tiram, rajungan merupakan jenis makanan laut (seafoods) yang banyak digemari. Selain rasanya yang khas, juga merupakan makanan yang kaya akan kandungan berbagai zat gizi. Jenis-jenis seafood itu sejak lama dianggap sebagai pembangkit gairah seksual. Sebagaimana halnya dengan makanan-makanan pembangkit gairah seksual lain, dalam seafood juga terdapat senyawa-senyawa aktif yang memicu pelepasan hormon seks, memberikan tambahan energi dengan cepat serta meningkatkan aliran darah ke alat genital. Akan tetapi berapa banyak makanan itu harus dimakan agar dapat memberikan efek gairah seksual itu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Daftar berikut ini memuat kandungan zat gizi dalam udang, kepiting dan kerang.

Khasiat Udang, Kepiting dan Kerang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

• Mencegah penyakit jantung koroner.

Udang, kepiting, rajungan dan berbagai makanan laut lainnya pernah diissukan sebagai bahan makanan sumber kolesterol dan dianggap tidak baik dimakan oleh mereka yang beresiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskuler. Akan tetapi dari berbagai penelitian yang dilakukan tidak terbukti adanya hubungan antara mengkonsumsi udang, kerang dan kepiting dengan kenaikan kolesterol darah, malah sebaliknya ternyata udang, kepiting, rajungan dan hasil laut yang sejenis justru sangat baik untuk mencegah penyakit jantung koroner. Adanya Omega-3 dalam udang, kepiting dan seafood lainnya justeru mencegah penumpukan kolesterol dan pembentukan plaque kolesterol pada dinding pembuluh darah yang merupakan awal dari penyakit jantung koroner.

• Sebagai antioksidan.

Ikan sebagai sumber Selenium (Se) dan Seng (Zn) yang keduanya merupakan mineral yang berperan sebagai antioksidan yang berkhasiat memelihara peredaran darah dan kesehatan jantung. Karena itu penderita penyakit jantung koroner atau mereka yang beresiko tinggi terhadap penyakit itu, tidak perlu takut mengkonsumsi makanan laut (seafood).

• Meringankan gejala penyakit rheumatoid arthritis.

Kerang hijau sangat popular dipercaya sebagai makanan berkhasiat meringankan gejala penyakit rheumatoid arthritis. Penelitian yang dilakukan di New Zealand dengan menggunakan ekstrak kerang hijau menunjukkan hasil yang positif untuk meringankan gejala rheumatoid arthritis tanpa ada efek samping. Akan tetapi berapa dosis kerang hijau yang diperlukan untuk memberikan efek itu belum dipastikan.

• Sumber Yodium untuk pencegah pembesaran kelenjar gondok.

Sebagian besar tanah dataran tinggi di banyak negara, kandungan Yodium dalam tanahnya sangat rendah. Yodium diperlukan untuk pembuatan hormon thyroxsin yang sangat diperlukan dalam proses pengubahan karbohidrat menjadi energi. Jika terjadi kekurangan Yodium maka kelenjar gondok akan mengalami pembesaran (hyperplasi) sehingga terlihat menonjol keluar. Pembesaran kelenjar gondok yang menyerang sebagian besar penduduk disuatu daerah disebut penyakit gondok endemik. Selain pembesaran kelenjar gondok, kekurangan Yodium jika terjadi pada usia pertumbuhan akan menghambat pertumbuhan sehingga penderita menjadi kerdil (kretin).

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: