Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

January 16, 2013

khasiat tomat

Tomat tergolong jenis sayuran berupa buah yang dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah atau dimasak seperti sup tomat, jus tomat, puree tomat dan sebagainya. Rasa yang khas manis-manis asam pada tomat dikarenakan kandungan gula dan asam sitrat yang cukup tinggi. Kendati ada literatur yang menggolongkan tomat tergolong bahan makanan berkhasiat sebagai perangsang seksual, akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat itu.

Kandungan zat gizi penting dalam 100 gram tomat :
– Energi (Kal) 20
– Fe (mg) 0,5
– Karoten (mcg) 1,715
– Kalium (mg) 250
– Serat (g) 1,0
– Vitamin C (mg) 40
– Vitamin E (mg) 1,2

Khasiat tomat untuk mengatasi berbagai penyakit

• Pencegah berbagai jenis kanker.

Selain kandungan karoten, vitamin C dan vitamin E yang tinggi, tomat juga mengandung senyawa flavonoid quercitin dan sejumlah besar lycopen. Khasiat khusus tomat sebagai pencegah penyakit kanker terletak pada kandungan lycopen yang tinggi. Lycopen tergolong karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan serta mampu menghambat proliferasi/ multiplikasi sel. Akan tetapi lycopen tidak dapat berfungsi seperti karotenoid.

Percobaan terhadap tikus yang dengan sengaja dibuat mengidap penyakit tumor payudara yang kemudian diberi ekstrak tomat yang kaya lycopen melalui suntikan, ternyata dapat mengurangi jumlah sel tumor tubuh, juga memperkecil area yang terserang tumor-tumor itu. Dari penelitian terhadap khasiat sejumlah sayuran dan buah-buahan ternyata tomat dan hasil olahannya berkhasiat menurunkan resiko terhadap kanker prostat. Selain kanker prostat, tomat juga berkhasiat menurunkan resiko terhadap penyakit kanker lain. Penelitian yang dilakukan di Italia terhadap 2.706 orang menunjukan bahwa peningkatan konsumsi tomat berkhasiat melindungi dan mencegah secara konsisten berbagai jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan (rongga mulut, tekak, kerongkongan, lambung dan usus besar). Lycopen yang ada dalam tomat berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi berbagai jaringan tubuh terhadap kanker.

Kandungan lycopen dalam 100 gram buah tomat dan hasil olahannya:
– Buah tomat segar (mcg) 3.100
– Saus tomat (mcg) 6.300
– Jus tomat (mcg) 8.600

Dalam tomat terdapat juga senyawa asam p-coumaric dan asam chlorogenik yang berkhasiat mencegah pembentukan senyawa nitrosamines yang merupakan senyawa karsinegenik.

• Mencegah penyakit jantung dan stroke.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam tomat baik berupa karoten. Vitamin C dan vitamin E, menjadikan tomat sebagai bahan pangan super yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Lycopen dalam tomat akan menurunkan aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyumbat aliran darah dalam pembuluh darah.

• Mencegah kerusakan sendi tulang dan sel otak.

Tomat berperan sebagai tonik yang dapat memperbaiki proses pencernaan makanan. Juga berkhasiat memelihara keseimbangan asam basa cairan tubuh. Kadar lycopen yang tinggi dalam tomat, bukan hanya melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kanker tetapi juga dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak sendi, tulang dan otot.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: