Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

December 27, 2012

khasiat brokoli

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui khasiat jenis sayuran ini. Dari penelitian itu terbukti brokoli dan sayuran kelompok cruciferous lainnya tergolong sayuran yang berkhasiat bagi kesehatan dan pencegah berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus, infeksi saluran kemih dan sebagainya.

Sayuran cruciferous dapat meningkatkan kadar enzim antioksidan yaitu glutation peroksidase yang menghasilkan glutation yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Glutation terbentuk dari berbagai asam amino yang dihasilkan dalam setiap sel jaringan tubuh. Tingginya kadar glutation dalam tubuh akan menurunkan resiko terhadap berbagai penyakit terutama yang bertalian dengan adanya radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan zat gizi per 100 gram brokoli mentah :

– Energi (Kal) 33
– Kalsium (mg) 56
– Zat besi (mg) 1,7
– Vitamin E (mg) 1,3
– Betakaroten (mcg) 575
– Asam Folat (mcg) 90
– Vitamin C (mg) 87
– Zinc (Zn) mg 0,6

Khasiat brokoli untuk mengatasi berbagai penyakit


• Mencegah penyakit kanker.

Penelitian di Amerika Serikat (1977-1978) menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi brokoli setiap hari, akan menurunkan resiko terhadap penyakit kanker paru-paru.

Adanya senyawa isothiocyanate dalam brokoli berkhasiat menurunkan sifat karsenogenik dari senyawa-senyawa yang terdapat dalam rokok. Penelitian lain juga menunjukkan sayuran kelompok cruciferous (berbagai jenis kol, brokoli) jika dikonsumsi secara teratur akan mencegah penyakit kanker usus, prostat dan payudara.

Khasiat untuk mencegah penyakit kanker dikarenakan adanya senyawa fitonutrient yang merangsang produksi enzim yang mampu membasmi sel kanker dalam tubuh yaitu sulphoraphane. Di samping itu terdapat senyawa glukosinolates, indols, beta karoten dan vitamin C yang juga berpotensi melawan kanker.

Efek pencegahan terhadap penyakit kanker akan terjadi jika mengkonsumsi brokoli 170 gram/hari sebanyak 1-3 kali seminggu.

• Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan katarak.

Brokoli mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, betakaroten. Hasil survey yang dilalukan secara luas membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi brokoli, akan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Brokoli mempergiat terbentuknya enzim glutation peroksidase yang akan meningkatkan kandungan glutat ion dalam sel jaringan tubuh.

Tingginya kadar glutation dalam tubuh memperkecil resiko penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes mellitus dan katarak.

• Mencegah spina bifida.

Brokoli merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Karena itu ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi jenis sayuran ini untuk mencegah spina bifida (kelainan pada tulang belakang) pada bayi yang akan lahir.

Perhatian: Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya menghambat penyerapan Yodium. Konsumsi brokoli lebih dari 2-3 kali seminggu harus dibarengi dengan konsumsi bahan makanan yang kaya Yodium.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: