Khasiat Nenas Untuk Kesehatan

April 16, 2013

khasiat nenas

Nenas adalah buah-buahan yang rasanya sangat lezat. Rasa manis dan segar menjadikan nenas banyak disukai baik dimakan sebagai buah maupun berupa jus atau buah kaleng. Nenas mengandung enzim bromelain. Hasil lebih dari 800 penelitian membuktikan bromelain berkhasiat mencegah sekresi prostaglandin yang berperan dalam proses terjadinya radang.

Kandungan zat gizi dalam tiap 100 gram nenas :

– Energi (Kal) 52
– Karbohidrat (gr) 13,7
– Kalsium (mg) 16
– Besi (mg) 0,3
– Vitamin A (IU) 130
– Vitamin C (mg) 24
– Kalium (mg) 600

Sebagaimana dengan halnya pisang ambon, mentimun, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa nenas menjadi penyebab ataupun memperberat keputihan dan mengganggu hubungan intim. Mungkin saja nenas dan mentimun akan meningkatkan sekresi cairan lendir vagina, namun cairan itu diperlukan untuk mencegah perlengketan dan infeksi.

Khasiat nenas untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah dan menyembuhkan radang dan rhemathoid arthritis.

Sungguhpun bagaimana cara kerja nenas mencegah radang belum diketahui sepenuhnya, namun ada teori yang menyatakan bahwa enzim bromelain dalam nenas mencegah keluarnya prostaglandin yang berperan dalam terjadinya pembengkakan jaringan. Enzim bromelain telah digunakan dengan sangat berhasil pada pengobatan rhemathoid arthritis dan mempercepat penyembuhan uleus pada penderita diabetes (uleus diabeticum). Enzim bromelain terdapat baik dalam buah nenas segar maupun jus nenas yang masih baru.

• Mencegah penggumpalan darah dan melepaskan plaque kolesterol yang melekat pada dinding pembuluh darah.

Serangan jantung dan stroke diawali oleh terjadinya penggumpalan darah yang kemudian menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat pengangkutan dan pasokan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Penyumbatan pembuluh darah inilah yang menyebabkan terjadi serangan jantung. Enzim yang terdapat dalam nenas mencegah kemungkinan terjadinya penggumpalan darah. Di samping itu senyawa dalam nenas berkhasiat melepaskan plaque kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah sehingga membantu dan memperlancar aliran darah di daerah yang pembuluh darahnya menyempit seperti yang terjadi pada penderita angina pectoris. Dengan demikian nenas berkhasiat mencegah terjadinya angina, serangan jantung dan stroke.

Tidak ada data mengenai banyaknya enzim aktif di dalam nenas oleh karena untuk masing-masing jenis nenas tidak sama, karena dipengaruhi oleh tingkat kematangan nenas, kondisi tanah tempat nenas tumbuh dan sebagainya.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: