Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan

February 18, 2013

khasiat apel

Dalam pengobatan tradisional pada masyarakat Barat, apel sering disebut sebagai “the body’s broom”. Konsep tradisional yang menganggap buah apel sebagai makanan penolak berbagai jenis penyakit (cleansing food) terbukti dengan ditemukannya berbagai senyawa dalam buah apel yang berkhasiat sebagai antioksidan, senyawa flavonoid di samping kadar serat yang cukup tinggi, yang kesemuanya sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Kandungan energinya yang relatif rendah di samping kandungan serat (pectin) yang tinggi menyebabkan apel dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga dapat menahan nafsu makan yang berlebihan. Apel segar sebaiknya dimakan bersama kulit karena pectin banyak terdapat dalam kulitnya.

Apel dikonsumsi baik dalam bentuk segar maupun berupa jus. Dapat juga diolah menjadi kue yaitu apple pie. Meskipun terdapat berbagai varitas. apel, akan tetapi kandungan zat gizinya tidak banyak berbeda.

Kandungan zat gizi dalam 100 gram buah apel :

– Energi (Kal) 47
– Kalium (mg) 120
– Vitamin C (mg) 10
– Vitamin E (mg) 0,6
– Serat (g) 1,8
– Besi (mg) 0,8

Khasiat buah apel untuk mengatasi berbagai penyakit


• Menurunkan kadar kolesterol HDL dan tekanan darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama LDL-kolesterol. Percobaan yang dilakukan terhadap 30 pria dan wanita berkebangsaan Perancis yang makanannya diberi tambahan buah apel segar sebanyak 2 atau 3 buah setiap hari, setelah percobaan berlangsung selama satu bulan ternyata 4 dari 5 peserta percobaan mengalami penurunan kolesterol dan setengah dari mereka mengalami penurunan lebih dari 10%. Penurunan kadar kolesterol itu diperkirakan karena kandungan pectin yang tinggi dalam buah apel.

Jean Carper menyebutkan dalam bukunya The Food Pharmacy bahwa apel selain dapat menurunkan kadar LDL-kolesterol darah dan meningkatkan HDL-kolesterol, juga dapat menurunkan tekanan darah.

• Mencegah konstipasi dan diare.

Kombinasi yang sangat khas dari kandungan serat yang tinggi dan zat asam yang ada dalam apel, sangat berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan sembelit (konstipasi). Larutan pectin (serat larut) yang menyerupai jelly dan sifat anti virus alamiah dari buah apel menjadikan buah apel juga berkhasiat untuk penyembuh diare. Dibandingkan dengan buah apel segar kandungan pectin dalam jus apel lebih rendah.

• Menyembuhkan arthritis, rheumatic dan gout.

Khasiat apel dalam proses pencernaan dan kemampuan apel untuk pembuangan berbagai zat sisa keluar tubuh menjadikan apel juga berkhasiat untuk menanggulangi penyakit gangguan persendian. Khasiat itu dikarenakan efek gabungan dari penyempurnaan proses pencernaan oleh adanya asam dalam buah apel, kemampuan pectin dalam apel untuk membuang berbagai zat sisa keluar tubuh, serta pengaruh flavonoid quercitin sebagai antioksidan.

• Mencegah penyakit kanker.

Adanya senyawa caffeic atau asam klorogenik dalam buah apel, di samping vitamin C dan vitamin E serta karotenoid sebagai antioksidan menjadikan apel sebagai salah satu bahan pangan yang berkhasiat mencegah penyakit kanker.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: