Khasiat Biji Anggur Untuk Kecantikan

June 21, 2015

khasiat biji anggur

Buah anggur telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia selama berabad-abad. Selain digunakan untuk memproduksi wine, ternyata anggur juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Dilansir Livestrong, University of Maryland Medicai Center mengungkapkan bahwa daun anggur digunakan untuk mengobati peradangan dan rasa sakit. Selain itu, buah anggur yang belum matang digunakan untuk menenangkan sakit tenggorokan.

Selain buahnya, bagian lain yang digunakan adalah biji anggur. Bagian ini telah di uji coba di beberapa negara dan terbukti memiliki khasiat luar biasa sebagai bahan obat atau perawatan kecantikan. Biji anggur juga digunakan sebagai ekstrak dan minyak atsiri dalam industri farmasi dan kosmetika.

Sebagai Pelindung Kulit

Antioksidan berfungsi melindungi kulit dan tubuh dari sel pemicu kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Cancer Institute, dua agen antioksidan yang umum dikenal adalah vitamin E dan C. Selain itu yang juga sering ditemukan dalam buah dan sayuran adalah Proanthocyanidins Pemlastis atau OPC.

OPC dalam ekstrak biji anggur 20 kali lebih kuat daripada antioksidan yang terkandung dalam vitamin E, dan 50 kali lebih kuat daripada antioksidan dalam vitamin C. Fungsinya tentu saja melindungi tubuh dari kerusakan akibat sinar matahari penyebab keriput, perubahan pigmen dan kanker kulit.

Pengobatan Alami Penderita Chloasma

Chloasma atau juga dikenal sebagai melasma merupakan masalah pigmentasi kulit, biasanya timbul bercak coklat pada wajah. Chloasma terjadi akibat ketidak seimbangan hormon, paparan sinar matahari, atau akibat reaksi beracun dari penggunaan kosmetik. Menurut Society Dermatology Selandia Baru, perawatan medis untuk mengatasi Chloasma menimbulkan efek samping yang serius. Namun ekstrak biji anggur bisa menjadi alternatif untuk mengatasi Chloasma secara alami dan aman. Sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Phytotherapy Research (November 2004), menemukan bahwa penggunaan ekstrak biji anggur secara rutin setelah enam bulan dapat mengatasi Chloasma.

Manfaat Biji Anggur Untuk Kecantikan

Manfaat biji anggur untuk kulit memang tidak diragukan. Dalam beberapa jurnal ilmiah menyebutkan bahwa minyak biji anggur sangat efektif memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sehingga dapat menyamarkan bekas luka pada kulit. Karena itu, penggunaan ekstrak biji anggur direkomendasikan dalam daftar perawatan kecantikan sehari-hari.

Berikut ini alasan mengapa penggunaan biji anggur untuk perawatan kecantikan sangat dianjurkan:

1. Ampuh mengatasi Jerawat

Minyak biji anggur mengandung asam linoleat yang memperkuat membran sel dan meningkatkan kualitas keseluruhan kulit. Salah satunya adalah mencegah penyumbatan pori-pori penyebab jerawat. Biji anggur juga memiliki sifat antiinflamasi yang tidak hanya mencegah jerawat, tetapi juga membantu menghilangkan bekasnya.

2. Mengencangkan Kulit

Minyak biji anggur mengandung zat yang dapat membantu produksi kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, terutama bagi kulit kering berminyak yang rentan dengan kerut dan keriput.

3. Meminimalkan Lingkaran Bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata cukup mengganggu penampilan. Minyak biji anggur dapat membantu mengurangi lingkar hitam dan mencerahkan kulit. Kolagen dapat membantu menyamarkan atau menghilangkan kantung mata.

4. Pelembab Alami

Berbeda dengan minyak pada umumnya, minyak biji anggur memiliki PH yang hampir sama dengan kulit. Minyak biji anggur sangat ringan dan menyerap dalam kulit. Sifatnya yang demikian membantu menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Selain itu, minyak biji anggur juga cocok untuk kulit sensitif, karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau efek samping.

5. Mencegah Penuaan Kulit

Garis-garis halus dan kerutan membuat seseorang terlihat jauh lebih tua daripada usianya. Minyak biji anggur membantu mengurangi garis halus pada wajah sekaligus menutrisi kulit hingga mencegah penuaan dini pada kulit.

Menggunakan Biji Anggur Untuk Perawatan Kulit

Tidak mudah menemukan produk yang menjual ekstrak biji anggur murni. Biasanya sudah tersedia dalam bentuk produk jadi, misalnya lotion atau sabun. Yang paling banyak dijual di pasaran adalah minyak biji anggur. Untuk minyak ini, penggunaannya bisa langsung diterapkan pada kulit. Pijat perlahan hingga meresap kedalam kulit. Minyak biji anggur juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada masker wajah yang kita gunakan sehari-hari.

Untuk bisa mendapatkan biji anggur dalam bentuk bubuk, anda pun bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya, jemur biji anggur yang berhasil anda kumpulkan dari konsumsi buah anggur sehari-hari. Setelah dicuci bersih, keringkan dibawah sinar matahari seiama minimal 24 jam atau bisa disangrai menggunakan api kecil hingga kering.

Setelah itu tumbuk hingga halus, dan keringkan kembali biji anggur tadi dibawah sinar matahari selama 24 jam. Lalu simpan dalam wadah tertutup. Gunakan sebagai masker dengan menambahkan madu, atau yoghurt.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: