Khasiat Ketepeng Cina Bagi Kesehatan

January 25, 2015

Ketepeng Cina

Sebagai negara tropis, Indonesia memang sangat kaya akan sumber daya alam, termasuk tanaman yang berkhasiat obat atau yang lebih dikenal dengan istilah obat herbal. Berbagai jenis tanaman pun sudah digunakan sebagai obat secara turun-temurun. Termasuk salah satu diantaranya adalah Ketepeng Cina (Cassia alata L.).

Nama tumbuhan yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Berbeda halnya bagi mereka yang tinggal di pedesaan tentu tanaman ini sudah tidak asing lagi. Tumbuhan ini akan dicari meski berada jauh di pegunungan, terutama bagi mereka yang menderita penyakit kudis atau penyakit kulit lainnya. Meski demikian, di berbagai tempat tumbuhan ini juga merupakan gulma bagi tanaman tahunan sepert karet, kelapa, dan kelapa sawit.

Pemberian nama tumbuhan ini tidak ada kaitannya dengan daerah asalnya. Berbagai sumber menyebutkan Ketepeng cina berasal dari daerah tropis Amerika dan menyebar ke daerah-daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia. Berbagai nama daerah pun diberikan pada tumbuhan ini.

Tumbuhan ini dikenal dengan nama Seven golden candlestik (Inggris). Masyarakat Indonesia pada umumnya menyebut tumbuhan ini dengan Ketepeng Cina. Di daerah Jawa tumbuhan ini disebut Ketepeng kebo. Dikenal juga dengan nama Ketepeng badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera), Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore) dan Daun kupang, Daun kurap, Gelenggang (Sumatera).

Morfologi

Ketepeng cina tumbuh liar di lahan terbuka atau agak terlindung, semak belukar, pinggiran hutan, tanah yang agak lembab, dekat dengan sumber air, atau lahan terlantar. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian sampai 1.400 meter di atas permukaan laut.

Ketepeng cina tergolong tumbuhan dikotil yang memiliki sistem perakaran tunggang. Batang berkayu dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 5 meter. Daun berbentuk jorong sampai bulat telur dan merupakan daun majemuk menyirip genap berpasang-pasangan sebanyak 5-12 baris. Bunga Ketepeng cina merupakan bunga majemuk yang tersusun dalam tandan bertangkai panjang dan tegak yang letaknya berada di ujung-ujung cabangnya dengan mahkota bunganya berwarna kuning terang.

Buahnya berupa polong-polongan, memiliki bentuk persegi empat yang gepeng panjang dan berwarna hitam dengan panjang kurang lebih 18 cm serta lebar kurang lebih 2,5 cm. Di samping itu, buah ketepeng cina memiliki sayap di kedua sisinya dengan panjang 10-20 mm dan lebar 12-15 mm. Jika buah tersebut masak, maka pada kedua sisinya akan terbuka sehingga biji yang berada di dalam polong akan terlempar keluar. Biji ketepeng cina memiliki bentuk segitiga pipih dan lancip serta pada setiap polongnya terdapat 50-70 biji.

Kandungan dan Manfaat

Ketepeng cina secara turun temurun telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bagian tumbuhan yang umum digunakan adalah bagian daunnya. Hal ini karena kandungan zat kimia yang ada dalam daun ketepeng cina. Daun ketepeng cina mengandung Rein aloe-emodina, Rein aloe-emodina-diantron, Rein aloe emodina, Asam Krisofanat dan Tannin. Selain itu, ketepeng cina juga mengandung alkaloida, flavonoida dan antrakinon.

Berikut berbagai khasiat dan cara pemanfaatan ketepeng cina bagi kesehatan:

● Mengobati Panu, Kurap

Siapkan 1 genggam daun ketepeng cina segar dan bersih, serta 1 sendok makan kapur sirih. Rebus semua bahan, dan dilumatkan hingga menjadi bubur. Kemudian gosokkan pada kulit yang sakit. Lakukan 2 kali per hari.

● Mengatasi Sembelit (susah buang air besar)

Siapkan lembar daun muda ketepeng cina segar kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas. Air rebusan disaring, lalu diminum sekaligus setelah dingin.

Sariawan

Cuci dan bersihkan 4 lembar daun ketepeng cina segar kemudian tambahkan garam secukupnya. Kunyah layaknya mengunyah sirih selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

● Cacing Keremi pada Anak-anak

Siapkan 8 lembar daun ketepeng cina segar yang sudah dibersihkan dan asam secukupnya. Tambahkan 2 sendok teh bubuk akar kelembak. Semua bahan kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum selagi hangat.

● Mengobati Herpes Simplex

Ambil daun ketepeng cina secukupnya, lalu ditumbuk halus dan diambil sarinya. Oleskan pada bagian yang luka sebanyak yang dibutuhkan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: