Khasiat Bayam Untuk Kesehatan

January 7, 2013

khasiat bayam

Bayam sesungguhnya bukan jenis sayuran yang kaya akan zat besi (Fe). Di samping itu kadar oksalat yang tinggi dalam daun bayam yang justru menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi. Berikut ini kandungan beberapa zat gizi penting dalam daun tiap 100 gram daun bayam :

– Energi (Kal) 36
– Kalsium (mg) 267
– Posfor (mg) 67
– Zat besi (mg) 3,9
– Karoten (mcg) 3.535
– Kalium (mg) 500
– Serat (g) 2,4
– Vitamin C (mg) 26
– Asam Folat 150
– Vitamin E (mg) 1/7

Khasiat bayam untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah penyakit kanker.

Penelitian terhadap tumor pada lambung, kulit, paru-paru, prostat dan kantong empedu menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam secara teratur mempunyai resiko yang lebih rendah terhadap penyakit kanker. Penelitian terhadap 1.271 orang yang berusia diatas 66 tahun di Amerika Serikat, ternyata pada akhir periode penelitian selama 5 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan karoten dalam jumlah yang cukup, tingkat kematian karena penyakit kanker dua pertiga kali lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi sayuran hijau.

• Mencegah penyakit jantung, stroke dan kanker.

Kandungan vitamin C, vitamin E dan karoten yang tinggi dalam daun bayam, menjadikan bayam sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan antioksidan. Dari berbagai hasil penelitian antioksidan yang tinggi itu jika diperoleh dari makanan akan menurunkan resiko terhadap penyakit jantung, stroke, kanker dan katarak.

• Menurunkan resiko Age-related Macular Degeneration (AMD).

Age-related Macular Degeneration adalah penyebab kebutaan permanen pada orang dewasa di Negara-negara Barat. Pada tahun 1944 telah dilakukan penelitian di 5 pusat opthamologi di Amerika Serikat dan ternyata mereka yang mengkonsumsi sayuran hijau terutama bayam sebagai sumber karoten memiliki resiko lebih rendah terhadap Age-related Macular Degeneration (AMD) dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi bahan pangan sumber karoten bukan dari sayuran hijau.

• Mencegah Spina Bifida.

Kandungan asam folat yang tinggi dalam daun bayam terutama jika dimakan dalam keadaan mentah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang dalam keadaan hamil untuk mencegah terjadinya spina bifida pada bayi yang akan lahir.

• Mencegah tekanan darah tinggi.

Kandungan Kalium yang tinggi dalam daun bayam menjadikan bayam sebagai bahan makanan yang berkhasiat mencegah kenaikan dan mengendalikan tekanan darah.

Perhatian:

– Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam setiap hari karena kandungan oksalatnya yang tinggi. Sebaiknya mengkonsumsi bayam tidak lebih dari dua kali perminggu.

– Bagi penderita penyakit encok (gout), batu empedu dan batu ginjal tidak dianjurkan mengkonsumsi bayam karena banyak mengandung oksalat.

– Bayam mengandung senyawa nitrat yang dapat diubah menjadi senyawa nitrit yang bersifat racun. Namun kadar nitrit yang terbentuk itu sangat kecil. Kandungan nitrat dan nitrit juga akan berkurang jika bayam dimasak. Nitrit dalam bayam akan menyebabkan kematian apabila mengkonsumsi lebih dari 5 kilogram bayam sehari.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: