Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

February 25, 2013

khasiat jahe

Jahe segar berkhasiat memanaskan tubuh. Jahe termasuk bumbu masak yang memberikan rasa keras dan agak pedas. Secara tradisional minuman yang dibuat dari air jahe digunakan untuk penghangat badan. Sungguhpun kandungan zat gizi dalam jahe sangat sedikit, namun jahe memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung minyak atsiri dan oleoresin. Minyak atsiri mengandung berbagai senyawa terutama hidrokarbon seskuiterpena yang menyebabkan bau aromatiknya antara lain zingiberena, arkukurmen, seskuifelandrena dan beta bisabolena. Di samping itu terdapat juga senyawa monoterpen aldehida dan monoterpen alkohol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Khasiat jahe untuk mengatasi berbagai penyakit

• Menghilangkan rasa sakit akibat reumatik.

Untuk mengetahui dampak penggunaan jahe untuk mengobati penyakit reumatik dan arthritis, telah dilakukan penelitian di Denmark tahun 1992. Ternyata jahe dapat menghambat terbentuknya senyawa yang menyebabkan terjadinya radang dan rasa sakit pada sendi yaitu prostaglandin dan leukotrienes. Penelitian pada sejumlah penderita rheumatoid arthritis dan osteoarthritis menunjukkan sekitar 75% penderita rheumatoid arthritis dan osteoarthritis yang diberi bubuk jahe hilang rasa sakitnya. Demikian juga dengan kekakuan otot akan hilang setelah minum sari jahe. Jahe juga dapat mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang digerakkan. Gejala rasa sakit penyakit rheumatik dapat dihilangkan dengan minum air rebusan 50 gram jahe segar setiap hari selama kurang lebih 3 bulan.

• Membantu melawan batuk dan masuk angin.

Rasa hangat yang timbul pada tubuh setelah diberi minuman jahe memberikan rangsang bagi lancarnya peredaran darah dan membantu pengeluaran lendir pada penderita influenza. Di India jahe digunakan dalam berbagai ramuan obat tradisional untuk memperbaiki fungsi berbagai jaringan tubuh terutama saluran pencernaan dan saluran pernafasan yang sering terjadi pada penderita batuk dan masuk angin.

• Mengurangi kecenderungan penggumpalan darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe lebih efektif dari pada bawang putih atau bawang Bombay untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berakibat penyumbatan terhadap aliran darah dalam pembuluh darah.

• Menghilangkan rasa mual dan pusing (vertigo).

Jahe termasuk obat konvensional yang efektif untuk menghilangkan atau mencegah timbulnya rasa mual dan pusing. Senyawa ginggerol dan sogaol yang menyebabkan rasa pedas dan berkhasiat sebagai obat anti mual dan anti muntah. Kedua senyawa itu merangsang peristaltik saluran pencernaan, memperlancar sekresi getah empedu sehingga memperbaiki kerja saluran pencernaan. Karena itu jahe baik sekali untuk mencegah mabuk di perjalanan. Untuk mencegah mabuk perjalanan gunakan 1 gram bubuk jahe atau sepotong jahe segar yang direbus untuk diminum airnya.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: